banner-detik
EDUCATION

MAN Insan Cendekia Serpong, Madrasah Aliyah dengan Nilai UTBK Terbaik 2022

author

Dhevita Wulandari18 Sep 2022

MAN Insan Cendekia Serpong, Madrasah Aliyah dengan Nilai UTBK Terbaik 2022

Penasaran ingin tahu bagaimana MAN Insan Cendekia Serpong berhasil menjadi madrasah aliyah dengan nilai UTBK terbaik 2022? Simak selengkapnya di sini.

Berdasarkan data dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggai (LTMPT) pada (1/9/2022), MAN Insan Cendekia Serpong menempati posisi pertama dengan nilai rata-rata UTBK sebesar 666,494. Tentunya pencapaian ini tidak lepas dari disiplin belajar yang diterapkan dan semangat belajar para siswa untuk mencapai mimpinya masuk ke universitas impian.

Dengan pencapaian tersebut, Mommies Daily berkesempatan mengobrol bersama sekolah dengan visi “Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dalam keimanan dan ketakwaan, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu mengaktualisasikannya dalam kehidupan bermasyarakat” ini.

Bersama Miss Yuna Puteri Kadarisman, Waka Humas dan Pengembangan SDM MAN Insan Cendekia Serpong, simak obrolan selengkapnya ya, Mommies.

Apa visi dan misi dari MAN Insan Cendekia?

Kalau secara singkat, visi dan misi MAN Insan Cendekia itu ada tiga poin sasaran. Pertama, peserta didik diharapkan mampu menguasai agama dan IPTEK. Kedua, seluruh guru dan tenaga pendidik harus selalu update seputar pendidikan yang biasanya dilakukan setiap semester. 

Dan ketiga, menjadi magnet school untuk menarik sekolah-sekolah sekitarnya untuk tumbuh dan berkembang bersama. Magnet school ini merupakan sebutan yang langsung diberikan oleh Pak Habibie sebagai salah satu founding father.

Saat ini sudah ada di 23 MAN Insan Cendekia di berbagai provinsi. Sehingga, di dalam 10 Madrasah Aliyah terbaik berdasarkan nilai UTBK 2022, 8 di antaranya adalah dari MAN Insan Cendekia.

Apa yang membuat MAN Insan Cendekia Serpong berbeda dengan sekolah lainnya?

Dari awal pendiriannya, siswa yang masuk dan diterima di MAN Insan Cendekia Serpong dan di seluruh Indonesia itu wajib dan harus asrama, tidak optional. Asrama ini yang mampu memberi ruang lebih pada tenaga pendidik untuk membina para murid.

50% guru di MAN Insan Cendekia juga tinggal di asrama. Sehingga apabila murid memiliki kesulitan dalam pelajaran, mereka bisa belajar bersama guru di asrama hingga jam 9 malam. Ini juga merupakan bagian dari kontrak guru yang mengajar untuk selalu siap menerima murid yang ingin belajar di luar jam sekolah.

Selain murid yang dengan keinginannya sendiri ingin mendatangi guru untuk belajar tambahan di luar jam sekolah, guru juga punya andil dalam mengajak murid yang dirasa kurang dalam mata pelajaran tertentu untuk belajar tambahan di luar jam sekolah.

BACA JUGA: Mau Jago Bicara di Depan Umum? Ini Rekomendasi Kelas Public Speaking dan Kisaran Biayanya

Bagaimana kurikulum dan sistem belajar yang diterapkan di MAN Insan Cendekia Serpong? Apalagi bisa berhasil mendapatkan UTBK tertinggi, bagaimana ceritanya?

Kami menggunakan kurikulum dari Kemenag dan Kemendiknas, serta menerapkan IPTEK dan IMTAQ. Kalau untul anak kelas 12 yang baru selesai UTBK, saat itu mereka masih menggunakan kurikulum yang lama, yaitu KTSP atau K13. Kalau yang sekarang sudah menggunakan Kurikulum Merdeka untuk kelas 10.

Di antara 23 MAN Insan Cendekia yang ada di seluruh Indonesia, MAN Insan Cendekia Serpong menjadi sekolah paling terakhir yang menerapkan anak masuk sekolah luring. Sehingga, kami harus menerapkan sistem masuk berkala.

Yang pertama masuk adalah kelas 12 untuk diprioritaskan, sebab mereka yang paling butuh banyak belajar untuk ujian. Setelah settle dan semua baik-baik saja, barulah kelas 11 masuk. Setelah itu, bertahap juga untuk kelas 10.

Kelas 12 itu baru masuk asrama sebentar, karena ketika mereka masuk kelas 10 itu terjadi pandemi. Sehingga, ketika masuk lagi ke asrama mereka jadi kangen sekolah dan teman-teman. Hal inilah yang turut menjadi faktor dalam mempermudah proses belajar dan bimbingan untuk UTBK karena mereka belajar bersama teman-temannya.

Pada dasarnya cara belajar siswa di sini sama seperti sekolah lain. Namun bedanya adalah karena di asrama, jadwal belajar dan jam menggunakan gagdet jadi lebih teratur. Karena peraturan sekolah, siswa tidak boleh bawa handphone, kalau bawa tetap harus ditipkan pada wali asrama. Gadget yang diperbolehkan hanya laptop sebagai senjata belajar siswa.

