banner-detik
EDUCATION

Nadiem Makarim Bagikan Cerita tentang Pelajaran Sekolah Paling Berdampak bagi Kariernya

author

Dhevita Wulandari28 Nov 2022

Nadiem Makarim Bagikan Cerita tentang Pelajaran Sekolah Paling Berdampak bagi Kariernya

Semua orang pasti punya pelajaran sekolah yang menjadi favorit. Hal ini juga dimiliki Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan RI, yang turut bagikan ceritanya.

Mulai dikenal sejak merintis perusahaan ojek online, Gojek, Nadiem Anwar Makarim kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan di Indonesia. Dengan jabatannya saat ini, ia sering kali mendapatkan pertanyaan mengenai mata pelajaran di sekolah yang paling memberikan dampak bagi kariernya.

Dalam perayaan Hari Guru Nasional 2022: Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar yang disiarkan secara Live di YouTube Kemendikbud RI pada Sabtu (26/11/2022), Nadiem pun turut menjawab pertanyaan tersebut.

Nadiem bercerita, pada umumnya orang yang bertanya mengenai hal tersebut akan mengira jawabannya adalah pelajaran ekonomi, bahasa Indonesia, atau bahasa Inggris. Namun ternyata jawaban Menteri Pendidikan ini berbeda dari perkiraan.

Mas Menteri bercerita, semasa sekolah dulu ia senang dengan mata pelajaran teater atau bermain peran. Ia bahkan sampai mengikuti ekstrakulikuler tersebut lho, Mommies.

Menurut Nadiem, dirinya belajar untuk percaya diri dan mampu berkolaborasi dengan orang lain lewat pelajaran teater. Dari situlah kemampuan berbicara di depan publiknya terasah.

“Saya belajar keberanian untuk tampil di depan pangung dengan risiko dipermalukan di depan semua temen-temen saya. Dari situlah saya belajar kepercayaan diri untuk public speaking,” ujarnya.

Untuk mengetahui cerita selengkapnya, Mommies bisa baca di sini.

BACA JUGA:

Aturan Sekolah di Negara Lain yang Bikin Iri (*Colek Pak Nadiem)

Jangan Menghargai Anak Sebatas Nilai di Kertas Ujian Mereka

Cover image: Menteri Pendidikan Nadiem Makarim. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Kemdikbud RI) dari detikEdu

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan