banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

9 Rekomendasi Lubrikan Terbaik Untuk Teman Bercinta

author

Fannya Gita Alamanda07 Apr 2021

9 Rekomendasi Lubrikan Terbaik Untuk Teman Bercinta

Sebelum asal membeli, cari tahu dulu jenis dan manfaatnya. Baru tentukan mana yang mau dibeli di antara rekomendasi lubrikan berikut ini.

Humm, buat sebagian orang yang beruntung, mencari pelumas favorit nggak akan menjadi pe-er. Tapi untuk yang punya masalah kulit sensitif, menemukan pelumas terbaik agak sedikit merepotkan, karena jika salah pilih ‘asisten’ untuk acara malam ini, efeknya akan mengganggu kenyamanan dan kesehatan organ intim Anda.

Kapan perlu memakai lubrikan?

Adalah hal yang umum, bahkan di antara mereka yang bugar, vagina menghasilkan pelumas yang tidak mencukupi. Nah, fungsi pelumas buatan adalah menggantikan sekresi vagina alami, sehingga membantu vagina terasa lebih lembap dan mengurangi ketidaknyaman akibat kondisi vagina yang kering. Seseorang mungkin perlu menggunakan lubrikan ketika:

• mengalami vagina kering karena sedang menjalani pengobatan tertentu

• perubahan kadar hormon selama kehamilan atau setelah melahirkan menyebabkan kekeringan sementara pada vagina.

• menopause juga menyebabkan vagina mengalami kekeringan

• vagina tidak menghasilkan cukup cairan pelumas-misalnya jika mereka ‘kehabisan’ pelumas setelah sesi aktivitas seksual yang cukup lama atau mendapati bahwa pelumas alami mereka tidak cukup untuk mengurangi gesekan saat bercinta..

• mengalami nyeri atau gatal di vagina, yang terjadi ketika jaringan vagina yang sensitif sangat kering.

BACA JUGA: VAGINA JUGA  BISA ALAMI DEHIDRASI, LHO!

Ragam lubrikan

Ada empat jenis pelumas: berbahan dasar silikon, berbahan dasar air, berbahan dasar minyak, dan hibrida.

Pelumas berbahan dasar silikon biasanya lebih kental, lebih licin, dan tahan lama.

Sedangkan pelumas berbahan dasar air, seperti namanya, sebagian besar terdiri dari H2O, sehingga mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan sisa/ bekas.

Pelumas berbahan dasar minyak memiliki viskositas paling kental, tapi tidak bertahan lama seperti yang lain.

Lalu bagaimana dengan yang jenis hybrid? Ini adalah pelumas campuran silikon dan formula berbahan dasar air, yang bertahan lebih lama dari pelumas yang hanya berbahan dasar air, tetapi tidak sekental jenis silikon.

Nah yang perlu Mommies cermati adalah beberapa pelumas dapat memengaruhi fungsi sperma, berpotensi menurunkan kemungkinan seseorang untuk hamil, sehingga untuk wanita yang sedang mencoba untuk hamil sebaiknya memilih pelumas yang ramah sperma. Sedangkan untuk yang belum ingin buru-buru hamil, bisa memilih pelumas yang menggunakan spermisida bersama dengan alat kontrasepsi lainnya.

Jika baru pertama kali mencoba sebuah merek, beli botol atau tube ukuran kecil dulu dan selalu cek bagian label kemasannya ya, Mommies. Lubrikan yang bagus punya kadar pH mirip dengan pH vagina yaitu 3.5-4.5. Hindari lubrikan yang mengandung glycerin, nonoxynol-9, chlorhexidine gluconate, dan propylene glycol terutama jika kulit Anda sangat sensitif.

Sudah lebih paham? Ini saatnya berbelanja lubrikan terbaik. Untuk yang punya masalah kulit sensitif, jangan khawatir, kami juga sertakan produk yang bisa Mommies pilih.

