Now Reading
Mengapa Orang Tipe Ekstrovert Bagus Menjadi Rekan Kerja? Ini 7 Alasannya

Mengapa Orang Tipe Ekstrovert Bagus Menjadi Rekan Kerja? Ini 7 Alasannya

Sisca Christina
Rekan Kerja Tipe Ekstrovert

Percaya diri dan pandai membangun jaringan adalah dua dari tujuh alasan mengapa mommies wajib punya rekan kerja tipe ekstrovert di dalam satu tim.

Introvert dan ekstrovert sama-sama punya keunggulannya sendiri dalam urusan profesional. Di dalam perusahaan, kedua tipe orang ini sama-sama dibutuhkan. Tapi di sini, kita mau bahas orang tipe ekstrovert di dalam kerja tim, yang disebut-sebut punya kemampuan ulung buat menggolkan proyek.

Menurut sebuah situs agensi layanan ketenagakerjaan di Arlington, Texas yang sudah berdiri selama lebih dari 50 tahun, orang tipe ekstrovert bisa sangat bagus untuk perusahaan. Selain itu, tentunya mereka juga bakal jadi rekan kerja yang asik. Berikut alasannya.

Rekan kerja tipe ekstrovert adalah good team player

Rekan kerja Tipe Ekstrovert Good Team Player
Foto: Freepik.com

Walau sebenarnya mereka sangat tertarik untuk menjadi pemimpin dan punya keterampilan untuk itu, namun mereka juga adalah team player yang bisa diandalkan. Mereka tahu bagaimana mengambil peran di dalam kerja tim, dan menggunakan keterampilan mereka. Untungnya punya rekan kerja tipe orang ekstrovert, mommies bisa mengharapkan hasil yang nggak mengecewakan.

Berani mengambil risiko

Di dalam pekerjaan, kombinasi tim dengan karakter safe player dan risk taker ada kalanya dibutuhkan. Supaya balance dan kaya akan sudut pandang sebelum mengambil keputusan. Nah, untuk tipe pekerja yang berani mengambil risiko ini ada di dalam diri si ekstrovert. Adanya tipe orang seperti ini sebagai rekan sekerja mommies, bisa membantu mendorong inovasi dan keluar dari zona nyaman untuk belajar hal baru dan bertumbuh.

Pandai membangun jaringan

Hari gini, networking nggak bisa dilepaskan dari kebutuhan dalam urusan profesional. Kalau mommies tipe introvert, masukkan rekan kerja ekstrovert di dalam tim mommies. Serahkan urusan membangun jaringan dengan klien atau calon klien, atau pihak-pihak lainnya yang mendukung keberhasilan project, kepada si ekstrovert. Yes, mereka diyakini pandai berbicara dengan orang lain dan mengembangkan jaringan tanpa perlu membangun hubungan terlalu dalam. Namun, Anda yang introvert biasanya bisa menciptakan hubungan yang lebih dalam dan bermakna. Jadi kombinasi introvert-ekstrovert dalam membangun jaringan, bisa lebih menguntungkan.

Rekan kerja tipe ekstrovert percaya diri

Image: Freepik.com

Kalau mommies merasa kurang percaya diri untuk tampil di depan, serahkan pada rekan kerja ekstrovert untuk cuap-cuap di depan klien. Kepercayaan diri rekan kerja yang ekstrovert bisa sangat membantu. Ketika mereka berbicara dengan percaya diri dan antusias, ini bisa membantu meyakinkan calon klien untuk close the deal dengan tim.

Mereka bisa menciptakan kesan pertama yang menyenangkan

Ini penting saat bertemu calon klien baru. Secara alami, si ekstrovert tahu cara memanfaatkan momen pertama agar berkesan. Secara intuitif, ia juga bisa memahami harus bagaimana bersikap pada orang yang berbeda karakter. Sehingga, walau baru pertama bertemu, rasanya nggak sekaku dan sedingin es. Bahkan, bisa meninggalkan kesan yang menyenangkan namun tetap respectful.

Baca juga: Keterampilan Ibu Rumah Tangga yang Bermanfaat untuk Dunia Kerja

Rekan kerja tipe ekstrovert berani mengemukakan pendapat

Karena suka berbicara, maka nggak heran kalau si ekstrovert suka mengungkapkan isi pikiran mereka. Mau itu baik atau buruk. Namun, nggak usah khawatir, mereka tetap terkendali. Punya rekan kerja seperti ini bakal bikin kehidupan harian di kantor jadi lebih hidup dan nggak flat. Plus, mommies juga akan tertransfer vibe buat berani berpendapat juga dari dia. Baik itu untuk speak up di dalam kantor maupun ketika menghadapi klien. Keuntungan lainnya, si ektrovert juga pandai berbicara abstrak. Yaaa… bisa dibilang mengembang-ngembangkan sesuatu jadi terlihat menarik dan menyenangkan. Yang seperti ini, bisa menggaet calon klien dan bantu buat gol-in proyek!

Mereka mampu menerapkan pengetahuan baru dengan cepat

Si ekstrovert memiliki kemauan dan kemampuan untuk belajar dan mencoba sesuatu yang baru. Nggak sampai di situ, mereka kemudian menggunakan apa yang diketahui, karena menurut mereka itu adalah cara terbaik untuk memperbaiki dan menyempurnakannya. Kalau rekan mommies adalah orang baru di kantor, artinya nggak perlu repot dan perlu waktu lama untuk mengajarinya.

Jadi, kalau ada rekan kerja tipe ekstrovert di kantor atau dalam bisnis mommies, nggak usah ragu untuk jadikan mereka satu tim!

Sumber: Burnett’s Staffing Inc.

Foto: Tirachardz – www.freepik.com

Baca juga: Kesalahan Karier yang Harus Dihindari di Usia 30-an, Wajib Tahu!

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top