Apa saja fasilitas dan ekstrakulikuler yang disediakan oleh MAN Insan Cendekia Serpong?

MAN Insan Cendekia Serpong ini luasnya sekitar 5,7 hektar. Tapi luas sekolah ini belum apa-apa, karena ternyata menjadi yang paling kecil dibandingkan MAN Insan Cendekia lainnya yang luasnya bisa hingga 2x lipat.

man insan cendekia serpong

Fasilitas yang paling menarik adalah lapangan sepak bola dan jogging track-nya, karena lapangan bola di dalam sekolah jarang sekali terdapat di sekolah Jabodetabek. Kemudian ada masjid, laboratorium sains terpadu dengan 2 lab kimia, 2 lab fisika, 2 lab biologi, 4 lab komputer, lab bahasa, lab humaniora, hingga lab khusus perempuan untuk memperdalam keterampilan seperti menyulam hingga kegiatan bodycare dengan expert.

Untuk ruang kelas setiap angkatan ada 7 kelas, dengan total 21 kelas yang sistemnya moving class, di mana guru tetap stay di kelas dan anak-anak yang pindah kelas sesuai mata pelajarannya. 

Kemudian ada 2 aula, lapangan basket, gedung pusat kegiatan siswa, 5 asrama dengan 2 asrama putra dan 3 asrama putri. Untuk asrama kelas 12 dipisahkan dengan kelas 10 dan 11 agar lebih fokus dan tidak terganggu.

Untuk ekstrakulikuler ada sepak bola, basket, voli, palang merah remaja, marching band, dan lain-lain.

BACA JUGA: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini Kisaran Biaya Kuliah Universitas Terbaik Dunia. Ada Stanford Hingga Oxford!

Bagaimana tes masuk sekolah, apakah ada syarat khusus?

Biasanya information session sudah dimulai di bulan Januari dan sudah mulai Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB). Karena bersifat seleksi nasional, kami tidak berjalan sendiri, melainkan bersama 23 sekolah MAN Insan Cendekia di Indonesia.

Kemudian ada juga MANPK (program keagamaan) dari Kemenag, dan satu lagi ada MAKN (Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri). Sehingga kami melakukan seleksi bersama.

Tahap terakhir adalah administrasi. MAN Insan Cendekia tidak punya syarat mininum score, semua siswa kelas 9 berhak mendaftar. Namun dengan catatan, kami membatasinya dari kuota madrasah atau kuota sekolah di Banten dan di luar banten.

Jadi simulasinya seperti ini, kalau ada madrasah atau SMP di Banten yang jumlah kelas paralelnya hanya 3, berarti sekolah tersebut hanya bisa mengirimkan 5 sampai 10 siswa. 

Kalau sekolahnya di luar Banten seperti di Jakarta, jika kelas 9-nya hanya ada 3 rombel (rombongan belajar), maka sekolah tersebut hanya bisa mengirimkan 5 siswa.

Di MAN Insan Cendekia Serpong juga tidak ada sistem zonasi, tapi kami membatasi kuotanya seperti yang dijelaskan sebelumnya. Jadi sekolah atau madrasah yang di Banten akan punya lebih banyak kuota siswa yang bisa dikirimkan dibanding sekolah yang ada di luar Banten.

Namun, jika sekolahnya besar di mana jumlah kelas paralels misalnya ada 10 rombel, maka kalau sekolah atau madrasahnya ada di luar Banten bisa mengirimkan 10 siswa, kalau di Banten bisa mengirimkan sampai 15 siswa.

Setelah mendaftar, ada administrasi. Jika sudah lulus administrasi, akan ada tes dengan durasi 3 hingga 3,5 jam dengan tes potensi belajar dan tes akademik. 

Pada tes potensi belajar, madrasah akan mencari siswa yang resilient atau tangguh, mengingat beban belajar dan kehidupan asrama yang padat dan teratur di MAN Insan Cendekia. 

Pada tes akademi, ada 5 mata pelajaran yang dites, yaitu Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Matematika, IPA atau IPS, dan Agama. 

Berapa biaya masuk MAN Insan Cendekia Serpong?

Karena pada dasarnya MAN Insan Cendekia adalah sekolah negeri, maka biaya pendidikan gratis dan ditanggung negara. Namun, memang ada beberapa biaya yang tidak ditanggung pemerintah, seperti biaya makan, asrama, dan kegiatan yang biayanya ditanggung oleh komite.

Untuk tahun 2022, biaya perbulannya adalah Rp1,8 juta. Selisihnya dengan tahun lalu itu sekitar Rp15.000.

Bagi anak tidak mampu, MAN Insan Cendekia Serpong punya beasiswa dengan kuota 10% dari seluruh jumlah siswa yang diterima dengan total 140 siswa. 

Untuk pendaftaran di awal sih tidak ada, adanya biaya kepentingan pribadi seperti seragam, buku, kasur untuk tidur, dan lain-lain. 

Agar selalu ter-update dengan informasi baru dari MAN Insan Cendekia Serpong, Mommies bisa kunjungi dan ikuti akun Instagramnya di @official_manics .

BACA JUGA: Biaya-biaya Tambahan Saat Anak Sekolah yang Orang Tua Wajib Tahu

Cover image: Dok. MAN Insan Cendekia

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan