Now Reading
9 Persamaan Antara Mencari Kerja dan Mencari Jodoh, Wajib Tahu!

9 Persamaan Antara Mencari Kerja dan Mencari Jodoh, Wajib Tahu!

melamar kerja

Pasti banyak dari Anda yang belum sadar kalau di antara perjuangan mencari kerja dan mencari jodoh itu punya beberapa kesamaan.

Ada orang yang merasa lebih susah mencari kerja ketimbang mencari cinta, dan sebaliknya. Padahal jika diperhatikan kedua hal tersebut memiliki banyak persamaan yang bisa membuat Anda terkaget-kaget nantinya. Satu persamaan yang paling umum adalah kedua hal tersebut sama-sama membutuhkan usaha.

Apalagi persamaan antara mencari kerja dan mencari jodoh lainnya? Anda wajib tahu, nih!

BACA JUGA: Semakin Nyaman, Ini Daftar Perusahaan yang Menerapkan Kebijakan Work from Anywhere

Persamaan Mencari Kerja dan Mencari Jodoh

Berikut ini beberapa persamaan antara mencari kerja dan mencari jodoh!

1. Anda harus keluar dari ‘sarang’

Jodoh Anda tidak akan begitu saja datang ke depan pintu. Anda perlu keluar rumah atau bersosialisasi serta memperlihatkan kalau diri Anda itu ada. Sama halnya dengan mencari pekerjaan, Anda harus memamerkan kemampuan Anda lewat portofolio, tampilan LinkedIn yang diperbarui, dan beragam cara lainnya yang bisa dilihat oleh perusahaan.

2. Melakukan riset

Siapa yang selalu mencari informasi tentang sosok yang sedang didekati, baik secara langsung atau via dating apps? Menurut survei dari Statista, 40% orang mencari info tentang teman kencan mereka sebelum bertemu langsung di Google, sementara 44% lainnya mencari media sosial mereka.

Hal yang sama juga perlu Anda lakukan ketika mencari kerja. Jika hendak melamar ke suatu perusahaan, tentu Anda harus mencari tahu tentang seluk beluk perusahaannya, bagaimana load kerjanya, benefit yang ditawarkan, dan lingkungan kerja di sana.

3. Mempersiapkan kesan pertama yang terbaik

Saat kencan pertama atau interview kerja awal, Anda harus memberikan versi diri Anda yang terbaik. Tampil rapi, wangi, memakai baju dan sepatu terbaik, dan tak lupa mempersiapkan senjata perang yang paling penting dan dibutuhkan. Betul, tidak?

4. Bahasa tubuh perlu diperhatikan

Ketika akan melakukan interview kerja, banyak orang menyarankan Anda untuk lebih memperhatikan bahasa tubuh. Mulai dari harus sering melakukan kontak mata, menerapkan posisi duduk yang tegak, dan hindari menggigiti kuku atau terus memandang jam. Hal yang sama pun berlaku saat kencan. Penting untuk menunjukkan kalau Anda tertarik pada lawan bicara, baik saat interview kerja atau kencan pertama.

BACA JUGA: Kenali 8 Ciri Rekan Kerja yang Manipulatif

5. Bisa menjadi diri sendiri

Sama seperti jodoh, Anda juga akan menghabiskan banyak waktu bersama perusahaan saat bekerja. Jika Anda menemukan perusahaan yang menuntut Anda untuk menjadi orang lain dan tidak jadi diri sendiri, maka Anda akan tersiksa. Begitu pula ketika menjalani hubungan dengan pasangan. Carilah pasangan dan perusahaan yang nyaman.

6. Jangan menurunkan standar

Baik untuk hubungan asmara atau pekerjaan, ketahuilah nilai Anda. Dalam hal gaji, angka yang sudah Anda pasang itu adalah harga untuk membayar keahlian dan pengalaman, ditambah jabatan dan pertimbangan lainnya. Inilah pentingnya riset untuk mengetahui standar perusahaan tempat Anda melamar, begitu juga saat mencari tahu sosok pasangan. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan pekerjaan dan pasangan yang layak sesuai standar Anda.

7. Sama-sama hubungan dua arah

Tidak hanya Anda yang akan diberikan pertanyaan saat kencan atau interview kerja. Anda juga berhak memberikan pertanyaan untuk mereka, baik calon pasangan atau pewawancara. Tujuannya untuk mengetahui apakah mereka ‘tempat’ yang cocok untuk Anda. Jadi, siapkan daftar pertanyaan yang akan Anda berikan.

8. Jangan langsung setuju

Sama halnya dengan tidak langsung mengatakan ‘ya’ pada orang yang mengajak Anda resmi berkencan di pertemuan pertama, Anda juga tidak harus langsung menerima penawaran kerja yang datang. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari gaji, lokasi, jenjang karier, dan banyak lainnya. Mungkin saja ada tawaran lain yang lebih baik dalam beberapa waktu ke depan, kan?

9. Pasti akan mengalami kegagalan

Mencari kerja itu berat dan kemungkinan gagal diterima itu besar. Menunggu pekerjaan yang tepat datang pada Anda pasti sangat membosankan dan membuat Anda mendengar aneka penolakan. Asalkan terus berusaha dan menjadikan kegagalan sebagai pelajaran untuk jadi lebih baik, maka Anda pasti akan mendapatkan yang terbaik.

Sama seperti jodoh, Anda mungkin harus bertemu pria yang membuat Anda ‘belajar’ dan jadi lebih baik sebelum akhirnya bertemu pasangan hidup.

BACA JUGA: Tips Wawancara Kerja untuk Anak Muda Jaman Now

Cover: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top