banner-detik
LIFESTYLE

5 Cara Mudah Punya Kulit Wajah Glowing, Nggak Bikin Kantong Kering!

author

Dhevita Wulandari27 Jul 2022

5 Cara Mudah Punya Kulit Wajah Glowing, Nggak Bikin Kantong Kering!

Mendapatkan kulit wajah glowing tidak harus dengan perawatan yang mahal. Ini beberapa rutinitas dan cara praktis serta mudah yang bisa dilakukan.

Banyak wanita pasti menginginkan kulit wajah sehat dan bersinar atau glowing. Namun, tidak semua orang terlahir dengan kulit bercahaya alami dan sehat.

Untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan glowing, biasanya orang melakukan berbagai hal mulai dari menerapkan pola hidup sehat, menyesuaikan perawatan kulit, hingga mengunjungi dokter kulit. Cara-cara tersebut memang dapat membantu membuat kulit wajah menjadi sehat dan glowing, namun harus mengeluarkan uang yang lebih juga. 

Dilansir dari Insider, ada 5 rutinitas praktis dan mudah yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah glowing. 

1. Rutin membersihkan wajah

Seorang dokter bersertifikat di San Francisco Bay Area, Caren Campbell, MD, menyebut mencuci wajah di pagi dan sore hari adalah langkah pertama dari rutinitas perawatan kulit yang harus dilakukan. Membersihkan wajah secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kotoran, sisa make up dari kulit sehingga mencegah pori-pori tersumbat dan membuat kulit menjadi kusam.

Ketika membersihkan wajah, pastikan juga untuk menggunakan pembersih wajah yang lembut dan gunakan jenis facial wash yang sesuai dengan kondisi wajah.

BACA JUGA: 3 Produk Serum dengan Kandungan Bi-Phase , Efektif Bikin Kulit Glowing!

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah cara untuk mengelupas sel-sel kulit mati dan kering, sehingga membuat kulit lebih cerah dan bercahaya. Dalam kondisi ini, ada dua cara eksfoliasi yang bisa dilakukan. Yaitu dengan eksfoliator kimia dan eksfoliator mekanis.

Eksfoliator kimia biasanya dilakukan dengan menggunakan skincare berupa toner dan serum, sedangkan eksfoliator mekanis menggunakan scrub yang mengandung partikel abrasif yang digosokkan secara langsung ke wajah.

3. Gunakan vitamin C

Setelah mencuci muka di pagi hari, Campbell mengatakan sebaiknya oleskan dua hingga tiga tetes serum vitamin C topikal. Hal ini dikarenakan vitamin C memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah bintik-bintik coklat dan mencerahkan warna kulit.

Tidak hanya itu, vitamin C juga bisa mengurangi kemerahan pada kulit wajah, serta membantu merangsang kolagen, menghasilkan warna dan tekstur kulit yang lebih sehat.

4. Gunakan pelembap

Tidak menggunakan pelembap akan membuat kulit terlihat kusam. Sehingga untuk mendapatkan hasil terbaik, Campbell mengatakan sebaiknya gunakan pelembap setiap pagi dan sore hari.

Saat pagi hari, cucilah wajah dengan menggunakan facial wash, oleskan produk antioksidan seperti vitamin C, kemudian gunakan pelembap. Saat malam hari, bersihkan kulit dengan mencuci wajah, gunakan produk perawatan kulit, dan ditutup dengan menggunakan pelembap.

5. Gunakan sunscreen

Tidak menggunakan sunscreen bisa membuat kulit kusam dan menua dengan cepat. Campbell merekomendasikan untuk mengaplikasikan sunscreen pada wajah dengan minimal kandungan SPF 30 dan harus diterapkan setiap hari sebagai langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit sebelum merias wajah.

Lebih baik lagi untuk secara rutin mengoleskan kembali sunscreen setiap dua jam apabila beraktivitas di luar ruangan, serta oleskan juga setelah berkeringat atau berenang. Jika tidak keluar rumah, Campbell juga tetap merekomendasikan untuk mengoleskan sunscreen di pagi hari setelah menyelesaikan rutinitas perawatan kulit.

BACA JUGA: 5 Kebiasan di Malam Hari Ini Bikin Kulit Glowing, Bisa Dilakukan Sebelum Tidur

Cover image: Photo created by cookie_studio on Freepik

Sumber artikel dari sini.

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS