banner-detik
PARENTS COURSES

5 Les yang Bisa Diikuti oleh Para Ayah, Serta Rekomendasi Tempat dan Kisaran Biayanya

author

Dhevita Wulandari03 Nov 2022

5 Les yang Bisa Diikuti oleh Para Ayah, Serta Rekomendasi Tempat dan Kisaran Biayanya

Sebagai kepala keluarga, tidak ada salahnya untuk semakin meningkatkan kemampuan dalam berbagai bidang dengan les yang bisa diikuti para ayah berikut ini.

Sebagai seorang suami dan seorang ayah, memiliki skill atau kemampuan tambahan tentu akan memberi banyak keuntungan dan kemudahan dalam menjalani peran dalam keluarga. Tapi, apa saja sih les atau kursus yang bisa diambil?

Daddies nggak perlu bingung, karena Mommies Daily sudah merangkum beberapa les yang bisa diikuti oleh para ayah, beserta beberapa rekomendasi tempat dan kisaran biayanya.

Parenting coaching

Tidak hanya tugas ibu, mengasuh dan memahami anak juga merupakan tugas seorang ayah. Parenting coaching adalah rangkaian sesi coaching yang membantu seseorang atau orang tua untuk membantu mengembangkan diri dan meningkatkan hubungan antara orang tua dan anak.

Selain untuk meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua dan anak, kursus ini juga berguna untuk suami atau ayah untuk memahami dirinya sebagai orang tua, meningkatkan pemahaman mengenai anak, menyesuaikan diri dengan pertumbuhan anak, hingga belajar menghadapi situasi sulit yang berhubungan dengan anak.

Untuk mengambil les atau kursus parenting, Daddies bisa cek Pembelajar Hidup, dengan biaya mulai dari Rp990.000 (Group Coaching), Rp1.600.000 (Coaching by Call/Zoom), Rp2.000.000 (Basic Coaching), dan Rp5.500.000 (Full Session Coaching). Atau bisa juga cek Tanoto Foundation, Vise Coach, dan Coaching Indonesia.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Kursus Online untuk Digital Marketing

Les Bahasa Inggris

Tidak bisa dipungkiri, anak-anak zaman sekarang sudah lebih fasih berbicara bahasa Inggris dibandingkan para orangtuanya. Mengajak anak berdiskusi atau sekedar berbincang tentang kesehariannya juga bukan hanya tugas ibu, tapi juga tugas ayah, lho! Daddies bisa ngobrol dengan anak dengan menggunakan bahasa Inggris untuk melatih dan membantu mengembangkan kemampuan anak dalam berbicara bahasa Inggris. 

Berbicara dengan anak juga dapat meningkatkan bonding atau ikatan antara anak dengan orangtuanya. Daddies bisa banget cek tempat les bahasa Inggris yang dekat dengan rumah, seperti English First, Wall Street English, LIA, dan lain-lain. Di LIA sendiri, biaya les untuk kelas General English for Adults (GEA) berkisar mulai dari Rp1.325.000.

Kursus Mengemudi

Percaya atau tidak, masih banyak suami yang belum bisa mengendarai mobil, lho. Dari komunitas Mommies Daily, beberapa Daddies mengatakan bahwa mereka ingin sekali mengambil kursus mengemudi. Sebenarnya, suami yang mengemudi itu bukan suatu kewajiban, karena bisa saja istri yang melakukan pekerjaan ini. Namun, beberapa suami juga ingin saling membantu dan bergantian ketika harus menyetir dan mengemudi, apalagi jika harus pergi ke luar kota bersama keluarga dengan jarak yang cukup jauh.

Kursus mengemudi ini juga sudah banyak tersebar hampir di seluruh kota di Indonesia. Di Jakarta sendiri, ada beberapa kursus mengemudi yang Daddies bisa cek, seperti Persemija, ULISA, Sekolah Mengemudi Mobil Iskandar, hingga Sekolah Mengemudi ASRI. Di Persemija, biaya kursus mengemudi mulai dari Rp995.000. Tentunya setiap jenis kelas, harganya juga akan menyesuaikan.

Kursus Memasak

Siapa bilang memasak hanya pekerjaan perempuan? Laki-laki sebagai suami dan ayah juga boleh banget memasak. Mungkin di antara Daddies ada yang ingin memasak makanan favorit dengan cara dan rasa tertentu, atau sesekali ingin memasakkan istri dan anak di hari spesial mereka. Istri juga pasti akan semakin sayang kalau Daddies memberi surprise masakan enak, karena ia akan merasa terbantu dan tersentuh hatinya.

Tentunya banyak sekali kursus atau kelas belajar masak yang ada di Indonesia. Mulai dari OKSoul Cooking Studio, Joyful Cooking, Le Cuisine Blue, hingga Let’s Bake n Cook. Di Let’s Bake n Cook, ada beberapa kelas yang bisa Daddies pilih sesuai dengan minat, seperti Basic Course dengan harga berkisar Rp2.700.000 untuk 1x pertemuan, Decor Cake Class dengan harga mulai dari Rp1.900.000 untuk 2x pertemuan, hingga Professional Business Program dengan harga sekitar Rp29.000.000 untuk 4 bulan dan 21x pertemuan.

Kelas Finansial

Mengatur keuangan memang terkadang bukan menjadi hal yang mudah. Terlihat sepele, namun jika salah cara dan langkah, pasti akan merugikan diri sendiri bahkan keluarga. Sebagai seorang kepala keluarga, mampu mengatur keuangan keluarga juga penting untuk dipahami. Sebab, dalam hubungan suami istri, bahkan anak, ada banyak sekali keputusan keuangan yang harus dilakukan.

Mulai dari bagaimana cara mengalokasikan penghasilan bulanan dengan bijak, memilih asuransi yang tepat untuk keluarga, menyiapkan DP rumah sendiri, belum lagi menginvestasikan dana pendidikan anak hingga kuliah, serta dana pensiun.

Saat ini sudah banyak kelas finansial yang bisa diambil. Beberapa di antaranya seperti Udemy, Pelatihan CFP Review PPA FEB UI, GRC Training, hingga QM Financial. Untuk di QM Financial, banyak jenis kelas yang bisa Daddies pilih sesuai kebutuhan. Beberapa di antaranya seperti Financial Clinic Online Series (FCOS) Level BASIC (bundling all level basic, bayar 3 gratis 1) mulai dari Rp297.000 untuk 4x kelas, kelas Dana Pendidikan dan Dana Pensiun mulai dari Rp249.000, kelas Kebutuhan Investasi mulai dari Rp199.000, dan masih banyak kelas lainnya. 

BACA JUGA: 25 Kursus untuk Ibu Bekerja, Cocok untuk Menambah Daya Saing

Cover image: Image by pikisuperstar on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan