banner-detik
LIFESTYLE

11 Rekomendasi Bunga Edible, Aman Untuk Dikonsumsi

author

Mommies Daily10 Oct 2022

11 Rekomendasi Bunga Edible, Aman Untuk Dikonsumsi

Tidak hanya memperindah tampilan makanan, deretan bunga ini juga dapat dikonsumsi alias edible dan memperkaya cita rasa makanan.

Penulis: Putri Azzahra

Mommies, mungkin pernah melihat penggunaan bunga sebagai hiasan tampilan yang mempercantik tampilan makanan pada tayangan acara memasak di televisi, bukan? Mulai dari kelopak bunga mawar hingga bunga telang bisa terlihat cantik anggun di atas sebuah makanan.

Penggunaan bunga tersebut tidak hanya mempercantik tampilan makanan saja, tetapi juga memperkaya rasa makanan. Bunga tersebut juga dapat dikonsumsi dalam porsi yang secukupnya. Deretan bunga itu disebut bunga edible atau bunga yang dapat dikonsumsi.

BACA JUGA: Cara Awet Muda di Usia 40-an, Ini 9 Makanan yang Cegah Penuaan Dini

Deretan Bunga yang Bisa Dikonsumsi

Bunga edible ini juga dapat ditanam di kebun rumah dan perawatanya terbilang mudah. Berikut ini Mommies Daily merangkum 11 rekomendasi bunga edible yang bisa Mommies coba.

1. Telang (clitoria ternatea)

Bunga yang dimanfaatkan sebagai obat mata dan pewarna alami karena dapat memberikan warna biru keungaan yang menarik. Bunga telang memiliki kelopak bunga berwarna biru-ungu dan memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kesehatan. Tak jarang Bunga Telang dimanfaatkan untuk menjadi teh antioksidan. Selain itu, bunga telang juga bisa untuk mempercantik tampilan makanan saat dihidangkan.

2. Rosella

Selain memiliki tampilan menarik, bunga yang yang satu ini juga dapat diolah menjadi berbagai hidang yang memiliki manfaat, seperti teh herbal, selai, sampai jelly. Memiliki rasa yang segar dan keasaman serta kaya akan antioksidan, bunga rosella berkhasiat sebagai anti-hipertensi, anti-kolestrol, dan dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami.

3. Marigold

Bunga satu ini memiliki aroma yang agak pahit, dengan tinggi sekitar 50 cm saat berbunga mekar bisa sampai 50 bunga dalam satu tangkai batang tanaman. Kelopak Marigold jika dikeringkan kemudian diseduh dapat menghasilkan warna kuning keemasan. Memiliki karakteristik rasa pedas tapi segar membuat marigold digunakan untuk pelengkap salad makanan asin dan juga sup.

4. Pansy Flower

Pansy flower adalah salah satu jenis edible flower yang sering ditemukan. Warna cerahnya dan bervariasi sehingga cocok digunakan untuk pemanis. Rasanya menyerupai selada tapi dengan sentuhan manis yang lembut sehingga banyak yang digunakan pada hidangan gurih maupun manis.

5. Calendula

Calendula merupakan bunga dengan warna jingga cerah yang biasanya digunakan sebagai alternatif rasa kunyit karena memiliki rasa yang pedas dan tajam. Selain untuk penyedap makanan, calendula juga dapat digunakan untuk kesehatan kulit, seperti minyak calendula yang didapatkan dari daunnya yang sudah dikeringkan.

6. Squash Blossom

Squash Blossom memiliki bentuk yang menyerupai timun. Bunga ini dapat dimakan dan memiliki rasa yang manis dan pulen. Tanaman ini berasal dari daerah subtropis, tetapi dapat dibudidayakan di Indonesia, khususnya daerah pegunungan. Aroma wangi berpadu dengan rasa manis membuat bunga edible yang satu ini sangat populer di dunia kuliner masakan, terutama yang bertema western.

7. Bunga Chamomile

Bunga ini sering ditemukan sebagai bahan dalam produk skincare. Selain bermanfaat untuk kesehatan kulit, saat Anda menyeduh bunga ini dipercaya dapat membuat tidur lebih tenang. Bunga ini mudah untuk tumbuh diberbagai daerah.

Bunga Chamomile dapat digunakan untuk membuat teh, menjadi hiasan bunga di hidangan penutup, kue tart, ataupun salad. Jika digabungkan dengan almond oil, rasa bunga Chamomile bisa menjadi manis dengan rasa yang gurih.

8. Miniature Roses

Ini aalah satu jenis mawar yang sering digunakan sebagai hiasan kue atau terdapat dalam varian ice cream dan dessert lainnya. Untuk mengonsumsi ini, pastikan Anda hindari bagian bawah kelopak berwarna putih yang mengandung rasa pahitnya. Kelopaknya juga dapat diolah menjadi sirup, mentega mawar, roti, dan jelly.

9. Lavender

Bunga yang satu ini mudah tumbuh di taman rumah Anda. Memiliki warna ungu yang memikat, Lavender dapat membuat rumah menjadi wangi dan tenang. Lavender memiliki rasa segar seperti lemon, sehingga bunga ini dapat dijadikan sebagai teh atau bahkan hidangan penutup yang menyegarkan.

10. Dahlia Pompone

Bunga satu ini memiliki rasa yang bervariasi seperti water, apel, hingga wortel. Dahlia pompone bisa membuat berbagai macam olahan, lho! Mulai dari hiasan puding dan kue pernikahan, hingga campuran minuman dan cocktail.

11. Rosemary

Mungkin kita sering menggunakan daun rosemary saat membuat olahan daging, tetapi ternyata bunga rosemary juga aman digunakan untuk dicampurkan kedalam olahan makanan, lho! Beberapa jenis makanannya adalah makanan khas Italia dan Prancis, olahan daging, dan seafood. Selain itu, karena memiliki warna biru yang cantik bunga ini juga sering digunakan sebagai hiasan kue.

BACA JUGA: 7 Makanan yang Membantu Kekebalan Tubuh Anda dan Si Kecil di Musim Hujan

Cover: Summer Wind

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS