banner-detik
LIFESTYLE

Rekomendasi Korset Pasca Melahirkan yang Bikin Perut Kembali Langsing

author

Katharina Menge06 Aug 2022

Rekomendasi Korset Pasca Melahirkan yang Bikin Perut Kembali Langsing

Salah satu benda yang pasti disiapkan para ibu pasca melahirkan adalah korset! Tujuannya tentu saja mengembalikan bentuk perut. Ini beberapa rekomendasinya!

Pasti hampir semua ibu hamil sudah belanja korset yang akan digunakan sebagai alat bantu mengembalikan bentuk perut pasca melahirkan. Mungkin tidak hanya satu, ada yang beli dua atau lebih untuk digunakan bergantian.

Penggunaan korset pasca melahirkan sejak dulu dipercaya tak hanya membantu perut kembali langsing tapi juga mempercepat proses pemulihan kesehatan dan bantu postur tubuh jadi lebih baik.

BACA JUGA: Rekomendasi Bidan di Indonesia dan Kisaran Biaya Melahirkan di Bidan 2022

Apa itu Korset?

Sebenarnya korset adalah pakaian yang berukuran pas di tubuh dengan penyangga kaku yang menempel di pinggang orang yang memakainya. Korset bisa dipakai untuk menopang punggung, tetapi wanita biasa memakainya agar terlihat kurus dalam gaun mereka.

Dalam perkembangannya, korset kemudian juga didesain untuk membantu para Mommies pasca melahirkan. Bedanya, korset pasca melahirkan didesain sederhana tanpa mengurangi fungsi utamanya, yakni mengembalikan bentuk perut ibu. Kini ada beberapa jenis korset paca melahirkan yang kini dijual di pasaran, mulai dari korset tulang hingga belly wraps.

Manfaat Korset Pasca Melahirkan yang Tepat

Selain manfaat umumnya, yaitu untuk membantu mengembalikan bentuk perut Mommies pasca melahirkan, korset juga punya segudang manfaat lainnya, seperti mengurangi nyeri punggung dan memperbaiki postur. Para ibu yang melahirkan secara caesar juga disarankan menggunakan korset usai menjalani operasi untuk mengurangi pembengkakan pasca persalinan.

Selain itu, korset juga menopang otot perut, yang biasanya terpisah karena peregangan rahim selama kehamilan. Korset juga bantu mengikat otot, rahim, dan organ lainnya agar mereka kembali ke ukuran dan posisi sebelum hamil. Jika Mommies mengalami kulit yang kendur dan terkulai, korset pasca persalinan juga bisa membantu menguranginya.

Tips Memilih Korset Pasca Persalinan yang Tepat

Supaya tidak salah pilih dan menemukan korset yang tepat, coba intip tipsnya di bawah ini!

1. Jangan ragu coba beberapa ukuran

Supaya menemukan korset yang tepat dan nyaman, cobalah beberapa pilihan ukuran yang tersedia. Kalau Anda akan rutin mengenakan korset pasca persalinan, Anda harus memperkecil ukurannya. Untuk terus mendapatkan manfaatnya dengab maksimal, carilah merek yang menawarkan berbagai ukuran sesuai gaya yang Anda sukai.

2. Pilih bahan yang fleksibel dan nyaman

Ada tiga jenis bahan korset yang tersedia, mulai dari bahan latex yang stretch, mesh yang tips dan juga lentur, serta bahan katun yang menyerap keringat dan cocok untuk Anda yang punya kulit sensitif. Pililah yang paling menurut Anda nyaman.

3. Punya pilihan kait

Anda jadi bisa mengatur kekencangan korset saat digunakan. Selain itu juga memudahkan memasang dan membukanya, terlebih jika dikenakan setiap hari.

BACA JUGA: Menepis Keraguan tentang Cuti Melahirkan 6 Bulan

Rekomendasi Korset Pasca Melahirkan

Ini dia beberapa rekomendasi korsetanya!

1. Mooimom Long Elastic Seamless Corset

Panjangnya sekitar 29cm dan menggunakan bahan berelastisitas tinggi serta desain seamless, tidak menekan, dan efektif dalam menekan lemak tubuh. Selian itu, korset ini juga bantu mengecilkan perut dan pinggang Mommies. Bahannya 100% Polyester, lho!

Harga: Rp249.000

2. Mama’s Choice Postpartum Adjustable Corset

Korset ini membantu Mommies mengembalikan bentuk tubuh pasca melahirkan dengan bahannya yang lembut dan tidak panas. Korset Mama’s Choice juga terbukti efektif meratakan dan mengencangkan bagian perut dan pinggang. Bahannya terbuat dari 65% polyester dan 35% elastic fibers serta tersedia dalam 2 variasi warna dan 3 variasi ukuran.

Harga: Rp169.000

3. Mamaway Nano Bamboo Postnatal Recovery & Support Belly Band

Korset yang satu ini banyak direkomendasikan oleh ahli fisioterapi dan sudah teregistrasi FGA. Bantu mendukung rahim, perut, panggul, punggung, dan tulang belakang dengan menerapkan kompresi pada inti tubuh dan menahan dinding rahim yang membesar, kulit yang kendur, dan otot sehingga kembali ke tempatnya pasca
persalinan.

Harga: Rp1.560.000

korset pasca melahirkan

4. Eve Maternity Stagen Korset

Korset pasca melahirkan ini terbuat dari bahan katun yang didesain nyaman dengan pelekat velcro serta dilengkapi garis lubang yang memberikan ruang angin sehingga nyaman digunakan oleh semua Mommies. Tersedia ukuran all size dengan panjang 84 cm dan lebar 23 cm.

Harga: Rp171.000

5. Sorex Korset

Ini juga bisa jadi pilihan untuk korset pasca melahirkan Anda. Terbuat dari bahan campuran polyester dan katun sehingga sangat nyaman Dipakai tidak menimbulkan gerah atau panas. Dengan material velcro, Anda jadi bisa menyesuaikan seberapa kencang korset yang akan dipakai dengan sangat mudah.

Harga: Rp100.000

BACA JUGA: Nggak Pakai Ribet, Ini Pengalaman Saya Melahirkan dengan BPJS

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan