banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Ini 4 Tanda Penghasilan Anda Kurang dan Cara untuk Mengatasinya!

author

Katharina Menge31 Oct 2022

Ini 4 Tanda Penghasilan Anda Kurang dan Cara untuk Mengatasinya!

Yuk, lihat tanda berikut ini dan pastikan apakah benar penghasilan Mommies itu kurang. Jika benar, intip jalan keluarnya!

Kalau setiap hari Mommies selalu berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup, mungkin itu tanda kalau Anda kini tengah menghadapi salah satu masalah keuangan yang ternyata banyak dialami pekerja, yaitu penghasilan yang kurang.

Hidup jadi sebatas membayar tagihan dari bulan ke bulan dan selalu habis bahkan sebelum gajian berikutnya datang.

Anda mungkin frustasi karena merasa terjebak dalam kesulitan keuangan tanpa jalan keluar serta siklus kesulitan mengatur keuangan selalu terulang setiap bulannya. Namun semua itu ada jalan keluarnya, kok.

BACA JUGA: 6 Tips Manjur Supaya Bisa Dapat Promosi dan Naik Gaji di Kantor

Tanda Penghasilan Kurang dan Tips Mengatasinya!

Sebelum mencari jalan keluarnya, kenali dulu deretan tanda jika penghasilan Mommies memang benar kurang di bawah ini!

1. Selalu menggunakan kartu kredit

Salah satu tanda terbesar Mommies memiliki penghasilan yang kurang adalah saat Mommies selalu menggunakan kartu kredit menjelang akhir bulan untuk menutupi semua kebutuhan. Ditambah gaji sudah habis di tengah bulan dan Mommies memanfaatkan kartu kredit untuk bayar ini itu. Awalanya mungkin bukan hal besar tapi setiap bulan tagihannya selalu bertambah, dan saat itulah masalah akan datang.

2. Tidak bisa membayar tagihan

Ketika terpaksa memilih mau membayar tagihan yang mana duluan, dan kemudian memikirkan cara membayar yang lainnya, itu berarti penghasilan Anda kurang untuk menutupinya.

3. Baru awal bulan tapi saldo sudah menipis

Mungkin Anda pernah mengalami yang namanya gajian hanya numpang lewat. Kalau sekali dua kali tak masalah, tetapi jika setiap bulan maka ada yang salah. Apalagi jika belum genap tanggal lima setiap bulannya Anda sudah harus kembali kesulitan memikirkan masalah keuangan.

4. Tidak bisa menabung dan tak punya dana darurat

Jangankan untuk menabung, saat gajian saja uangnya sudah habis dipakai untuk membayar aneka tagihan dan kebutuhan. Padahal ada banyak kebutuhan darurat yang tak terduga yang bisa tertangani jika Mommies punya tabungan atau simpanan dana darutat. Nah, kalau mengalami hal ini bisa jadi gaji Mommies kurang.

Hal yang Bisa Dilakukan untuk Atasi Masalah Penghasilan yang Kurang

Ini beberapa jalan keluar yang bisa Mommies lakukan ketika menghadapi masalah gaji yang kurang.

1. Berhenti gunakan kartu kredit

Memang butuh waktu dan bukan hal yang mudah untuk melakukan ini. Namun ketika tagihan kartu kredit Anda sudah berkurang, jangan melihatnya sebagai kesempatan untuk menambah hutang. Melainkan hentikan pemakaiannya dan beralih menggunakan uang cash untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Ubah gaya hidup

Terimalah fakta bahwa penghasilan Anda memang kurang untuk menutupi kebutuhan. Oleh karena itu, coba ubah gaya hidup dan turunkan kebutuhan Anda ke level minimum. Kurangi menggunakan barang mahal, langganan OTT, atau belanja di online shop. Buat budget pengeluaran yang ketat dan ikuti dengan baik.

3. Cari pekerjaan tambahan

Tidak ada salahnya mencari side hustle untuk menambah penghasilan bulanan Anda. Terlebih jika Anda bisa mengatur waktu kerja dengan baik dan tidak menggangu pekerjaan utama. Siapa tahu bayarannya yang datang di tengah bulan bisa menyokong kehidupan Anda.

4. Mulai menabung

Mungkin seperti saran yang sulit karena ketika Anda kesulitan membayar tagihan tapi malah disuruh untuk menabung. Namun dengan punya tabungan bisa membawa ketenangan pikiran dan memungkinkan Mommies untuk fokus pada tujuan dan masalah lain. Jadi, mulailah menabung untuk kebutuhan harian dan juga dana darurat meski dengan jumlah kecil.

5. Cari pekerjaan baru

Jika semua cara sudah dicoba, mulai dari memotong pengeluaran dan mengubah gaya hidup, tetapi tidak ada yang berubah, mungkin kini saatnya mencari pekerjaan baru dengan gaji yang lebih besar. Terlebih Anda sudah mencoba bicara dengan atasan dan tidak ada kemungkinan kenaikan gaji.

BACA JUGA: Mau Punya Rumah Sendiri, Tapi Gaji Cuma Rp5 Juta? Bisa, Ini Caranya!

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan