banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Mau Punya Rumah Sendiri, Tapi Gaji Cuma Rp5 Juta? Bisa, Ini Caranya!

author

Dhevita Wulandari30 Aug 2022

Mau Punya Rumah Sendiri, Tapi Gaji Cuma Rp5 Juta? Bisa, Ini Caranya!

Punya rumah sendiri dengan gaji Rp5 juta bukan lagi mimpi. Asal dilakukan dengan benar, fokus, dan konsisten pasti bisa terwujud.

Siapa yang tidak ingin punya rumah sendiri? Tentu semua orang ingin. Namun, ada beberapa kendala utama yang membuat seseorang sulit memiliki rumah sendiri, yaitu tentunya harga beli rumah yang terlampau mahal. Apalagi kalau rumah yang diinginkan ada di wilayah Jakarta.

Pastinya, ada niat akan ada jalan juga. Keinginan membeli dan memiliki rumah sendiri bisa jadi kenyataan. Namun bagaimana kalau gaji bulanan Mommies cuma 5 juta? Tenang, semua bisa diakali dan dilakukan asal dapat mengatur keuangan dengan baik dan bijak.

Jika Mommies melakukan perencanaan yang baik, mulai dari disiplin menabung hiingga menyesuaikan gaya hidup sesuai pemasukan, semua pasti bisa dilakukan.

Lalu, bagaimana trik dan cara mempunyai rumah sendiri hanya dengan gaji Rp5 juta per bulan? 

1. Hitung kemampuan mencicil

Membeli rumah butuh kestabilan finansial yang baik. Sehingga, Mommies perlu membuat target dana dalam beberapa tahun ke depan untuk membeli rumah. Menggunakan kredit bisa jadi pilihan jika tunai menjadi kendala atau masalah dalam pembelian rumah. Namun cara ini juga kerap terhambat dengan urusan uang muka.

Benar-benar dibutuhkan kedisiplinan dan komitmen untuk membuat anggaran dan benar-benar menjalankannya. Misal, anggaran untuk tabungan, belanja, bayar tagihan rutin, dan lain-lain yang harus sesuai dengan perhitungan yang sudah ditetapkan.

Jika sudah melakukan hal demikian dengan baik, dana uang muka dan biaya proses cicilan rumah yang dibutuhkan bisa terkumpul dalam jangka waktu tertentu.

2. Tentukan skema

Bagi Mommies yang memiliki gaji Rp5 juta per bulan, coba menggunakan program KPR Subsidi atau KPR Komersial karena masih banyak rumah subsidi dengan harga di bawah Rp200 juta per unit.

Dengan gaji Rp 5 juta, Mommies juga bisa mendapatkan cicilan kredit kurang dari 35% dari penghasilan bulanan. Lalu apabila ingin memiliki rumah dengan kualitas yang lebih baik dari subsidi, coba pilih program KPR komersial dengan gaji Rp 5 juta.

3. Melunasi hutang

Jika memiliki hutang, sebaiknya segera lunasi agar beban keuangan berkurang. Tidak lagi memiliki beban hutang juga bisa membuat proses menabung akan jauh lebih mudah, lebih fokus, dan menyenangkan. 

Untuk cara lainnya bisa Mommies baca di halaman selanjutnya, ya.

BACA JUGA: Ternyata Ini 10 Area Rumah Paling Kotor yang Bisa Jadi Sarang Kuman

Cover image: Photo by Vivint Solar on Pexels

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS