banner-detik
LIFESTYLE

"Let's Make Your Own Games", Kelas Coding Seru untuk Anak

author

Dhevita Wulandari30 Jul 2022

"Let's Make Your Own Games", Kelas Coding Seru untuk Anak

Bosan dengan akhir pekan yang biasa-biasa saja untuk anak? Intip keseruan kelas coding di akhir pekan ala Mommies Daily, yuk!

Tidak hanya menyenangkan, bermain memiliki banyak manfaat bagi si kecil. Beberapa di antaranya seperti membantu pertumbuhan fisik, membantu mengendalikan emosi, melatih keterampilan motorik, membantu bersosialisasi, hingga merangsang kreativitas anak.

Memiliki kreativitas yang tinggi dan unik juga menjadi aspek yang penting untuk tumbuh kembang si Kecil. Berdasarkan hal inilah, Mommies Daily membuat sebuah kegiatan di akhir pekan yang dikhususkan bagi anak-anak.

BACA JUGA: Ketahui 6 Manfaat Anak Main Game Online Sebelum Melarang

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan Mommies Daily dan para anak dari Mommies di komunitas, tapi juga turut berkolaborasi dengan Coding Bee Academy. Digelar pada Minggu, 17 Juli 2022 di MULA by Galeria, Cilandak Town Square, antusiasme dari para peserta benar-benar sangat tinggi.

Foto: Dok. Coding Bee Academy

Kegiatan coding class dengan tema “Let’s Make Your Own Games” ini dibagi menjadi dua kelas, yaitu kelas lower untuk usia 5 hingga 8 tahun dan kelas upper untuk usia 9-12 tahun. Dalam kegiatan ini, anak-anak sebelumnya sudah diminta untuk mengunduh aplikasi yang diperlukan untuk coding. 

Kata coding mungkin terdengar sulit, tapi sebenarnya yang dilakukan pada anak-anak kali ini bukanlah coding sulit yang umumnya dilakukan orang dewasa. Coding yang dilakukan anak-anak dalam kegiatan ini adalah coding dasar yang mudah dan diterapkan dengan membuat dan mendesain game mereka sendiri agar menyenangkan dan membuat anak tidak bosan.

Game yang didesain masing-masing kelas juga berbeda. Kelas lower mendesain Scratch yang dipandu oleh Miss Zulfa dan kelas upper mendesain Roblox yang dipandu oleh Sir Rio. Para guru inilah yang membimbing dan mengarahkan anak-anak mengenai langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan.

Foto: Dok. Coding Bee Academy

Saat kelas berlangsung, para guru juga tidak hanya mengajarkan cara mendesain game pada anak, tapi juga mengajarkan bahwa coding itu menyenangkan. Tanya jawab dan diskusi juga berlangsung sangat aktif.

Di akhir kelas, para guru mengumumkan tiga pemenang dengan desain game terbaik dari masing-masing kelas. Mendapatkan hadiah tentu menjadi sebuah penyemangat bagi anak-anak untuk berusaha dan bersungguh-sunguh ketika kelas berlangsung.

Para guru juga menyampaikan, desain yang dibuat oleh seluruh peserta anak yang hadir membuatnya sedikit kaget karena ternyata anak-anak benar-benar mendengarkan dan menguasai apa yang sudah diajarkan.

Harapannya, belajar coding tidak berhenti hanya sampai di kegiatan ini saja, tapi juga bisa memacu semangat dan minat anak dalam terus berkarya melalui coding. 

kelas coding

Foto: Dok. Coding Bee Academy

Semua peserta juga tidak pulang dengan tangan kosong. Dengan berbaris rapi saat ke luar ruangan, masing-masing peserta mendapatkan goodie bag berisi rice bowl dari Cupbop Indonesia.

Nah, seru banget kan acara Mommies Daily dan komunitas kemarin? Untuk Mommies yang ingin mengikuti acara selanjutnya, pantengin terus media sosial Mommies Daily agar tidak ketinggalan update kegiatan komunitas. Sampai ketemu di acara selanjutnya, ya!

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Mainan untuk Memaksimalkan Perkembangan Motorik Anak

Cover image: Dok. Coding Bee Academy

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-

banner-detik

POPULAR ARTICLE

banner-detik
banner-detik

COMMENTS