banner-detik
PARENTING & KIDS

Jangan Terlalu Cepat, Ini Usia Terbaik Anak Mulai Ikut Les Pelajaran atau Les Bakat

author

Katharina Menge09 Aug 2022

Jangan Terlalu Cepat, Ini Usia Terbaik Anak Mulai Ikut Les Pelajaran atau Les Bakat

Untuk dukung minat dan bakat anak memang paling baik mendaftarkannya les pelajaran atau bakat tapi pastikan usianya udah tepat, ya, Mommies!

Ketika Mommies menemukan kelebihan anak, pasti rasanya ingin segera mendaftarkannya ikut les pelajaran atau les bakat yang bisa langsung mengasah kemampuannya dengan tepat. Namun, apakah si kecil sudah ada pada usia yang tepat untuk bisa didaftarkan ikut les tersebut, apalagi jika usianya masih sangat dini.

Jika membicarakan perlu atau tidaknya les tambahan untuk anak, menurut psikolog anak Rafika Ariani,M.Psi Psikolog, itu kembali lagi pada kebutuhan si anak sendiri. Sebab tujuan les tambahan itu sebenarnya untuk stimulasi perkembangan kemampuan dari si kecil.

Terrkadang memang ada kemampuan atau keterampilan anak yang ingin ditingkatkan tapi tidak bisa didapatkan di rumah, sehingga memerlukan seorang ahli atau memerlukan kegiatan lainnya yang akan lebih spesifik mendukung perkembangannya tersebut.

“Les tambahan juga bermacam-macam. Ada yang bentuknya ke akademik, non akademik. Sebenarnya kalau dibilang penting atau enggak, perlu atau enggaknya, kembali lagi ke kebutuhan itu,” tutur Fika, dalam Instagram Live HaiBunda Les Bakat vs Les Mata Pelajaran.

BACA JUGA: 4 Rekomendasi Les Balet untuk Anak di Jabodetabek

Apa Anak Usia Dini Bisa Ikut Les?

Rafika kemudian menyinggung usia sebagai parameter yang berperan menentukan seberapa penting anak diikutkan les atau tidak. “Kalau usianya terlalu dini, itu juga harus dipertimbangkan, dia butuh lesnya seperti apa nih. Kemampuannya seperti apa? Apakah dia benar-benar membutuhkan les? Misalnya ada Ayah Bundanya ingin anak bisa calistung sebelum sekolah, jadi ikut les calistung tapi harus lihat apakah anak membutuhkan les tersebut,” ucapnya.

Anak usia dini sejatinya membutuhkan stimulasi sensori, bahkan membutuhkan kegiatan yang sifatnya ke permainan bukan akademik. Agak tricky jika membicarakan bakat atau minat anak, khususnya jika kita bicarakan anak usia dini, karena anak usia itu atau anak usia sekolah, cenderung punya banyak kesukaan.

Jadi berapa usia optimal anak bisa ikut les pelajaran atau les bakat?

Baca selengkapnya di halaman berikut, ya!

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Tempat Les Basket Anak di Jakarta, Bandung, dan Surabaya

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS