banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Review Kerja Tahunan, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Review Setiap Akhir Tahun

author

Katharina Menge08 Dec 2022

Review Kerja Tahunan, Ini 5 Hal yang Perlu Anda Review Setiap Akhir Tahun

Menjelang akhir tahun, maka salah satu hal yang harus dilakukan adalah melakukan review kerja yang dilakukan di sepanjang tahun ini.

Setelah bekerja sepanjang tahun di perusahaan tentu ada banyak hal yang terjadi sehingga memberi review kerja, baik untuk diri sendiri atau kantor adalah hal yang wajar.

Tujuan untuk memberikan review pekerjaan tentu sudah jelas, untuk kemajuan. Baik kemajuan diri sendiri atau perusahaan tempat kita bekerja. Sebab kita semua perlu berkembang.

Tidak hanya untuk tetap bisa bekerja maksimal, tetapi juga untuk mengikuti perubahan kebutuhan yang dilakukan perusahaan. Akhir tahun adalah salah satu waktu yang tepat untuk melakukan penilaiannya sambil memulai melakukan perubahan.

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Akun Media Sosial tentang Dunia Kerja, Relate Banget!

Hal yang Perlu Anda Review di Akhir Tahun

Apa pun keterampilan yang ingin Anda tingkatkan, penting untuk mengetahui dari mana harus memulainya. Untuk itu, Anda perlu melakukan mengevaluasi tujuh hal berikut ini di akhir tahun.

1. Produktivitas

Mengenal manajemen waktu diri sendiri itu hal yang penting. Sepanjang tahun ini lihatlah bagaimana Anda membagi waktu untuk beraktivitas melakukan sederet pekerjaan dalam satu hari. Apakah sudah efektif? Atau masih keteteran di beberapa pekerjaan? Temukan manajemen waktu yang lebih baik lagi untuk pekerjaan Anda di tahun depan.

2. Worl-life balance

Kalau target tahun depan adalah memiliki waktu kerja dan kehidupan yang seimbang, maka Anda perlu memikirkan cara menyesuaikan aktivitas tersebut ke dalam jadwal harian. Di akhir tahun ini, coba bandingkan mana yang lebih jadi prioritas dan yang belum, lalu atur lagi agar lebih seimbang di tahun depan.

3. Kecerdasan emosional

Menjaga hubungan dengan atasan dan rekan kerja itu penting di tempat kerja, dan Anda membutuhkan kecerdasan emosional untuk menjadi karyawan yang efektif. Coba evaluasi lagi bagaimana kesadaran diri Anda selama bekerja, apakah selama ini sudah memiliki pandangan positif, mampu mengontrol diri, bisa beradaptasi, dan berempati dengan sekitar. Dengan evaluasi ini, Anda bisa melihat kemampuan diri dalam mengelola pikiran dan perasaan.

4. Kemampuan berkomunikasi

Jika ini adalah area yang ingin Anda tingkatkan di tahun depan, maka percayalah bahwa Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang memilki masalah komunikasi dan memiliki resolusi tahun baru untuk memperbaikinya. Lihat berapa kali Anda tampil untuk presentasi dan nilai kemampuan diri sendiri. Lakukan ini untuk review kerja akhir tahun Anda dan lakukan perubahan lebih baik di tahun depan.

5. Keterampilan keuangan

Tentu saja, melek finansial adalah hal yang penting, terutama jika Anda ingin keuangan di tahun depan jadi lebih baik. Di akhir tahun ini Anda bisa mengevaluasi bagaimana arus keuangan bulanan Anda. Apakah gaji sudah dialokasikan dengan benar, berapa banyak yang keluar untuk aktivitas kantor dan juga bersenang-senang, tentu tak lupa kebutuhan keluarga. Apakah kinerja kerja tahun ini sudah memuaskan sehingga Anda layak minta kenaikan gaji tahun depan?

BACA JUGA: Perempuan Harus Tahu! Ini 3 Jenis Cuti Untuk Perempuan

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan