banner-detik
SELF

Khawatir akan Air di Indonesia yang Tercemar? Ini Solusinya!

author

Katharina Menge19 Dec 2022

Khawatir akan Air di Indonesia yang Tercemar? Ini Solusinya!

Ketika air di Indonesia, terutama air minum, sudah tercemar oleh limbah, Mommies tidak perlu takut sebab ada jalan keluarnya yang terbaik!

Menurut penelitian yang terbitkan oleh UNICEF pada 7 Februari 2022 lalu, ditemukan fakta kalau hampir 70 persen dari 20.000 sumber air minum rumah tangga yang diuji di Indonesia sudah tercemar limbah tinja. Kondisi itu juga jadi salah satu faktor penyebaran penyakit diare, yang merupakan penyebab utama kematian balita.

Air yang terkontaminasi limbah tinja atau feses manusia diketahui punya kadar kuman dan pathogen di luar batas normal. Selain diare, air yang tercemar bisa dikonsumsi tentu saja bisa menyebabkan aneka penyakit lainnya, seperti tifus, kolera, disentri, dan penyakit infektif lainnya.

BACA JUGA: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ginjal Keluarga, Salah Satunya Minum Air Putih

Solusi Dapatkan Air Minum Sehat

Untuk mengatasi itu ada beberapa solusi yang bisa dilakukan oleh Mommies dan Daddies demi menjaga asupan air minum keluarga terjaga dan bebas kuman. Cek daftarnya di bawah ini!

1. Perhatikan kondisi tangki septik

Kebanyakan rumah seringkali lupa dan abai akan kebersihan tangki septik di rumahnya. Padahal sangat disarankan untuk memeriksa atau mengganti tangki septik di rumah dan melakukan pemeliharaan rutin dengan menguras tangki minimal sekali dalam 3-5 tahun.

2. Hindari konsumsi air mentah

Melihat kontaminasi yang terjadi pada air tanah, maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi langsung air mentah. Wajib untuk memasak terlebih dulu airnya hingga matang atau mendidih, dan baru kemudian di konsumsi.

3. Beralih ke jaringan pipa

Mommies dan Daddies mungkin bisa mempertimbangkan pilihan yang satu ini, yaitu beralih dari air tanah ke air yang bersumber dari jaringan perpipaan.

4. Konsumsi air kemasan

Ini adalah cara paling aman dan paling mudah yang bisa dilakukan. Itu karena air minum kemasan berada di tingkat industri yang memiliki standar kebersihan yang harus dipenuhi. Jadi untuk kebersihannya sudah pasti terjaga.

Salah satu pilihan air minum kemasan yang bisa Mommies coba adalah galon Le Minerale.

Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih dan diambil dari kedalaman 100m dibawah tanah. Airnya kemudian dibotolkan langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia sehingga terjamin kebersihannya.

Foto: :Le Minerale

Di dalamnya juga terkandung mineral esensial yang justru membantu mengoptimalkan proses kerja organ-organ tubuh dan menghindari tubuh dari berbagai gangguan kesehatan, seperti sembelit, kembung atau sakit perut, hingga diare.

Le Minerale dikemas dengan galon selalu baru, bening, sehingga kejernihan dan kebersihan air didalamnya terjamin. Selain itu galon Le Minerale dilengkapi dengan tutup kedap udara yang bebas bocor dan menjaga kualitas mineral essensial yang terkandung di dalamnya.

BACA JUGA: Tanda-Tanda Penuaan Dini yang Bikin Insecure, Coba Tips ini!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan