banner-detik
LIFESTYLE

Daftar Tempat Wisata Gratis di Jakarta Selatan, Bisa Ajak Keluarga Liburan Hemat

author

Katharina Menge28 Aug 2022

Daftar Tempat Wisata Gratis di Jakarta Selatan, Bisa Ajak Keluarga Liburan Hemat

Kalau Mommies sedang mencari tempat wisata gratis di Jakarta Selatan untuk tujuan liburan keluarga, maka wajib intip daftar berikut ini!

Tak hanya dikenal dengan deretan tempat bergengsi, di Jakarta Selatan juga ada banyak tempat wisata gratis yang terkenal. Tak hanya itu, deretan tempat ini juga sering disebut Instagramable karena punya spot-spot foto menarik yang bagus untuk diunggah di media sosial.

Tempat wisatanya pun beragam, mulai dari taman, hutan, sampai gedung-gedung pencakar langit yang banyak dibangun di kawasan tersebut. Tidak hanya pagi hari, siang sampai malam pun dikunjungi tetap menarik dan indah. Serunya lagi, Mommies bisa mengajak keluarga untuk mengisi waktu liburan. Sudah indah tempatnya, gratis pula!

BACA JUGA: 6 Paket Liburan Hotel Keluarga di Musim Libur Sekolah Anak

Tempat Wisata Gratis di Jakarta Selatan

Ini dia beberapa daftar tempat wisata gratis di Jakarta Selatan yang wajib Mommies dan keluarga kunjungi!

1. Hutan Kota GBK

Kawasan GBK alias Gelora Bung Karno adalah salah satu daya tarik yang ada di Jakarta Selatan. Mungkin Anda langsung mengingat Stadion GBK yang sering jadi tujuan olahraga banyak masyarakat dari pagi hingga malam. Namun selain itu, ada satu tempat wisata gratis yang kini sedang viral dan banyak dikunjungi orang.

Tempat wisata gratis tersebut adalah Hutan Kota GBK. Area ini merupakan kawasan terbuka hijau yang mengusung konsep hutan di tengah kota yang berdampingan dengan gedung-gedung pencakar langit. Silahkan bawa tikar dan makanan sendiri untuk digelar di area hutan yang disediakan.

Anak-anak bisa berlarian sambil bermain, dan ada juga danau buatan yang diisi dengan banyak ikan. Tentu saja itu bisa jadi hiburan yang disukai anak-anak.

Foto: Detik.com

2. Setu Babakan

Ada satu danau di area Jakarta Selatan yang merupakan cagar budaya di kawasan Jagakarta, yaitu Setu Babakan. Tempat ini sejak tahun 2004 sudah dijadikan Pusat Perkampungan Betawi dan di dalamnya terdiri dari kebun rakyat, perkampungan masyarakat Betawi, dan juga wisata danau.

Selain piknik, Mommies dan keluar juga bisa melakukan wisata sejarah, belajar kesenian khas Betawi, jelajah kuliner, hingga menikmati pemandangan danau yang menyejukkan mata. Tentu saja makanan yang wajib Mommies dan keluarga coba adalah makanan khas /betawi, termasuk dodol Betawi, kerak telor, dan bir pletok.

3. Hauwke’s Auto Gallery

Selain Hutan Kota GBK dan Setu Babakan, tempat wisata gratis  berikutnya adalah Hauwke’s Auto Gallery. Galeri otomotif yang berisi mobil-mobil klasik itu merupakan properti milik Hartawan Setjodiningrat, seorang kolektor mobil tua.

Galeri yang terletak di kawasan Pasar Minggu ini sebenarnya tidak dibuka untuk umum, tetapi masyarakat yang ingin melihat koleksi mobil klasik di sini bisa mengatur janji dengan pengelola agar bisa dapat dan melihat langsung melihat koleksi mobil klasik mereka secara gratis.

Cocok sekali untuk Mommies atau keluarga yang juga penggemar mobil klasik. Anda bisa berfoto dengan berbagai mobil klasik yang ada. Salah satu keunikan tempat ini adalah bisa membuat banyak pasangan menjadikan Hauwke’s Auto Gallery sebagai lokasi foto prewedding. Namun, ada biaya yang harus dikeluarkan jika ingin melakukan foto prewedding di sini.

Untuk daftar tempat wisata gratis di Jakarta Selatan berikutnya klik di halaman selanjutnya!

BACA JUGA: 9 Tempat yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan ke Marina Bay Sands

Cover: Detik.com, Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan