banner-detik
LIFESTYLE

Rekomendasi Lagu Anak-anak Terbaik Versi AMI Awards 2022

author

Fannya Gita Alamanda28 Sep 2022

Rekomendasi Lagu Anak-anak Terbaik Versi AMI Awards 2022

Mommies boleh bernafas lega era lagu anak-anak yang berkualitas telah kembali dan ini beberapa rekomendasi untuk didengarkan versi AMI Awards 2022

Sama seperti orang dewasa, anak-anak pun menyukai seni dan faktanya, seni juga dapat menjadi hiburan sehat yang dibutuhkan oleh anak-anak (siapa bilang anak-anak nggak bisa stres). Salah satunya adalah dengan mendengarkan musik dan lagu yang sesuai dengan usia dan daya tangkap mereka. Tapi mirisnya, sejak berlalunya tahun 90-an, era lagu anak-anak bak mati suri.

Saat kecil dulu (era 70-80-an), kita masih bisa menikmati lagu-lagu berkualitas dari para pencipta lagu yang sangat mencintai dunia anak-anak. Popularitasnya pun bertahan hingga puluhan tahun seperti, Pelangi-pelangi, Ambilkan Bulan (ciptaan AT Mahmud), Desaku (ciptaan L. Manik), Naik Delman, Nenek Moyangku, Naik-naik ke Puncak Gunung, Lihat Kebunku (ciptaan Saridjah Niung atau Ibu Sud), Bulanku (ciptaan Pak Kasur), Helly (ciptaan Nomo Koeswoyo), Terima Kasihku (ciptaan Sri Widodo), dan masih banyak lagi.

Maju beberapa dekade, anak-anak masih bisa mendengarkan lagu-lagu yang sesuai dengan usia mereka. Meski temanya makin kaya dan aransemen musiknya lebih kompleks, para pencipta lagu di masa ini (termasuk Titiek Puspa, Nugroho Setiadi atau Kak Nunuk, Papa T Bob, dan lain-lain) masih membuat karya yang liriknya tetap sederhana, mudah diingat, dan memuat nasihat seperti Anak Gembala, Paman Datang, Libur Telah Tiba (dipopulerkan oleh Tasya Kamila), Cit Cit Cuit (dipopulerkan oleh Joshua Suherman), Menabung (dipopulerkan oleh Geoffany dan Saskia), hingga Baju Baru (dipopulerkan oleh Dea Ananda).

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Tempat Kursus Musik Anak untuk Kembangkan Bakatnya!

Syarat Lagu Anak yang Baik

Melewati tahun 2000-an, orang tua semakin jarang bisa menemukan lagu-lagu yang liriknya pantas dinikmati apalagi dinyanyikan oleh buah hati mereka. Alhasil, anak-anak pun seolah tak punya pilihan hingga banyak yang menyanyikan lagu-lagu orang dewasa. Mungkin Mommies bingung apa sih kriteria lagu anak-anak yang cocok buat krucils? Berikut ini adalah beberapa kriteria untuk lagu-lagu anak dianggap baik:

1. Melodi berada di wilayah suara anak

Lagu anak-anak harus cocok dengan wilayah suara mereka karena suara anak sangat tarbatas. Belum bisa terlalu tinggi atau terlalu rendah.

2. Melodi dan lirik mudah dinyanyikan dan dihafalkan

Lirik lagu yang diciptakan buat anak-anak juga harus gampang dinyanyikan. Maksudnya, lagu tersebut memiliki interval nada yang pendek. Lagu juga harus mudah dihafal, tidak menggunakan kata-kata yang sulit diucapkan supaya pesan dari lagu itu bisa tersampaikan.

3. Lirik yang baik dan tepat

Lagu anak haruslah memuat pesan moral dan pendidikan, menggunakan pilihan kata yang sederhana, dan mudah dipahami, sesuai dengan usia anak. Misalnya lagu Dua Mata Saya dan Nama-nama Hari cocok dinyanyikan oleh anak usia balita.

4. Merangsang anak berekspresi dan berimajinasi

Mampu memancing reaksi spontan anak saat mendengarkan lagu tersebut. Misalnya, anak dapat menikmatinya yang ditunjukkan lewat gerakan tubuh dan mimik wajah seperti saat menyanyikan lagu Kepala Pundak Lutut Kaki dan Kalau Kau Suka Hati. Lagu anak juga harus bisa merangsang kreativitas dan imajinasi mereka.

5. Sesuai usia anak

Lagu anak yang baik harus sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak serta mampu mendorong anak untuk menjadi manusia yang lebih baik. Lagu anak-anak tak melulu harus dinyanyikan oleh anak-anak, boleh juga lho dinyanyikan oleh orang dewasa seperti yang dilakukan oleh Ria Enes. Hal lain lagi, lagu anak yang baik juga bisa dinikmati oleh para orang tua.

6. Jenis dan genre musik

Tentu saja bebas. Lagu anak boleh ber-genre pop, jazz, atau bahkan dangdut. Yang penting, orang tua wajib memerhatikan liriknya apakah sesuai untuk si kecil atau tidak. Ini alasan mengapa penting bagi orang tua bersikap super selektif.

7. Nominasi lagu anak-anak terbaik versi AMI Awards 2022

Tahun berganti, zaman kian maju. Keresahan orang tua terhadap minimnya lagu anak-anak yang bermutu kini mulai ada solusinya. Ini berkat semakin tingginya kesadaran para penulis lagu hingga produser musik untuk dapat menghadirkan hiburan yang baik dan bermutu untuk anak-anak.

Nah, Mommies, berikut ini adalah dafar nominasi lagu anak-anak terbaik versi AMI Awards 2022. Semoga Mommies dan krucil dapat menikmatinya bersama-sama:

BIDANG LAGU ANAK-ANAK
ARTIS SOLO LELAKI/PEREMPUAN ANAK-ANAK TERBAIK
Arsy Hermansyah – Bunda
Cinta Ekaristi – Hanya Engkau (Mama)
Haykaal – Hati Gembira
Neona – Be True
Quinn Salman – Tiba-Tiba
Ralia Rules – Agar Aku Berguna

DUO/GRUP/KOLABORASI ANAK-ANAK TERBAIK
Abbey Ibrahim, Clarissa Dewi – Senandung Untuk Nusantara
Adhisty Zara, Widuri Puteri, Muzakki Ramdhan – Harta Berharga (OST. Keluarga Cemara 2)
Dru Widuri Den – Piknik
Jakarta Movin, Rara Sudirman, Quinn Salman – Theme Song Petualangan Sherina
Nikita, Eka Gustiwana – Menyambut Bahagia

PENCIPTA LAGU ANAK-ANAK TERBAIK
Caturadi Septembrianto – Doa Untuk Orang Tua
Eka Gustiwana, Nikita Mawarni – Menyambut Bahagia
Kezia Sicilia, Barsena Bestandhi, CVX – Be True
Quinn Salman – Tiba-Tiba
Widuri Puteri, Widi Mulia, Ana Achjuman – Piknik

PENATA MUSIK LAGU ANAK-ANAK TERBAIK
Alvin Witarsa – Tiba-Tiba
Ava Victoria, Ana Achjuman – Piknik
Caturadi Septembrianto – Hati Gembira
CVX – Be True
Ifa Fachir, Dimas Wibisana – Harta Berharga (OST. Keluarga Cemara 2)

BACA JUGA: Alasan Saya Tak Ragu Mengenalkan Musik kepada si Kecil Sedari Dini

Cover: Freepik

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan