Now Reading
5 Perpustakaan yang Seru Dikunjungi untuk Tingkatkan Minat Baca Anak

5 Perpustakaan yang Seru Dikunjungi untuk Tingkatkan Minat Baca Anak

Dhevita Wulandari

Ingin bantu tingkatkan minat dan kecintaan anak dalam membaca? 5 perpustakaan yang seru untuk dikunjungi ini bisa jadi solusinya. Suasananya pun nyaman!

Pernah dengar ungkapan “Buku adalah jendela dunia?”. Maksud dari ungkapan tersebut adalah dengan membaca buku, kita dapat mengetahui banyak hal mengenai dunia, baik kehidupan masa sekarang maupun masa lalu atau sejarah. Dengan membaca, tentunya kita akan mengetahui banyak informasi mengenai bidang apapun yang tidak kita ketahui sebelumnya.

Kegiatan membaca juga dapat membantu mengubah cara pikir seseorang mengenai sesuatu dan menambah ilmu baru. Namun di Indonesia, ternyata minat membaca sangatlah rendah.

Dikutip dari Steemit, selain malas membaca, hasil studi menunjukkan warga Indonesia tidak ingin berkorban banyak untuk sebuah buku. Anak-anak masa sekarang lebih bersedia untuk membeli gadget yang harganya berbelas juta, tapi tidak bersedia menabung membeli buku dan lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan nongkrong.

Jika dibiarkan, hal ini akan membawa dampak buruk pada anak. Padahal, mengajak anak terbiasa membaca sejak dini memiliki banyak manfaat, seperti mengenalkan kosakata baru, meningkatkan fokus, merangsang perkembangan sel-sel otak, hingga menambah wawasan dan pengetahuan anak.

Apabila membaca buku di rumah dirasa kurang mendukung, Mommies bisa ajak anak ke tempat-tempat yang unik dan nyaman, seperti ke perpustakaan. Perpustakaan saat ini sudah cukup modern dengan suasana yang nyaman dan bikin betah, kok. Ini beberapa rekomendasi perpustakaan yang seru untuk dikunjungi bersama anak untuk bantu tingkatkan minat bacanya.

BACA JUGA: Tes Minat Bakat Anak, Seberapa Perlu? Ini Kata Psikolog

The Erasmus Huis Library

Foto: netherlandandyou.nl

The Erasmus Huis Library adalah perpustakaan modern yang terbuka untuk umum dan menjadi tempat inspirasi untuk membaca dengan tenang, bertemu dengan teman, dan bekerja dari perpustakaan. Pengunjung bisa datang hanya untuk melihat-lihat dan bisa juga meminjam buku. 

Untuk meminjam buku, tentunya harus menjadi member perpustakaan terlebih dulu. Koleksi yang terdapat di perpustakaan ini sekitar 15.000 buku, koran, dan majalah. Karena Erasmus adalah perpustakaan milik Belanda, tentu banyak buku literasi Belanda yang tersedia. Jangan khawatir karena ada banyak juga buku berbahasa Inggris dan Indonesia.

Alamat: Jl. H.R. Rasuna Said Kav. S-3, Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Website: www.netherlandsandyou.nl/your-country-and-the-netherlands/indonesia/erasmus-huis/library

Instagram: @erasmushuis_jakarta

Waktu pelayanan:

Selasa-Sabtu: 10.00 – 18.00 WIB

Senin, Minggu, Hari Besar: Libur

Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta Cikini (Perpustakaan Jakarta)

Foto: Liputan6

Dibuka secara bertahap setelah dilakukannya revitalisasi pada 2019, Taman Ismail Marzuki kini punya wajah baru dengan adanya Perpustakaan Umum Provinsi DKI Jakarta Cikini. Perpustakaan yang akan kembali dibuka ini dapat menjadi tempat membaca hingga mengerjakan tugas bagi siswa dan mahasiswa, juga bisa jadi destinasi kerja untuk suasana yang tenang, serta menjadi destinasi membaca bersama anak.

