banner-detik
PARENTING & KIDS

Orang Tua Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Anak Bahagia

author

Dhevita Wulandari07 Oct 2022

Orang Tua Wajib Tahu, Ini 10 Tanda Anak Bahagia

Mengetahui anak bahagia atau tidak bisa sangat jelas terlihat dari perilaku yang anak tunjukkan dalam kesehariannya. Berikut 10 tanda anak bahagia yang Mommies wajib tahu.

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya bahagia? Tentu sebagai orang tua, kebahagiaan anak menjadi salah satu hal yang terpenting bagi kehiduapnnya.

Jika ingin anak bahagia, sebagai orang tua, Mommies juga harus menjaga kebahagiaan diri sendiri. Karena pada kenyataannya, anak-anak ternyata mampu menyerap energi serta emosi negatif yang Mommies berikan atau tunjukkan.

Melansir dari laman Parents, sebuah penelitian menjelaskan bahwa orang tua yang bahagia memiliki anak-anak yang bahagia juga. Sementara, orang tua yang depresi memiliki anak dengan tingkat depresi dua kali lebih besar.

BACA JUGA: 5 Tanda Anak Mulai Mengarah ke Perilaku Toxic

Tanda-tanda anak bahagia

Menurut Psikolog Klinis, Danang Baskoro, M.Psi., ada beberapa tanda yang menunjukkan si Kecil telah tumbuh menjadi anak yang bahagia. Berikut 10 tandanya.

1. Mudah untuk berteman

Pada dasarnya, anak-anak memang mudah untuk berteman. Namun, ternyata ada juga anak yang takut untuk berteman. Menurut Psikolog Danang, anak yang mudah berteman adalah salah satu ciri mereka bahagia. 

2. Jarang tantrum

Anak akan memanfaatkan tantrum ketika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan dari kedua orang tuanya. Hal ini dilakukan anak untuk mendapatkan perhatian lebih.

Anak yang bahagia tidka akan memanfaatkan tantrum untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan karena mereka cenderung memiliki emosi yang terkontrol.

3. Mudah diarahkan

Anak-anak biasanya memiliki kedekatan dengan orang tua. Tentunya tugas orang tua yang mendidik anaknya dengan baik agar anak terbiasa untuk menurut, sehingga anak mudah diatur dan emosinya lebih stabil.

4. Senang membantu

Anak-anak yang memiliki emosi stabil adalah anak yang peduli terhadap sesama. Menurut Dandng, anak yang kurang kasih sayang akan merasa tidak enak ketika harus membantu orang lain.

“Anak-anak sebenarnya punya rasa peduli. Punya keinginan untuk membuat orang lain senang. Jadi ketika anak kecil mencari perhatiannya dengan membantu dan memberikan sesuatu dengan mudah, itu tanda bahwa emosi anak juga sehat,” tutur psikolog yang berpraktik di RSJ Menur Surabaya ini.

5. Senang berkreasi

Umumnya, anak-anak senang berkreasi. Hal ini disebabkan perkembangkan orak anak yang mendorong mereka melakukan suatau hal untuk menciptakan sesuatu.

Anak-anak yang memiliki permasalahan emosi cenderung tidak suka membuat sesuatu. Sementara, anak yang gemar berkreasi menandakan emosi positif dalam dirinya jauh lebih banyak.

Untuk tahu tanda-tanda anak bahagia selanjutnya bisa Mommies baca di halaman selanjutnya, ya.

BACA JUGA: Saat si Anak Remaja Masuk ke Geng Sekolah

Cover image: Image by rawpixel.com on Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan