banner-detik
SELF

8 Tanda Rambut Rontok Nggak Wajar

author

dewdew11 Oct 2022

8 Tanda Rambut Rontok Nggak Wajar

Meski rambut rontok itu normal, mommies tetap harus waspada tanda-tanda rambut rontok yang nggak normal. Karena bisa jadi indikasi kondisi kesehatan.

Spesialis dermatologi Dr. Janet Allenby menjelaskan bahwa pada dasarnya rambut rontok itu wajar banget. ”Setiap folikel rambut biasanya memiliki siklusnya sendiri, jadi rambut rontok itu pasti. Hanya saja karena rambut nggak rontok sekaligus banyak, kita seringkali nggak sadar,” jelasnya. So, no worries kalau setiap hari mommies menemukan rambut ada yang rontok. Namun begitu, ada kala-kala tertentu wanita mengalami rambut rontok yang nggak wajar. Sebelum terlambat, kenali 8 tanda rambut rontok yang memperlihatkan kalau mungkin mommies mengalami sesuatu yang berefek pada kerontokan tersebut. 

Rambut mendominasi saluran pembuangan kamar mandi

Peningkatan jumlah rambut yang rontok di saluran pembuangan shower box, atau di kamar mandi bisa menjadi tanda. Adalah hal normal untuk menemukan beberapa helai rambut di lantai kamar mandi, tetapi jumlah yang meningkat secara konsisten mungkin bisa jadi alarm buat mommies untuk konsultasi ke dokter. 

Banyak rambut di bantal di pagi hari

Faktanya, American Academy of Dermatology mengatakan rontoknya rambut di atas bantal adalah normal. Namun, jika mommies terus-menerus melihat lebih banyak rambut di bantal daripada biasanya, itu bisa menjadi tanda bahwa mommies akan kehilangan lebih banyak rambut daripada yang seharusnya. Please, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Tes jumlah rambut 60 detik 

Mommies bisa mencoba tes yang dianjurkan oleh ahli ini. Sisir rambut dari belakang ke depan selama satu menit, kemudian hitung jumlah rambut yang rontok. Jika mommies menemukan sekitar sepuluh helai rambut, maka ini adalah hal yang normal. Kalau terdapat lebih dari sepuluh, ini bisa jadi tanda kerontokan rambut yang nggak wajar.

Baca juga: 10 Rekomendasi Shampoo Untuk Hijabers

Belahan rambut lebih lebar

Cara lain untuk mengetahui apakah mommies mungkin mengalami kerontokan rambut yang nggak wajar adalah dengan memerhatikan belahan rambut. Apakah di bagian tersebut bertambah lebar dan kehilangan banyak rambut?

Rontok meski hanya disisir dengan jari

Pernahkah mommies mencoba menyisir rambut yang kusut dengan jari? Sangat normal kehilangan banyak rambut saat menata rambut kusut meski hanya dengan jari. Yang nggak wajar ketika rambut tidak kusut, tapi saat disisir dengan jari mommies melihat banyak rambut yang lepas.

Kulit kepala makin nyata

Jika mommies dapat dengan jelas melihat kepala saat berkaca, serta folikel rambut terlihat lebih terbagi-bagi, menurut dr. Allenby itu bisa jadi pertanda mommies mengalami kerontokan rambut yang nggak normal. 

Ikatan rambut semakin tipis

Buat mommies yang suka mengikat rambut kuncir kuda, coba perhatikan apakah bentuknya semakin tipis atau kecil? Apalagi yang biasanya mommies membutuhkan 1-2 putaran sangat mengikat rambut, kini lebih dari 3 putaran baru kuncir kuda tercipta. 

Kumpulan rambut di sisir sikat terlalu banyak

Mommies juga bisa memerhatikan jumlah rambut yang rontok saat menyisir rambut. Perhatikan seberapa banyak rambut yang jatuh ke lantai atau seberapa banyak rambut yang tertinggal di sisir sikat. Pastikan mommies mulai dengan sikat yang benar-benar bersih dan berdiri di atas handuk sehingga mommies bisa melihat dengan mudah kumpulan rambut yang jatuh ke lantai.

 

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan