banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

7 Tips Tetap Bisa Menikmati Seks di Usia 50-an

author

Fannya Gita Alamanda09 Aug 2022

7 Tips Tetap Bisa Menikmati Seks di Usia 50-an

Seks di usia 50, bagaimana agar tetap bisa memuaskan mengingat seiring bertambahnya usia seringkali memiliki tantangan tersendiri. Berikut tips sederhana agar seks usia 50 tahun tetap menggairahkan.

Tiap jenjang usia punya ‘perfect storm’-nya masing-masing. Di usia 40-an dan 50-an yang kita hadapi adalah hilangnya kesuburan, perubahan hormonal, anak-anak yang akhirnya mandiri atau punya keluarga sendiri, dan orang tua yang sakit-sakitan sehingga tidak mengherankan jika hubungan dan dorongan seks kita menjadi kacau balau.

Sebuah penelitian yang dilakukan dengan mempelajari lebih dari 1.000 wanita antara usia 45 dan 65 menemukan bahwa 7% wanita di usia paruh baya mampu menikmati seks dan punya hubungan yang hangat dengan pasangannya. Meskipun persentasenya tampak kecil, fakta ini membuktikan bahwa wanita di usia 50-an bisa kok memiliki aktivitas seks yang memuaskan. Anda hanya perlu tahu triknya.!

Tips menikmati seks di usia 50-an, begini caranya!

Ubah cara Anda memaknai “seks”

Kita terbiasa memaknai seks sebagai hubungan badan semata, penis bertemu vagina. Sekaranglah saatnya mengubah pola pikir kita dengan memaknai seks sebagai “kontak fisik yang intim.” Keintiman fisik adalah kunci dalam hubungan yang sehat dan hubungan seksual bukan satu-satunya cara untuk mengungkapkan cinta. Faktanya, hanya 4 dari 10 wanita yang secara teratur mengalami orgasme melalui penetrasi. Saat kita mengalami perubahan hormonal dan fisik di usia paruh baya, hubungan seksual menjadi semakin sulit, bahkan bagi beberapa wanita, sangat mustahil. Nah, cara lain untuk mengekspresikan gairah dan cinta Anda adalah menciptakan kesenangan bagi kedua belah pihak seperti memeluk, menyentuh, dan saling memberi rangsangan. Artinya, kepuasan nggak melulu berujung pada orgasme fisik.

Prioritaskan perasaan intim

Bertambahnya usia, orgasme bisa sangat sulit dicapai, dan ketika cuma itu yang menjadi tujuan akhir, Anda bakal stres sendiri dan ini memengaruhi perasaan kalian berdua. Alih-alih terpaku pada klimaks, fokuslah untuk terhubung dengan pasangan. Percaya deh, prosesnya bisa sama menyenangkannya dengan orgasme itu sendiri saat Anda dan pasangan semakin terikat secara emosional.

Jadilah petualang

Penelitian menunjukkan bahwa cara paling andal bagi seorang perempuan untuk mencapai orgasme setelah 50 tahun adalah dengan vibrator atau sex toys. Mungkin, inilah saatnya untuk mencoba! Kita tidak hanya butuh lebih banyak rangsangan seiring bertambahnya usia, tetapi juga cara baru yang menyenangkan untuk membangkitkan kehidupan seks dari kondisi mati suri yaitu saat Anda menjelajahi tubuh dengan cara yang berbeda dan mengasyikkan.

Baca juga: 9 Rekomendasi Lubrikan Terbaik Untuk Bercinta

Cintai diri Anda apa adanya

Salah satu hal positif tentang perempuan paruh baya adalah mereka nyaman dengan kulit dan tubuh mereka, apa yang mereka suka dan tidak suka ketika berhubungan seks. Perubahan pada tubuh dan anatomi seksual tidak dapat dihindari saat usia bertambah, terutama setelah memiliki anak. Penting bagi Anda untuk menerima perubahan ini, merasa puas dan bahagia dengan diri sendiri. Tanpa itu, mustahil Anda bisa memiliki hubungan yang mendalam dengan pasangan.

Pede dan menerima diri kita apa adanya itu harus, tapi penting juga untuk tetap berusaha. Misalnya, kalau Anda punya masalah dengan vagina yang kering dan penurunan sensitivitas, ada sejumlah produk yang memang diciptakan untuk meningkatkan hasrat dan fungsi seksual, baik secara topikal dalam bentuk pelumas dan krim serta perawatan bedah dan non-bedah. Bicarakan dengan dokter tentang prosedur, produk, atau pilihan lain yang mungkin bisa membantu.

Miliki spiritual yang sehat

Penelitian membuktikan adanya hubungan antara kesehatan spiritual dan kepuasan seksual. Spiritualitas terlihat berbeda untuk setiap orang—bisa melalui ibadah, melakukan yoga, atau olah pernapasan di alam. Sementara usia 30-an dan 40-an Anda disibukkan dengan karier, membesarkan anak-anak, atau keduanya, di usia paruh baya Anda punya lebih banyak waktu dan kesempatan untuk mulai menata diri sendiri lagi dan memulihkan hubungan dengan pasangan. Konon, kebencian adalah penghancur libido nomor nomor satu. Jadi, memaafkan dan memulihkan hubungan adalah kunci untuk kehidupan seks yang sehat dan memuaskan.

Menjaga komunikasi

Menghargai setiap momen itu penting bahkan yang nampaknya nggak penting. Perhatian, kehadiran, dan pengakuan cinta yang ditunjukkan setiap hari akan menjaga api cinta tetap hidup. Selalu mengakhiri percakapan di telepon atau berpisah dengan bilang “Aku sayang kamu” atau “Aku kangen kamu” dapat membuat perbedaan besar.

Menerima perubahan

Lapang dada menerima perubahan. Jangan banding-bandingkan hal-hal yang terjadi sekarang dengan yang bisa terjadi dulu ketika Anda berdua masih muda. Ada yang hilang tapi ada juga yang datang. Anda berdua kini menjadi lebih matang dan bijaksana. Anda berdua juga saling tahu keterbatasan dan kekuatan masing-masing. Mampu menerima dan menghargai semua hal ini justru membuat Anda jauh lebih seksi.

Sumber artikel satu

Sumber artikel dua

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS