banner-detik
EDUCATION

5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Lulusan SMA

author

Sisca Christina15 Aug 2022

5 Jurusan Kuliah yang Paling Banyak Diincar Lulusan SMA

Dari seabrek jurusan kuliah yang sekarang tersedia, ada lima yang paling diminati para lulusan SMA. Namun, jurusan di luar ini pun sama bagusnya.

Dalam memilih jurusan kuliah, anak bisa mendapatkan banyak referensi dari mana saja. Baik dari guru-guru di sekolah, orang tua, teman-teman, hasil riset, dan seterusnya. Apapun jurusan yang anak pilih, yang terpenting, upayakan itu adalah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatnya. Agar saat kuliah nanti, anak bisa jalani dengan tanggung jawab penuh. Hal yang paling penting, jangan sampai pilih jurusan kuliah hanya karena ikutan teman atau pacar, ya!

Berikut ini lima jurusan kuliah yang paling banyak diminati oleh anak lulusan SMA, berdasarkan program studi yang paling banyak dipilih saat SBMPTN 2021.

Lima Jurusan Kuliah paling Diminati Lulusan SMA

1. Manajemen

Salah tau jurusan kuliah terpopuler dari masa ke masa ini tergabung dalam Fakultas Ekonomi. Selama kuliah, mahasiswa akan memelajari ilmu pengelolaan bisnis, seperti pengembangan strategi, pembuatan rencana, prosedur dalam bisnis, pemasaran, perekrutan sumber daya manusia, hingga keuangan. Dalam bisnis apapun dan dalam perusahaan manapun, ilmu manajemen pasti dibutuhkan. Mungkin itulah sebabnya para lulusan SMA jeli menangkap peluang kerja di bidang manajemen ini. Walau saingannya sangat ketat, namun peluang nanti di pekerjaan tetap besar. Terbukti dari 96 saja kursi yang tersedia di jurusan manajemen Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), ada 4.570 pendaftar yang siap bersaing.

2. Psikologi

Tahun lalu, UGM hanya membuka 68 kursi untuk jurusan psikologi, namun ada 4.202 anak yang mendaftar di jurusan tersebut. Begitupun di UNJ yang hanya memiliki daya tampung 108, namun ada 3.539 yang mengincar kuliah di jurusan tersebut. Tampak banget kalau ilmu ini semakin diminati oleh lulusan SMA. Ilmu psikologi memang punya banyak peluang kerja yang menjanjikan. Selain bisa bekerja di perusahaan-perusahaan ternama, juga bisa membuka praktik sendiri, atau bekerja di sebuah klinik psikologi dengan bayaran per jam!

Baca juga: 7 Perusahaan Swasta yang Menyediakan Beasiswa, Apa Saja?

3. Ilmu Komunikasi

Para digital strategist, social media specialist, pemimpin redaksi media online, news anchor, MC dan lain sebagainya, dari jurusan ini jebolannya. Belum lagi content creator dan YouTuber. Yaaa.. walau siapa saja bisa jadi content creator tanpa harus mengenyam pendidikan ilmu komunikasi, tapi punya bekal pendidikan ilmu komunikasi sangat mendukung berbagai cita-cita di atas. Di UPN Veteran Jakarta, ada 4.202 lulusan SMA yang mendaftar program studi ini, padahal universitas hanya punya daya tampung bagi 160 peserta saja. Sama halnya dengan UNJ yang hanya menyediakan 34 kursi, namun yang mendaftar ada 3.170, UNY yang memiliki daya tampung 71 saja, dengan 3.168 pendaftar.

4. Kedokteran

Nggak perguruan tinggi negeri, nggak swasta, jurusan ini juga masih padat peminat. Sekarang ini profesi dokter nggak hanya bisa bertugas di rumah sakit saja. Banyak dokter zaman sekarang yang setelah meraih gelarnya, mengabdikan diri di bidang edukasi kesehatan masyarakat. Misalnya, mereka fokus untuk menjadi edukator atau content creator di bidang kesehatan, menjadi pembicara dan memberi penyuluhan di berbagai seminar, pelatihan atau komunitas, dan relawan seperti saat lagi heboh-hebohnya pandemi lalu. Di UGM ada 3.666 pendaftar jurusan kuliah ini, dengan daya tampung hanya 53 saja. Ilmu kedokteran kebanjiran pendaftar hingga 3.525 dengan daya tampung 83. Di Unpad, ada 78 kursi bagi yang lolos dari 3.088 pendaftar.

5. Ilmu Hukum

Ini juga salah satu jurusan kuliah yang punya masa depan cerah. Tahu sendiri, dong, tarif pengacara yang dibayar per jam, apalagi jika sudah terkenal sering memenangkan kasus. Bidangnya juga bisa pilih sesuai minat anak, mau hukum perdata atau pidana, mau bekerja di perusahaan atau di law firm, mau jadi pengacara perceraian atau korporat. Itulah mengapa ada 3.623 lulusan SMA yang mengincar untuk kuliah di jurusan ini di Unbraw, walau daya tampung hanya 182. Itu mungkin masih lumayan besar peluangnya dibanding UGM yang hanya menyediakan 99 kursi dengan 3.542 pendaftar.

Ada banyak jurusan kuliah lainnya yang nggak kalah cerah masa depannya, seperti arsitektur, desain komunikasi visual, administrasi dan sekretari, sastra, teknik dan sebagainya. Namun, ada juga anak lulusan SMA yang memiliki minat sangat spesifik, seperti ingin kuliah di jurusan sains, matematika, metalurgi, seni, fashion, musik atau perhotelan. Apapun jurusan yang anak minati, yuk, tetap dukung dan beri kesempatan bagi mereka untuk meraih cita-cita.

Baca juga: Daftar Bimbel untuk Persiapan Masuk Kuliah dan Kisaran Biayanya

Share Article

author

Sisca Christina

Ibu dua anak yang berprofesi sebagai digital nomad, yang juga suka menulis. Punya prinsip: antara mengasuh anak, bekerja dan melakukan hobi, harus seimbang.


COMMENTS