Koleksi bukunya pun cukup lengkap dengan Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin yang memiliki sekitar 169.039 eksemplar buku dan Perpustakaan Umum DKI Jakarta yang memiliki sekitar 187.000 eksemplar buku. Perpustakaan yang akan dibuka untuk umum ini akan dibuka mulai 7 Juli 2022.

Perpustakaan Jakarta ini juga menyediakan bilik bermain anak yang bisa digunakan anak untuk bermain sambil belajar.

Alamat: Taman Ismail Marzuki, Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Kec. Menteng, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10330

Instagram: @perpusjkt

Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Foto: Detikcom

Bangunan yang awalnya hanya terdiri dari 3 lantai yang diabaikan ini, diubah menjadi gedung 27 lantai yang megah dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada pertengahan September 2017. Menjadi gedung tertinggi di dunia untuk gedung perpustakaan, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia punya banyak koleksi buku yang dapat dijadikan sumber informasi dan pengetahuan.

Untuk masuk ke Perpusnas, pengunjung akan diminta untuk meninggalkan tas di loker dan hanya boleh membawa laptop, buku catatan dan alat tulis, dan minum dalam botol. Jika berencana meminjam buku, pengunjung juga harus terlebih dulu mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan. 

Alamat: Jl. Medan Merdeka Sel. No.11, RT.11/RW.2, Gambir, Kecamatan Gambir, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10110

Website: www.perpusnas.go.id

Instagram: @perpusnas.go.id

Waktu pelayanan:

Senin-Jumat: 08.00-16.00 WIB

Sabtu-Minggu: 09.00-15.30 WIB

Cuti Bersama, Hari Libur Nasional TUTUP

Perpustakaan Kemendikbud

Foto: Detikcom

Dibuka secara resmi oleh Menteri Pendidikan Nasional pada 29 November 2004, Perpustakaan Kemendikbud dibangun dengan harapan menjadi referensi pendidikan dan kebudayaan yang menyediakan informasi lengkap secara fisik dan digital. Lokasinya yang strategis dan nyaman cocok untuk dijadikan tempat membaca yang tenang, hingga tempat aktivitas komunitas pendidikan dan kebudayaan. Di sini, pengunjung dapat membaca dan meminjam buku, dengan memiliki kartu keanggotaan.

Alamat: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Gedung A lantai 1 dan Mezanin. Jl. Jendral Sudirman, Senayan, Jakarta, Indonesia, 10270

Waktu pelayanan:

Senin-Jumat: 08.00 -16.00 WIB

Sabtu: 09.00 -14.00 WIB

Minggu dan Hari Besar: Libur

Perpustakaan Soeman HS

perpustakaan yang seru

Foto: riau.go.id

Perpustakaan Soeman HS merupakan perpustakaan dan penyimpanan arsip nasional yang berstatus perpustakaan provinsi. Menariknya lagi, perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar di Indonesia dan terletak di tengah kota Pekanbaru.

Tidak hanya bisa dinikmati oleh orang dewasa saja, Perpustakaan Soeman HS juga bisa dinikmati oleh anak-anak dengan fasilitas Children Library yang dimilikinya. Perpustakaan ini bisa jadi pilihan menyenangkan untuk anak membiasakan diri untuk membaca dan menumbuhkan kecintaan anak-anak pada buku dan perpustakaan.

Alamat: Jl. Jend. Sudirman No.462, Jadirejo, Kec. Sukajadi, Kota Pekanbaru, Riau 28126

Instagram: @dipersipprovriau

Waktu pelayanan:

Senin-Rabu: 08.00 – 16.00 WIB (istirahat 12.00-13.00 WIB)

Kamis-Jumat: 08.00 – 16.30 WIB (istirahat 12.00-13.00 WIB)

Sabtu, Minggu dan tanggal merah: Tutup

BACA JUGA: Permainan Seru untuk Melatih Kemampuan Anak Membaca

Cover image: Photo by jcomp on Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top