Berikut rekomendasi lubrikan pilihan kami:

1. Orgie Bio Chamomile organic premium lubricant - Rp 235,000

Telah dikenal dan digunakan selama lebih dari 2000 tahun, Aloe Vera adalah bahan utama produk ini. Dua manfaat paling penting yang ditawarkan produk berbahan dasar air ini adalah punya kemampuan melembapkan yang sangat tinggi dan mengencangkan otot-otot vagina. Gel ini juga mampu menyembuhkan luka mikro yang disebabkan oleh gesekan. Semua bahannya berasal dari sumber organik, bebas dari produk kimia.

2. Sliquid Organics Natural Gel – Rp 285.000

Jangan ragu untuk memilih produk pelumas berbahan dasar air dan silikon yang bebas gliserin ini. Cocok ‘berdampingan’ dengan kondom berbahan lateks.

3. Silky Smooth Personal Lubricant Replens MD – Rp 108,000

Pelumas berbahan dasar silikon ini bantu melembapkan area vagina dan menghilangkan kekeringan. Silky Smooth juga cocok disandingkan bersama kondom lateks.

4. Blossom Organics Natural Moisturizing Lubricant - Rp 187,790

Blossom Organics berbahan dasar air dan lidah buaya. Pilihan ideal bagi mereka yang pernah mengalami sensasi terbakar atau reaksi negatif sewaktu menggunakan pelumas lain. Bebas gliserin, silikon, dan paraben, pelumas ini juga bagus untuk melembapkan vagina. Cocok digunakan bersama kondom lateks atau non-lateks.

5. Sliquid Silk Hybrid Lube Rp 246,984

Menggabungkan formula berbasis air dan silikon untuk membuatnya tahan lama. Ramah terhadap lateks, karet, dan plastik namun tidak kami rekomendasikan untuk dipakai bersama sex toys berbahan silikon.

REKOMENDASI LUBRIKAN NOMOR 6 - 9 BISA DIBACA DI HALAMAN SELANJUTNYA

6. Pre-Seed Fertility Friendly Lubricant – Rp 500,000

Jika Anda sedang mencoba untuk hamil, jenis pelumas yang Anda pilih berpotensi memengaruhi kseuburan Anda dan khususnya pergerakan sperma. Itulah alasan mengapa Mayo Clinic merekomendasikan pelumas berbahan dasar hidroksietilselulosa dan pelumas bebas gliserin seperti Pre-Seed Fertility Friendly Lubricant.

7. Durex Play Massage 2 in 1 – Rp 88.000

Pelumas berbahan dasar air ini mengandung aloe vera yang bermanfaat untuk menghaluskan kulit, melembutkan, dan menyehatkan. Sebelum dipakai sebagai lubrikan, Anda juga bisa memakai Durex Play Massage 2 in 1 untuk melakukan pijatan-pijatan sensual saat foreplay. Asyiknya lagi, produk lubrikan ini tidak berbau, tidak berwarna, tidak berminyak, apalagi menyebabkan iritasi.

8. Vivo Sensitif Lubricant H2O – Rp 65,000

FYI, VIVO Strawberry lube adalah pelumas pertama di Indonesia yang beraroma dan menawarkan rasa stroberi. Aman jika tertelan karena berbahan dasar air dan ini dia yang lebih keren, tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Aman juga digunakan bersama kondom.

9. Fiesta Lubricant Aloe Vera & Vitamin E- Rp 35,000

Varian produk lubrikan Fiesta berbahan dasar air ini punya keunggulan yaitu menggunakan ekstrak aloe vera dan mengandung vitamin E sehingga efektif sebagai pelicin dan pelembap alami untuk mereka yang mengalami vaginal dryness atau iritasi.

Tips menggunakan lubrikan dengan benar:

1. Pastikan kedua tangan sudah dalam kondisi bersih dan steril.

2. Tuangkan sedikit saja di telapak tangan karena memakai terlalu banyak pelumas bisa berisiko menyebabkan kondom lepas. Jika kurang, nanti Mommies bisa tambahkan lagi.

3. Aplikasikan pelumas tepat sebelum penetrasi.

BACA JUGA: PANDUAN MENGGUNAKAN VIBRATOR UNTUK BERCINTA

Photo by Deon Black on Unsplash

PAGES:

Share Article

author

Fannya Gita Alamanda

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan