banner-detik
LIFESTYLE

Menurut Pakar, Ini Skincare dan Perawatan Wajah Terbaik untuk Usia 50-an

author

Katharina Menge25 Jul 2022

Menurut Pakar, Ini Skincare dan Perawatan Wajah Terbaik untuk Usia 50-an

Ada yang berbeda dengan perawatan kulit dan skincare yang harus digunakan ketika Anda memasuki usia 50-an! Ini dia rekomendasinya dari pakar!

Memasuki usia 50-an, ada beberapa skincare dan cara penggunaannya yang akan sedikit berbeda dengan yang digunakan di usia 30 atau 40-an. Hal itu untuk menyesuaikan terjadinya perubahan alami yang terjadi pada kulit seiring bertambahnya usia.

Berdasarkan waktu dan gravitasi, masalah garis halus, keriput, flek hitam, dan hilangnya volume wajah akan terlihat jelang usia paruh baya. Itulah sebabnya banyak orang mengubah rutinitas skincare dan penggunaannnya yang disesuaikan dengan kondisi kulit di usia ini.

BACA JUGA: Jaga Elastisitas Kulit, Ini 6 Rekomendasi Moisturizer untuk Usia 40-an

Daftar Skincare Terbaik untuk Usia 50-an

Para pakar kulit dan kecantikan pun berbagi strategi dan cara terbaik untuk membangun pertahanan diri untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda! Cek di bawah ini!

1. Cleansing dan toning

Membersihkan wajah setipa hari adalah cara terbaik merawat kulit untuk semua usia, tak terkecuali di usia 50-an. Bedanya, kulit wajah orang dewasa harus dirawat dengan pembersih ringan anti iritasi dan tidak akan menghilangkan minyak alami kulit atau mengiritasi kulit kering dan sensitif.

Untuk Anda yang punya kulit kering, Patricia Wexler, M.D., ahli kulit di New York mengingatkan bahwa karena kulit kering itu biasanya sensitif, sebaiknya gunakan pembersih yang mengandung ceramide karena bisa memberikan perlindungan terbaik.

2. Tetap eksfoliasi tapi jangan berlebihan

Untuk rutinitas eksfoliasi, baik fisik (lulur) dan kimia (AHA dan BHA), tetap cocok untuk kulit dewasa dan di usia 50-an ini Anda tetap bisa melakukannya. Namun Joanna Czech, facialis selebriti di New York, menyarankan untuk mulai berhati-hati.

“Eksfoliasi atau pengelupasan itu perlu tapi jangan berlebihan,” saran Czech. “Itu karena pada wanita di atas 50 tahun, lapisan luar kulit menjadi lebih tipis dan lebih halus.” Dia pun menyarankan untuk meminimalisir eksfoliasi fisik karena bisa menyebabkan robekan mikro pada epidermis jika terlalu bersemangat. Jika tetap mau eksfoliasi fisik, gunakan scrub yang lembut.

3. Lakukan pijat wajah

Rutin pijat wajah setiap hari bisa memberi keajaiban bagi kulit di usia berapa pun, tetapi sangat bermanfaat dan transformatif untuk kulit dewasa, terutama di usia 50-an. Pijatan bekerja membentuk otot-otot wajah, mengurangi penumpukan cairan, serta meningkatkan aliran darah, pergantian sel, pengencangan jaringan, dan meningkatkan produksi kolagen.

Karena wanita mengalami penurunan dramatis dalam sintesis kolagen setelah menopause, maka pijat wajah adalah salah satu jalan terbaik untuk meningkatkan kembali produksinya secara alami.

4. Tambah pelembap untuk kembalikan volume wajah

Mulai usia 30-an dan 40-an, tingkat hyaluronic mulai menurun, yang akhirnya membuat garis halus dan kerutan wajah lebih terlihat. Untuk itu pilihlah pelembap wajah dengan kandungan hyaluronic acid untuk menyamarkan semua masalah kulit tersebut.

Ketika dioleskan, asam hialuronat dapat membantu mengisi dan mempertahankan kelembaban sel, itulah sebabnya asam hialuronat menjadi bahan yang umum dalam serum dan pelembab, terutama untuk produk yang ditargetnya bagi wanita dewasa.

5. Rawat Keriput dan Hiperpigmentasi dengan Retinol

Untuk kerutan, hiperpigmentasi, dan photodamage yang tidak terlihat, Patricia merekomendasikan untuk menggunakan retinol untuk mendorong pembaruan kulit, mencerahkan warna kulit, membersihkan hiperpigmentasi, dan membantu produksi kolagen.

Retinol juga bisa sangat bermanfaat dalam merawat masalah di area mata. Kombinasikan dengan peptida maka skincare ini mampu merangsang kolagen baru, dan pada gilirannya, mendukung jaringan kulit.

6. Jangan lupa vitamin C

Jika ingin menambahkan skincare di usia 50-an ini, salah satu pilihan lainnya adalah vitamin C. Kandungan ini membantu merawat dan melawan kerusakan akibat radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif dan penuaan kulit. Antioksidan juga bekerja untuk memudarkan hiperpigmentasi.

“Mulailah dengan konsentrasi rendah 10% dan tingkatkan hingga 15% atau 20% sesuai toleransi,” saran Patricia. Hal penting yang harus diperhatikan adalah bahwa vitamin C rentan terhadap paparan cahaya, oleh karena itu penggunaannya harus bersamaan dengan sunscreen yang digunakan setiap hari.

BACA JUGA: 10 Tips Mengencangkan Kulit Wajah di Usia 30 & 40 Tahun

Cover: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS