banner-detik
EDUCATION

Tips Pendidikan Dari 5 Selebriti untuk Anak-Anaknya yang Menginspirasi

author

Katharina Menge25 Aug 2022

Tips Pendidikan Dari 5 Selebriti untuk Anak-Anaknya yang Menginspirasi

Selain tips tumbuh kembang, ada banyak juga tips pendidikan dari para selebriti yang sudah menjadi orang tua dan bisa menginpirasi, lho!

Kalau bicara tips pendidikan dari para orang tua selebriti, ternyata banyak yang bisa dikulik dan ditiru. Beberapa dari mereka belajar dari pengalaman orang tuanya sendiri dan kemudian menerapkannya untuk pendidikan anak-anaknya. Siapa saja mereka dan apa tipsnya? Intip di bawah ini!

BACA JUGA: Tips Parenting Nana Mirdad dan Andrew White: Selalu Utamakan Komunikasi

Tips Pendidikan dari Para Selebriti

Ini beberapa tipsnya yang bisa Anda resapi dan dipertimbangkan untuk ditiru di masa depan!

1. Stephen Curry

Punya yayasan yang bergerak pada tumbuh kembang anak, termasuk pendidikan, di Oakland, Amerika Serikat, tentu membuat pebasket Stephen Curry juga fokus di bidang serupa. Pentingnya pendidikan juga dia terapkan pada ketiga anaknya, Riley (10), Ryan (7), dan Canon (4). Dia dan sang istri, Ayesha, ingin anak-anak mereka memiliki pendidikan yang tepat dan menyenangkan.

“Kami ingin anak-anak menikmati apa artinya sekolah dan tidak menjadikannya tugas atau hal serupa lainnya menjadi sesuati yang harus mereka lakukan. Jadi prosesnya menyenangkan,” ujar pebasket di grup Golden State Warriors itu.

Hal itu termasuk melibatkan ketiga anaknya dalam belanja perlengkapan saat akan kembali masuk sekolah. Menurutnya hal itu akan memompa mereka untuk sekolah di hari pertama, dan memulai tahun dengan ‘perspektif yang benar.’ Beruntung mereka kini bisa mengandalkan Riley untuk membantu mendorong adik-adiknya menikmati kegiatan di sekolah.

2. Angelina Jolie

Dikenal karena karya kemanusiaannya, termasuk advokasi yang kuat dalam memberikan pendidikan kepada komunitas yang tertindas, membuat Angelina Jolie tentu punya standar khusus untuk pendidikan anak-anaknya. Dia memilih home schooling untuk pendidikan anak-anaknya dengan dia secara pribadi mengawasi pendidikan yang diberikan kepada mereka.

Selain membaca dan matematika, anak-anaknya dibebaskan belajar berbagai bahasa dan mengambil kelas musik di mana mereka memainkan alat musik. Mantan istri Brad Pitt ini membiarkan anak-anaknya memilih bahasa yang ingin mereka pelajari, mulai dari bahasa Khmai (bahasa Kamboja), Vietnam, Jerman, dan Rusia, bahkan hingga bahasa isyarat.

Meskipun anak-anak kebanyakan diajar oleh tutor di rumah, Angelina Jolie pernah mendaftarkan anak-anaknya ke Lycée Français, program sekolah Prancis dengan kampus internasional di New York, Praha, Venesia, dan kota-kota lain. Anak pertamanya, Maddox, juga sempat kuliah di Yonsei University sebelum kembali ke rumah karena pandemi.

3. Shaquille O’Neal

Kali ini tips pendidikan dari orang tua selebriti berikutnya datang dari mantan pebasket dunia Shaquille O’Neal. Shaq memperlakukan anak-anaknya dengan standar hidup tertentu. Namun dia memastikan bahwa mereka mengerti apa yang diperlukan untuk terus memiliki gaya hidup tersebut saat dewasa.

“Tidak baik bagi saya untuk menggunakan kesuksesan pribadi saya dengan cara yang tidak bertanggung jawab. Saya ingin mengajari anak-anak saya moral, etika, tekad, semangat, dan semua kualitas lain yang diinginkan orang tua untuk dimiliki anak mereka,” ujar Shaq dalam sebuah wawancara.

Dia punya peraturan sederhana untuk anak-anaknya. Jika mereka menginginkan sebagian dari kekayaannya, mereka dapat memberinya rencana bisnis. “Mereka (anak-anaknya) harus memiliki (gelar) sarjana atau master dan kemudian jika ingin saya berinvestasi di salah satu perusahaannya, mereka harus mempresentasikannya.

Jadi, mau tak mau anak-anaknya harus terus mengejar dan menyelesaikan pendidikan mereka!

4. Sarah Jessica Parker

Bintang serial The Sex and City punya cara sendiri untuk menentukan pendidikan anak kembarnya, Tabitha and Marion. Dia mendaftarkan masing-masing anak di sekolah yang berbeda. Ketika ada penggemar yang bertanya di sosial media tentang alasan kedua anaknya masuk sekolah yang berbeda, dia manjawab kalau itu adalah pilihan sang anak.

Dalam sebuah wawancara, Sarah pernah mengatakan bahwa anak kembarnya memiliki minat yang berbeda tetapi masih tetap dekat satu sama lain. “Di usia yang masih belia, Tabitha dan Marion sudah tahu bahwa mereka butuh waktu untuk berpisah. Satu ide yang muncul adalah masuk sekolah yang berbeda,” ucapnya.

Memang belum ada penelitian tentang hubungan hasil pendidikan dengan sekolah yang berbeda di antara anak kembar. Namun Sarah menganggap keputusan untuk mendengarkan anak-anaknya dan memberi mereka kesempatan memilih jalannya sendiri untuk pendidikan adalah hal yang tepat.

5. Benedict Cumberbatch

Kalau Benedict Cumberbatch belajar dari orang tua dan pengalamannya sendiri tentang betapa pentingnya pendidikan. Hal itu membuat dia akan memastikan anak-anaknya mendapat pendidikan yang terjamin dan terpenuhi.

“Kedua orang tua saya, terlepas dari masalah apa pun yang dihadapi, bekerja sangat keras untuk dapat membayar pendidikan saya yang pada masa itu merupakan hal yang sulit untuk diraih,” ujarnya dikutip dari People. Benedict berharap paling tidak dirinya bisa sebaik orang tuanya dalam mendidik anak, minimal setengahnya. “Saya memiliki contoh untuk ditiru, yaitu mereka. Jadi saya akan mendidik anak saya sebaik-baiknya.”

Salah satu adalah caranyaa dengan menjaga privasi anak-anaknya dari sorotan media supaya mereka bisa belajar dengan tenang tanpa perlu terganggu dengan efek dari pekerjaannya.

BACA JUGA: 5 Tips Parenting Ryan Reynolds dan Blake Lively yang Bisa Ditiru

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan