Now Reading
Bikin Banyak Match, Ini 5 Tips Membuat Profil di Dating Apps Tampak Menarik

Bikin Banyak Match, Ini 5 Tips Membuat Profil di Dating Apps Tampak Menarik

Dhevita Wulandari
profil di dating apps

Bingung bikin profil di dating apps yang menarik dan tidak membosankan? Ini beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk dapatkan match yang tepat.

Saat baru memulai menggunakan dating apps atau aplikasi kencan, ada sejumlah pertanyaan mengenai profil dan minat yang harus pengguna isi. Tujuannya agar aplikasi dapat membantu pengguna menyortir profil orang-orang yang akan dimunculkan oleh aplikasi di beranda secara kita sesuai dengan data yang kita sudah isi sebelumnya.

Jika Anda merupakan pengguna lama atau dulunya sudah pernah menggunakan aplikasi kencan yang sama, Anda mungkin tidak akan menemukan kesulitan dan cukup lancar dalam mengisi pertanyaan yang diajukan aplikasi untuk profil. Namun, bisa saja hal ini menjadi sesuatu yang membingungkan bagi pengguna baru yang belum pernah menggunakan aplikasi kencan tersebut.

Selain mengisi profil dengan pertanyaan yang diajukan aplikasi, pengguna juga wajib sekali untuk membuat profil di dating apps tampak menarik. Profil yang menarik akan dapat membuat Anda mendapatkan lebih banyak swipe right atau love dari pengguna lain, lho.

Intip beberapa tips di bawah ini.

Pasang foto diri sendiri

Gunakan foto yang menunjukkan wajah Anda dengan jelas. Jangan gunakan foto yang buram atau blur, yang hanya menampakkan setengah wajah atau malah tidak kelihatan. Sebaiknya, gunakan foto yang hanya sendiri tanpa ada orang lain dalam foto tersebut. 

Mengutip dari SELF, Laurie Davis, seorang founder layanan online dating eFlirt dan penulis ‘Love at the First Click’, memberikan pendapatnya mengenai penggunaan foto di aplikasi kencan. 

Ia mengatakan, “Kami menemukan bahwa mengunggah lebih dari satu (foto selfie) bukanlah pendekatan terbaik, karena itu juga dapat berbicara dengan gaya hidup Anda. Namun, jika Anda memang merupakan ratu selfie, lakukanlah. Karena ini tentang menampilkan versi terbaik Anda. Salah satu taktik cerdas adalah memastikan selfie cukup unik untuk tetap mengkomunikasikan sesuatu tentang diri Anda, seperti Anda di puncak pendakian favorit Anda.”

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Aplikasi Kencan untuk Para Single Parents

Menjawab pertanyaan dari aplikasi untuk bikin profil sepersonal dan semenarik mungkin

Isi profil sesuai yang Anda inginkan untuk menunjukkan profil yang lebih personal. Hal ini bertujuan agar orang yang melihat profil Anda dapat melihat secara garis besar seperti apakah kepribadian Anda. Berikan juga tambahan informasi yang menurut Anda bisa membuat orang lain penasaran dan tertarik untuk mendekati Anda.

Laurie Davis merekomendasikan untuk bersikap setenang mungkin dalam menulis deskripsi tentang diri Anda di profil. Dia merekomendasikan untuk merangkai beberapa deskriptor seperti “Penikmat dan Pemain Musik. Pecinta Kucing.” 

Anda tidak harus mengisi penuh deskripsi diri. Namun jika menurut Anda dengan menulis deskriptor dapat merangkum diri Anda dengan sempurna, silakan saja.

Jujur tentang jenis hubungan yang ingin Anda dapatkan

Ada beberapa pilihan pertanyaan dari aplikasi mengenai status hubungan yang ingin Anda dapatkan. Mulai dari ingin mencari teman, hubungan yang serius, menikah, hingga ingin punya anak.

Menuliskannya dengan jujur dapat membantu orang lain yang melihat profil Anda untuk mengetahui apa intensi dan tujuan yang Anda ingin dapati jika menjalin sebuah hubungan. Informasi tersebut juga akan dijadikan acuan oleh orang lain untuk memilihmu atau tidak, sesuai dengan intensi yang mereka miliki.

Selain jujur tentang jenis hubungan yang Anda inginkan, Anda juga harus jujur dengan status yang Anda miliki. Jangan sampai Anda iseng dan berbohong bahwa Anda masih single atau sendiri, padahal sebenarnya sudah memiliki pasangan bahkan anak!

Isi dengan lengkap jenis pasangan yang Anda cari

Untuk membantu mendapatkan pasangan yang kamu harapkan, sebaiknya isi tipe pasangan ideal yang sesuai dengan yang diinginkan. Mulai dari gender, usia, tinggi, suku, agama, dan lainnya.

Hal ini bertujuan agar orang yang melihat profil kamu mengetahui adakah kesamaan interest atau minat yang bertujuan dan memudahkan dalam menemukan pasangan yang cocok.

Hindari menjadi klise

Jangan menuliskan hal-hal di deskripsi profil yang akan menunjukkan betapa klisenya diri Anda. Hindari menggunakan pernyataan seperti, “Saya tidak tahu harus menulis apa sini”, “Saya suka minum kopi”, “Saya suka travelling”, atau “Main aplikasi ini karena iseng”.

Sebaliknya, Anda bisa menulis sebuah paragraf pendek yang menggambarkan dan mencermikan diri Anda. Bisa juga berikan sedikit sentuhan humor agar tidak terlalu kaku. Deskripsi pendek mengenai diri Anda yang ditulis dengan baik dapat membuat orang yang membaca menjadi merasa terhubung dengan Anda.

BACA JUGA: 9 Persamaan Antara Mencari Kerja dan Mencari Jodoh, Wajib Tahu

Cover image: Photo by Freepik on Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top