banner-detik
WORK & CAREER

Perusahaan Ramah Ayah di Indonesia, Dari Cuti Melahirkan 6 Minggu Hingga Bantuan Biaya Bayi Tabung

author

RachelKaloh02 Nov 2022

Perusahaan Ramah Ayah di Indonesia, Dari Cuti Melahirkan 6 Minggu Hingga Bantuan Biaya Bayi Tabung

Meski belum merata, tapi ada, kok, perusahaan yang ramah ayah, dalam arti mendukung peran ayah di Indonesia. Coba cek, kantor suami termasuk, nggak, nih?

Mendukung peran ayah artinya mendukung peran ibu. Keduanya adalah orangtua yang sama-sama perlu beradaptasi ketika baru saja menyambut kelahiran anaknya. Apapun bentuk peraturan yang bertujuan mendukung ibu sesungguhnya tidak akan ada pengaruhnya bila tidak diterapkan juga pada ayah. Meski seringkali dianggap “hanya” sebagai pendamping ibu, sesungguhnya peran ayah membawa pengaruh besar terhadap pertumbuhan anak. Beberapa perusahaan di Indonesia ini sudah ramah ayah, alias memberikan dukungannya terhadap #LangkahAyah. Rasanya perlu sekali menjadi contoh bagi perusahaan lain yang belum menerapkannya.

Baca juga: Perusahaan Ramah Ibu Bekerja Seharusnya Memiliki 7 Hal Ini

OVO dan Grab

Salah satu perusahaan start-up ini memberlakukan paternity leave selama tiga minggu. Karyawannya juga menerima tunjangan melahirkan, di luar asuransi kesehatan yang mencakup perawatan selama kehamilan. Pun ketika mengalami keguguran, ada tunjangan yang diberikan pada karyawan maupun istri karyawan untuk menjalani proses penyembuhan dan pemulihan.

Kadence International Indonesia 

Meski cuti melahirkan buat ayah hanya diberikan sebanyak dua hari, perusahaan ini cukup fleksibel ketika ayah perlu menemani anak, karena mereka memberlakukan Work From Office (WFO) dan Work From Anywhere (WFA) atau hybrid working yang bisa diatur sendiri oleh karyawannya, selama tanggung jawab pekerjaan tidak terganggu. 

Johnson & Johnson Indonesia 

Perusahaan yang satu ini sudah lama memberlakukan Global Parental Leave, yaitu hak cuti melahirkan 3,5 bulan bagi para ibu dan 2 bulan bagi para ayah. Ini merupakan komitmen Johnson & Johnson Indonesia untuk mendukung para orang tua baru agar bisa memberikan waktu yang berkualitas bagi anak-anaknya. 

Baca juga: 5 Kelebihan Punya Atasan Laki-laki yang Sudah Berkeluarga, Apa Saja?

Danone Indonesia

Yes, perusahaan di balik brand besar seperti Aqua dan Evian ini memperkuat komitmennya dalam memberikan dukungan terhadap keluarga dengan memberlakukan cuti melahirkan selama 6 bulan untuk ibu dan 10 hari untuk ayah. Selain itu, jam kerjanya juga fleksibel. 

Lintasarta

Meski sudah memberlakukan WFO alias sebisa mungkin hadir ke kantor, tetapi perusahaan ini masih memperbolehkan karyawan untuk lebih banyak bekerja dari rumah. Kalau untuk sekarang ini, WFH masih tergolong kebijakan yang cukup tepat dilakukan. Selain menghindari kemacetan akibat banjir, kesehatan anak juga kerap membuat orangtua resah. Meski tetap sambil bekerja, setidaknya orangtua bisa memantau anak secara langsung.

The Trade Desk Indonesia

Perusahaan ini memberlakukan cuti untuk ayah, yaitu parental leave selama 6 minggu, serta cuti yang berhubungan dengan perah ayah, seperti cuti anak sunat/baptis selama 2 hari, dan cuti merawat anak sakit (atau anggota keluarga yang sakit) selama 14 hari. Selain itu, ada juga bantuan fertility program (bayi tabung) bagi yang belum dan ingin memiliki anak dengan budget maksimal yang ditentukan oleh perusahaan. 

Semoga makin banyak perusahaan lain yang bisa mencontoh kebijakan yang diberlakukan bagi ayah dalam perannya sebagai orangtua, ya. Atau mungkin, ada perusahaan yang Mommies tahu telah mendukung #LangkahAyah, yang belum disebutkan? Silakan comment, ya!

Baca juga:

Mengharukan, Ini 4 Rekomendasi Drakor Terbaik Tentang Ayah

Image by tirachardz on Freepik

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS