banner-detik
#MOMMIESWORKINGIT

Sifat Atasan di Kantor Berdasarkan Zodiak dan Cara Menghadapinya

author

Sisca Christina15 Sep 2022

Sifat Atasan di Kantor Berdasarkan Zodiak dan Cara Menghadapinya

Coba intip sifat atasan berdasarkan zodiak, agar paham bagaimana ngadepinnya. Sebab, gaya kepemimpinan si bos di kantor nggak akan lepas dari sifat aslinya.

Setiap orang pasti ingin punya (atau ingin jadi) bos yang asik. Punya takaran yang pas antara urusan profesional, tapi juga bisa sedikit pengertian dengan kendala pribadi bawahannya. Bos yang bisa jadi panutan, yang memberi ruang karyawannya untuk bertumbuh. Adakah kedua belas zodiak di dunia ini mewakili sifat atasan yang seperti itu? Mari kita cek!

Sifat Atasan Berdasarkan Zodiak

Aries – si pemimpin alpha

Terlahir dengan jiwa pemimpin, nggak heran kalau Aries memang punya skill di bidang itu. Si bos Aries selalu tahu apa yang lebih baik. Memimpin dengan rasa percaya diri, tangguh dan kuat. Mereka bisa sangat mentoring, tapi di sisi lain nggak sungkan memberi tahu kesalahan bawahan. Mereka ingin orang lain tahu dan menghormatinya saat dia: “I’m in charge.”

Taurus – atasan yang sangat manajerial

Berdasarkan sifat zodiaknya, para atasan Taurus punya standar yang sangat tinggi dalam pekerjaan. Bagi mereka, proses dan cara-cara tertentu itu penting. Maka dari itu mereka bisa sangat manajerial. Bos Taurus seorang pekerja keras, dan ia akan menghargai karyawannya jika melakukan hal yang sama.

Gemini – sering berubah pikiran

Baik-baik kalau punya bos Gemini. Pasalnya, ini tipe bos yang berpotensi bikin karyawan mumet akibat sering berubah pikiran atau haluan. Belum lagi, hobi ngasih banyak pekerjaan ke karyawannya. Strateginya agar langgeng kerja bareng bos Gemini, yaitu dengan pandai-pandai multitasking dan siap menghadapi perubahan kapan saja.

Cancer – tipe atasan yang membutuhkan karyawan setia

Nggak hanya pasangan yang penting untuk setia bagi atasan Gemini, tapi karyawan juga. Karena sangat berorientasi pada keluarga, maka ia suka jika kantor terasa kekeluargaan. Kalau Anda tipe yang loyal dan nggak dinamis, lebih suka stay di satu tempat kerja dalam waktu lama, maka bakal cocok dengan bos Gemini.

Leo – bos yang menyenangkan

Tipe bos work hard play harder. Dia membuat bekerja terasa menyenangkan dan nggak kaku. Ia senang makan siang atau ngopi selepas jam kerja bareng karyawannya. Bos Leo juga tipe yang membutuhkan banyak pujian dan perhatian dari sekitarnya. Sesekali memberi pujian seperti: “Idenya oke banget, Pak, adalah cara jitu memikatnya. Anda bakal lebih dilirik.

Virgo – si pemimpin dengan standar tinggi

Karena ingin memastikan hasil kerja berstandar dan berkualitas tinggi, pada akhirnya bos Virgo jadi urung minta bantuan karyawan. Ia menghargai jika setiap karyawannya bisa men-deliver pekerjaan dengan standar yang sama dengannya. Maka nggak heran, kalau tipe bos ini dikit-dikit minta internal meeting buat melaporkan progres kerja timnya, bahkan semuanya dicatat di dalam satu spreadsheet yang bisa ia pantau. Bos tipe ini cenderung micro-managing.

Baca juga: Ketika Bekerja dengan Bos Narsis, Harus Bagaimana?

Libra – tipe bos social butterfly

Ramah, murah hati, perhatian, itulah sifat atasan berzodiak Libra. Jauh dari kata pelit. Kalau mommies punya bos Libra, pasti dibawain oleh-oleh dari perjalanan dinas di luar negeri. Karena memang sifatnya yang sangat sosial, otomatis ia suka menclok ke sana ke mari. Jadi, kalau ia perhatian pada Anda, bukan karena Anda berarti. Sebab, ia melakukan hal yang sama ke semua orang. Karena ia pintar mengambil hati karyawannya, terkadang permintaannya jadi kelewat batas, yaitu suka meminta bantuan di luar urusan kantor, alias urusan pribadi. Sebagai gantinya, dia nggak segan ngasih voucher hotel kepada Anda!

Scorpio – bisa sangat mengintimidasi

Kalau nggak tahan banting, mommies mungkin nggak akan betah kerja dengan bos Scorpio. Mereka nggak mudah percaya; dan bagi mereka loyalitas sangat penting. Biasanya, tipe bos Scorpio punya inner circle yang bisa diandalkan. Mereka nggak suka repot mengelola tim besar yang baginya belum tentu bisa diandalkan. Nah, inner circle inilah yang ibaratnya penyelamat mereka. Anda pasti tahu, Anda inner circle si bos atau bukan.

Sagitarius – bos dengan banyak ide

Serunya bos Sagitarius, ia punya banyak ide segar dan ada aja hal baru yang ia kerjakan. Ia pandai menciptakan produk atau gagasan baru. Untuk itu, mereka butuh tim yang mampu menampung dan membantu mengeksekusi ide-ide besar mereka. Ia lebih suka tim yang berpengalaman atau manajerial, karena nggak mau repot mensupervisi atau mendikte bawahan. Kalau kamu tipe gercep

Capricorns – sang atasan idaman

Ini, nih, bos yang diidamkan banyak orang. Tipe bos yang mengayomi bawahannya macam bos Capricorn. Mereka sangat berorientasi pada bisnis. Tentunya bawahan bisa banyak belajar dari mereka karena si bos nggak pelit ilmu. Mereka adalah mentor dan panutan; tetapi gila kerja. Ada kemungkinan mereka mengharapkan Anda untuk seperti dia juga.

Aquarius – bos yang suka berkolaborasi

Tipe bos berzodiak Aquarius punya sifat yang menyenangkan, sangat unik dan eklektik. Zodiak ini menyukai tim dan kelompok. Mereka adalah bos yang paling kolaboratif dan demokratis. Kalau punya bos Aquarius, siap-siap untuk mengikuti banyak meeting dan acara atau outing kantor.

Pisces – bos yang mudah dimanfaatkan

Pada dasarnya, Pisces nggak suka jadi bos karena mereka nggak suka dengan tanggung jawab. Karena itu mereka bakal banyak minta bantuan bawahan untuk mengerjakan ini dan itu, disertai rasa nggak enakan. Nah ini adalah celah yang membuatnya mudah dimanfaatkan orang. Mereka bukan bos kejam, tapi bisa tiba-tiba keras atau benci terhadap sesuatu atau seseorang. Bisa dibilang, bos Pisces pasif agresif. Mommies harus pintar-pintar memahami hatinya bos Pisces.

Pada dasarnya, gaya kepemimpinan setiap atasan pasti dipengaruhi oleh sifat alaminya sendiri, yang terkadang bisa juga berdasarkan zodiak. Nah, kalau bos mommies berzodiak apa? Eh, atau mommies sendiri bosnya?

Baca juga: Quiz: Lady Boss di Emily in Paris, Kamu Tipe yang Mana?

Sumber: insider

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan