banner-detik
LIFESTYLE

10 Destinasi Wajib Dikunjungi di Malang, Surabaya, Solo, Semarang, dan Lombok

author

Dhevita Wulandari16 Dec 2022

10 Destinasi Wajib Dikunjungi di Malang, Surabaya, Solo, Semarang, dan Lombok

Indonesia punya tempat wisata yang terkenal dengan keindahan dan keunikannya. Ini beberapa destinasi wajib dikunjungi bersama keluarga.

Menuju akhir tahun dan tahun baru, pasti banyak dari Mommies dan keluarga yang sudah merencanakan ingin pergi liburan. Tapi mungkin ada juga sebagian dari Mommies yang masih belum tahu mau liburan ke mana. 

Tidak hanya bisa untuk liburan akhir tahun dan tahun baru, beberapa destinasi di Indonesia ini juga bisa dikunjungi saat ingin melepas kepenatan pekerjaan atau liburan anak sekolah. Ini dia destinasi wajib dikunjungi di Malang, hingga Lombok.

1. Pantai Bakelambang

Foto: Wikipedia

Ingin santai menikmati liburan bersama keluarga, Mommies bisa kunjungi Pantai Bakelambang. Pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang terkenal di Malang. Tempatnya juga sangat Instagramable dengan jembatan pendek yang menyambungkan pantai dengan Pulau Ismoyo yang terdapat Pura Amertha Jati di atasnya. Pantai Bakelambang juga punya permainan anak-anak hingga flying fox yang buka pada Sabtu dan Minggu. 

2. Museum Angkut

Foto: Jawa Timur Park Group

Museum Angkut merupakan Museum Transportasi kendaraan tradisional hingga modern yang terbesar pertama di Asia. Di sini, Mommies dan keluarga bisa mengetahui dan menikmati sejarah mobil dari masa ke masa. Bisa juga berfoto-foto di dalam museum dengan angkutan pertama Presiden RI hingga Istana Buckingham Inggris.  Setiap hari ada beberapa pertunjukkan yang bisa disaksikan, mulai dari Spiderman Show, Three Elemental Show, hingga Cars Round Up.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Hotel Ramah Anak di Singapura, Jepang, Korea, dan Hongkong

3. Kelenteng Sanggar Agung

destinasi wajib dikunjungi

Foto: Phinemo

Berada di area Pantai Ria Kenjeran, Surabaya, suasana dan pemandangan Kelenteng Sanggar Agung ini banyak menarik perhatian wisatawan lokal hingga luar negeri. Di sini juga terdapat banyak patung, mulai dari Dewi Kwan In, patung Sha Nan dan Tong Nu, serta patung naga meliuk yang sangat ikonik.

4. Museum De Javasche Bank

Foto: Wikipedia

Disebut juga sebagai Museum Bank Indonesia, Museum De Javasche Bank yang terletak di Surabaya ini menampilkan tentang sejarah perbankan di Indonesia, terutama pada saat masa Hindia-Belanda. Destinasi ini cocok sekali untuk mengenalkan anak tentang mata uang Indonesia sambil melihat ruangan koleksi mata uang lama, dan beberapa ruangan koleksi lainnya.

5. Air Terjun Jemog

Foto: Visit Jawa Tengah

Air Terjun Jemog yang terletak di Karanganyar, Solo, ini menjadi salah satu destinasi alam yang wajib dikunjungi. Dijuluki sebagai “surga yang hilang” karena air terjun ini tersembunyi di antara pepohonan dan semak belukar. Di sini, Mommies dan keluarga bisa merasakan air dan udara segar pegunungan untuk sejenak menghilangkan kepenatan di kota.

6. The Heritage Place

Foto: Kemenparekraf

Ingin merasakan seperti berada di Eropa dengan gedung ala kastil? Mommies bisa kunjungi The Heritage Place di sekitar Solo yang dulunya merupakan pabrik gula peninggalan Belkamu pada tahun 1800-an. Selain berfoto, Mommies dan keluarga juga bisa mengunjungi beberapa area di sini seperti Museum 3D Art, Kids Town, Museum Transportasi, Omah Kwalik, hingga street food.

7. Dusun Semilir

destinasi wajib dikunjungi

Foto: Dusun Semilir

Dusun Semilir yang terletak di Semarang ini merupakan sebuah pusat kuliner dan pusat oleh-oleh dengan berbagai spot menarik dan Instagramable. Salah satu yang terkenal adalah Alun Eropa, di mana Mommies dan keluarga bisa menaiki sebuah perahu melewati rumah-rumah ala Venice. Pusat kulinernya juga cukup luas dengan berbagai makanan lezat yang bisa dinikmati bersama keluarga.

8. Museum Lawang Sewu

Foto: KAI

Siapa yang tidak tahu destinasi yang satu ini. Museum Lawang Sewu menjadi a must place to go ketika sedang berlibur ke Semarang. Terkenal dengan seribu pintunya, Lawang Sewu memiliki bentuk bangungan heritage yang juga menjadi museum untuk menyimpan koleksi perkeretaapian di Indonesia. Lawang Sewu juga sering menjadi tempat syuting, pameran, pemotretan, pentas seni, dan hingga bazar.

9. Pantai Tangsi

destinasi wajib dikunjungi pantai pink

Foto: Wikipedia

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri jika ingin melihat pantai dengan pasir berwarna merah muda, Mommies dan keluarga bisa kunjungi Pantai Tangsi atau juga dikenal dengan Pantai Pink di Lombok. Pantai Pink cocok untuk berwisata dengan keluarga, sebab pantai ini memiliki kondisi ombak yang cukup tenang dan air yang cukup jernih. Pemandangan bawah lautnya juga sangat indah, sehingga cocok untuk snorkeling dan diving bersama keluarga.

10. Ombak Sunset

Foto: Tripadvisor

Pernah melihat orang-orang di media sosial foto dengan ayunan di tepi pantai? Jika Mommies tertarik untuk menikmati sunset sambil berfoto di tempat yang terkenal dan Instagramable ini, coba kunjungi Hotel Ombak Sunset di Gili Trawangan. Mommies bisa berfoto dengan suami dan juga anak-anak untuk mengabadikan momen liburan.

BACA JUGA: 5 Destinasi Wisata Indonesia Pilihan Sandiaga Uno

Cover image: Photo by Sophie Dale on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan