banner-detik
PARENTING & KIDS

Cara Atasi Demam Secara Alami dengan 7 Bumbu Dapur Berikut Ini!

author

Katharina Menge18 Nov 2022

Cara Atasi Demam Secara Alami dengan 7 Bumbu Dapur Berikut Ini!

Bumbu dapur bisa jadi salah satu alternatif obat untuk mengatasi demam anak, lho, Mommies! Tidak percaya? Intip faktanya di bawah ini!

Masih banyak Mommies yang diselimuti kekhawatiran dengan cara mengatasi demam anak tanpa obat-obatan, terutama obat sirup, pasca terdeteksinya kandungan etilen glikol di atas kadar aman yang ditentukan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di dalamnya.

Ketakutan itu tentu saja beralasan. Siapa yang mau memberikan anak-anaknya obat-obatan yang berbahaya? Namun banyak juga yang bertanya-tanya tentang cara terbaik ketika anak terserang demam.

Ada cara alami yang bisa dicoba langsung oleh Mommies, tetapi ada juga bahan alami, seperti bumbu dapur, yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi demam anak, lho!

BACA JUGA: Para Orang Tua, Waspadai Demam Rematik Pada Anak

Bumbu Dapur untuk Atasi Demam Anak

Sesuai namanya, yaitu bumbu dapur, bahan-bahannya tentu mudah didapatkan, mudah digunakan, dan cocok untuk menjadi pertolongan pertama saat anak demam. Intip di bawah ini!

1. Bawang merah atau bombay

Di banyak negara, bawang dikenal sebagai salah satu obat alami untuk menurunkan demam anak, termasuk juga di Indonesia. Khasiatnya sudah terbukti turun menurun.

Cara mengaplikasikannya juga mudah. Mommies bisa parut atau cincang halus bawang bombay atau bawang merah lalu campur dengan minyak. Setelah itu oleskan di tubuh anak. Tak hanya bermanfaat menurunkan demam, mengoleskan bawang juga bantu meredakan nyeri badan yang biasanya dirasakan anak kala demam.

2. Jahe

Di dalam jahe ada kandungan antibakteri dan antiinflamasi yang baik untuk menurunkan gejala sakit yang mulai ditunjukkan anak. Mommies bisa mengolah jahenya untuk diminum atau dicampurkan ke air mandi anak ketika dia terserang demam.

Caranya mudah, kok. Siapkan air hangat untuk mandi si kecil dan tambahkan dua sendok makan jahe bubuk atau dua buah jahe yang digeprek ke dalamnya. Selain turunkan demam, jahe juga bantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh anak.

3. Lemon dan madu

Kandungan vitamin C di dalam lemon sudah terbukti bisa memperkuat imunitas tubuh anak. Jika ditambahkan dengan madu yang kaya nutrisi, tentu bisa membuat tubuh si kecil semakin kuat melawan bakteri dan virus penyebab demamnya.

Memadukan keduanya membuat anak mendapatkan khasiat yang maksimal dan efektif membuat demamnya menurun. Mommies bisa mencampurkan satu sendok makan air jeruk lemon dengan satu sendok makan madu lalu minumkan ke anak. Bisa juga dicampur dengan air agar lebih mudah dinikmati.

Untuk daftar bumbu dapur lainnya, klik halaman selanjutnya!

BACA JUGA: Scarlet Fever, Demam Pada Anak yang Tidak Seindah Namanya

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS