banner-detik
LIFESTYLE

10 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Ular Masuk Rumah & Kontak yang Bisa Dihubungi

author

Mommies Daily19 Aug 2022

10 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Ular Masuk Rumah & Kontak yang Bisa Dihubungi

Ular masuk rumah sering terjadi terutama di musim hujan. Untuk itu ketahui sepuluh cara yang wajib dilakukan saat ular masuk rumah.

Ditulis oleh: Anita Desyanti

Beberapa akses yang berpotensi menjadi pintu masuk ular di antaranya berbagai celah, misalnya melalui celah di sekitar pintu dan dinding yang terbuat dari bata, saluran air dan udara, juga loteng. Selain itu yang wajib diantisipasi adalah tempat persembunyian ular, pada dasarnya ular sangat suka tempat yang lembap, akan makin menjadi sasaran jika terdapat lubang, contohnya toilet.

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Ular yang Bisa ditanam di Rumah

Jika ular masuk rumah, ada 10 cara yang dapat mommies lakukan

  • Sebisa mungkin tenang karena sifat ular pada dasarnya pemalu

Sifat ular pemalu, tidak akan menyerang jika tidak merasa diprovokasi, bahkan karena gerakan sekecil apa pun. Jangan melanggar wilayah mereka, biarkan di tempat Anda menemukannya. Ular pada dasarnya takut pada manusia, dia tidak dengaja memasuki pemukiman warga jika tidak ada mangsa di sana. 

  • Ular tidak membuat sarang

Tidak membuat sarang dan tidak tinggal menetap untuk membuat teritori. Ular adalah satwa nomaden yang tempat tinggal cari makannya selalu berpindah.

  • Ular adalah satwa soliter

Tidak tinggal bersama induknya, sejak menetas telur dia sudah hidup sendiri dan induknya pun tidak mengerami serta menetap.

  • Ular tidak suka bau menyengat

Karenanya ular tidak suka area yang wangi dan bersih. Sebaliknya ular suka sudut, lubang atau area yang lembap, gelap dan jarang dibersihkan.

  • Tutup akses dan selamatkan anggota keluarga

Tutup pintu ruangan lainnya, lalu tutup semua celah dengan handuk atau bahan sejenis. Tak lupa minta semua anggota keluarga lainnya keluar dari rumah, termasuk bawa serta hewan peliharaan Anda. Sebagai orang yang awam akan jenis ular, kita tidak dapat mengidentifikasi ular yang berbisa dan sebaliknya. Mencegah tetap lebih baik, kan, mom?

  • Jangan pernah mencoba untuk menangkap

Dipastikan ular akan menyerang ketika gelisah dan terprovokasi. Jika Anda nekat menangkapnya, besar kemungkinan ia akan bertindak defensif dan menggigit sebagai pembalasan.

  • Awasi pergerakannya

Jika mendapati ular masih di area luar rumah, amati dengan sangat cermat ke mana ia pergi, jika menuju semak atau sela-sela tanaman lain yang mengarah lebih jauh dari rumah, biarkan dia pergi. Tapi jika masuk ke dalam rumah, Anda harus ekstra hati-hati.

  • Pasang jebakan tikus untuk mengurangi populasi tikus di rumah

Karena bau tikus mengundang kehadiran ular-ular liar di sekeliling hunian.

  • Minta bantuan tenaga profesional

Ketika mendapati ular masuk ke dalam rumah, jangan coba-coba mengambil tindakan sendiri. Demi keselamatan Anda dan semua anggota keluarga, lebih baik minta menghubungi pakarnya. 

Jika ada yang tergigit ular , lakukan hal ini

  • Jangan panik, jangan diikat, jangan disobek, jangan disedot
  • Lakukan pembidaian/imobilisasi
  • Foto jenis ular untuk mengetahui apakah berbisa atau tidak
  • Jika ular tidak berbisa: Bersihkan luka dengan antiseptik, perhatikan bekas luka apakah ada gigi tertinggal? Jika iya gunakan kartu ATM untuk mengeluarkan gigi. Jika ada perdarahan, lakukan 3T: Tekan, Tahan, Tinggikan. Bawa ke rumah sakit. Tidak perlu diberikan Serum Anti Bisa Ular atau Biosave.
  • Jika ular berbisa tinggi: Amankan ular, lakukan pembidaian/pemasangan dua bilah kayu/bambu/penahan lain di sektar luka dan balut dengan perban. Sendi sekitar luka gigitan jangan digerakkan. Baringkan korban. Jaga ABC: Airway alias buka jalan nafas, Breathing: pastikan korban bernafas dengan lancar, Circulation: pastikan sirkulasi udara baik. Panggil ambulance.

Kontak yang dapat dihubungi untuk mengusir ular

  • 112

112 merupakan Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) yang diinisiator oleh Kemenkominfo di 2015, diibaratkan seperti layanan di 911 di Amerika Serikat. Call center ini merupakan nomor tunggal yang dapat dihubungi jika terjadi kondisi darurat. Petugas akan meneruskannya pada pihak-pihak yang dapat menangani kondisi darurat tertentu yang dilaporkan.

  • 113

113 adalah call center Pemadam Kebakaran. Seperti yang kita ketahui bersama, selain menangani kondisi darurat kebakaran, petugas Damkar juga dapat menolong warga dalam situasi yang melibatkan hewan jenis tertentu, misalnya mengeluarkan ular dari rumah. Bahkan kucing yang terjebak di dalam lubang atau mesin mobil.

  • 0811-6116-916 

Nomor di atas merupakan Call Center Disaster Management Center Dompet Dhuafa. DMC Dompet Dhuafa selain sebagai garda terdepan dalam pengelolaan bencana terhadap manusia, namun juga yang berkaitan dengan fauna.

  • Sioux Indonesia – 08176800446

Sumber artikel dari sini

Share Article

author

Mommies Daily

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan