banner-detik
SELF

Tanda-Tanda Penuaan Dini yang Bikin Insecure, Coba Tips ini!

author

Katharina Menge13 Dec 2022

Tanda-Tanda Penuaan Dini yang Bikin Insecure, Coba Tips ini!

Semua orang akan mengalami penuaan tapi kalau yang dini pasti bikin insecure dan gak percaya diri. Coba tips ini untuk menghindarinya!

Secara umum tubuh akan menua secara alami, tetapi beberapa orang pasti akan mengalami yang namanya penuaan dini. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja karena ada banyak penyebab yang bisa mencetuskan munculnya tanda-tanda penuaan, terutama di wajah.

Tidak ada yang bisa kita lakukan untuk menghindari penuaan, tetapi ada banyak hal yang bisa dilakukan, kok, untuk mencegah datangnya lebih cepat atau lebih dini.

BACA JUGA: Cara Awet Muda di Usia 40-an, Ini 9 Makanan yang Cegah Penuaan Dini

Penyebab Penuaan Dini

Menurut Dr. Mona L. Brownfield, MD, dokter keluarga bersertifikat di Columbia, Amerika Serikat, berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan munculnya penuaan dini di wajah Mommies.

1. Paparan sinar matahari

Sinar matahari punya banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik, tetapi Mommies tidak membutuhkan terlalu banyak paparannya untuk bisa merasakan keuntungannya. Menurut Mona sepuluh menit berjemur di bawah sinar matahari sudah cukup untuk mendapatkan vitamin D yang direkomendasikan untuk tubuh. Kalau berjemur terlalu lama atau terlalu sering terpapar justru tubuh berisiko terkena penuaan dini, bahkan kanker kulit.

2. Merokok

Ternyata tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh bagian dalam, merokok juga buruk untuk kondisi kulit Mommies, lho. Racun di dalam asap rokok bisa membuat kulit terkena stres oksidatif. Hal itu kemudian menyebabkan kekeringan, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya bermunculan.

3. Kebiasaan tidur

Tidur yang cukup memberikan tubuh waktu untuk menyegarkan dan meregenerasi sel-sel di dalamnya. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan National Library of Medicine menunjukkan bahwa kualitas tidur yang buruk meningkatkan tanda-tanda penuaan dini dan berkurangnya fungsi penghalang kulit.

4. Pola makan

Terlalu banyak konsumsi gula dan karbohidrat olahan tak hanya bisa membuat tubuh kegemukan dan menumpuk gula, tetapi bisa merusak kulit seiring waktu dan menyebabkan penuaan dini.

5. Stres

Kondisi stres dan banyak tekanan bisa memicu respons peradangan di tubuh, serta merusak kebiasaan tidur Anda. Akhirnya, kondisi ini pun membuat penuaan dini datang dengan sendirinya.

6. Konsumsi alkohol berlebihan

Konsumsi alkohol secara berlebihan membuat tubuh Mommies dehidrasi, lho. Seiring waktu, jika dilakukan berlebihan, dehidrasi ini bisa menyebabkan kulit jadi kendur dan kehilangan bentuknya.

penuaan dini

Tanda-tanda Penuaan Dini

Setelah mengenal penyebab penuaan dini, kini Mommies juga harus tahu apa saja tanda-tandanya yang bisa muncul di kulit, terutama wajah. Mudah-mudahan Mommies tidak menemukan tanda-tanda ini di wajah, ya!

1. Terjadi perubahan kulit, seperti keriput, bintik-bintik hitam, kekeringan, warna kulit berubah, kulit kendur, dan hiperpigmentasi di sekitar dada.
2. Rambut mudah rontok
3. Rambut beruban
4. Wajah tirus atau pipi jadi cekung

Cara Mencegah Penuaan Dini

Yuk, terapkan deretan cara ini untuk bantu menjaga kulit tubuh dan wajah tetap sehat, lembap, dan bebas dari penuaan dini!

1. Lindungi kulit dari sinar matahari

Kalau sudah berjemur selama 10 menit di pagi hari, lanjutkan dengan melindungi tubuh dari paparannya yang berlebihan. Gunakan sunscreen dengan rutin di reapply setiap dua jam sekali. Gunakan juga payung, topi, atau pakaian yang panjang untuk lindungi kulit.

2. Berhenti merokok

Ini pilihan yang cukup sulit. Namun Mommies tinggal pilih mau terus merokok dan jadi lebih cepat terlihat tua atau berhenti dan kelihatan muda? Kalau bisa hindari juga paparan asap rokok, ya!

3. Hindari gerakan wajah yang berulang

Suka mengerutkan wajah atau menyipitkan mata? Mulai perhatikan dan hentikan kebiasaan itu. Ketika membuat suatu ekspresi wajah, Mommies mengontraksikan otot-otot di bawahnya. Kalau itu dilakukan berulang kali selama bertahun-tahun, maka akan terbentuk garis-garis wajah yang kemungkinan akan permanen.

4. Atur pola makan

Kurangi kondumsi alkohol dan perbanyak konsumsi serat. Beberapa penelitian ungkap bahwa makan banyak buah dan sayuran segar bisa bantu mencegah kerusakan penyebab penuaan kulit dini.

5. Banyak minum air

Pastikan tubuh Mommies tetap terhidrasi sepanjang hari supaya kulit tetap lembap dan segar dari dalam. Oleh karena itu usahakan untuk tetap penuhi kebutuhan air tubuh. Namun penting untuk memilih air putih yang tepat dan mengandung mineral essensial.

Mineral diketahui bermanfaat untuk mengoptimalkan proses kerja organ-organ tubuh. Sebab mineral bermanfaat sebagai katalis untuk berbagai reaksi biologis di dalam tubuh manusia, pencernaan, metabolisme atau pemanfaatan semua nutrisi dalam makanan, dan membuat semua sel-sel tubuh bekerja optimal.

Perlu diketahui, Moms, tidak semua air mineral sama. Oleh karena itu, pilihlah air mineral berkualitas yang mengandung mineral essensial. Le Minerale adalah air mineral yang mengandung mineral esensial yang tepat dibutuhkan oleh tubuh. Air mineralnya berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih yang diambil dari kedalaman 100m dibawah tanah dan dibotolkan langsung di sumbernya menggunakan mineral protection system tanpa tersentuh tangan manusia.

Kandungan mineralnya juga membuat rasa airnya lebih segar sehingga membuat Mommies semakin bersemangat untuk terus minum demi kesehatan dan hidrasi kulit. Kulit bisa jadi lebih lembap dan bantu mencegah penuaan dini datang.

BACA JUGA: 6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini Yang Sering Kita Lakukan. Ada yang Sepele!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan