Now Reading
Kesalahan Karier yang Harus Dihindari di Usia 30-an, Wajib Tahu!

Kesalahan Karier yang Harus Dihindari di Usia 30-an, Wajib Tahu!

kesalahan karier di usia 30-an

Ada beberapa kesalahan yang harus Anda hindari lakukan di usia 30-an demi kehidupan yang lebih baik! Ini daftarnya!

Memasuki usia 30-an ada banyak kesalahan yang harus Anda hindari lakukan, terutama kesalahan dalam urusan karier. Setelah banyak mencoba berbagai hal untuk menapaki karier impian dan berjuang untuk itu, sekarang adalah waktu untuk menjaga agar semuanya stabil.

Sayangnya ada banyak orang yang melakukan aneka kesalahan karier di usia 30-an ini dan membuat dirinya mengalami kesulitan. Mommies Daily pun merangkum beberapa kesalahan tersebut untuk Anda pelajari dan hindari. Tujuannya agar perjalanan karier Anda lancar dan membuat kehidupan jadi lebih nyaman.

BACA JUGA: Ingin Career Shift? Siapkan 7 Hal Ini

Kesalahan Karier yang Harus Dihindari di Usia 30-an

Ini dia daftar aneka kesalahan karier di usia 30-an yang seringkali dilakukan dan wajib Anda hindari!

1. Anda tidak memiliki tujuan

Mungkin tidak memiliki tujuan karier adalah hal yang umum bagi anak yang baru terjun dalam dunia kerja. Mereka akan melakukan apapun untuk mendapatkan uang. Namun pada titik tertentu, biasanya di usia 30-an, mungkin Anda sudah memiliki pengalaman, gelar, dan uang tapi menyadari kalau masih belum memiliki tujuan dalam karier Anda.

Jadi, temukan apa tujuan karier Anda sehingga membuat Anda bersemangat dan tertantang untuk terus bekerja lebih baik. Jika punya mimpi, mungkin sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengejarnya!

2. Tidak punya cadangan keuangan untuk masa depan

Kesalahan karier yang banyak dilakukan di usia 30-an lainnya adalah Anda tidak memiliki tabungan atau cadangan keuangan di masa depan. Mungkin di usia 20-an Anda banyak menghabiskannya untuk keuangan keluarga, biaya hidup sehari-hari, atau reward diri sendiri, seperti liburan atau membeli barang-barang incaran.

Namun tidak peduli sebanyak atau sesedikit apa gaji Anda meningkat, usahakan untuk menyisihkannya sedikit demi tabungan masa depan. Tentu Anda tidak mau merasakan kesulitan keuangan di masa tua, kan?

3. Tidak peduli hubungan dengan orang lain

Tidak ada yang salah dengan bekerja keras, terlebih jika tujuan Anda adalah mengumpulkan banyak uang. Namun kalau Anda bekerja terlalu keras dan mengabaikan hubungan pribadi dengan orang di sekitar, maka Anda akan tidak akan punya siapa-siapa ketika memutuskan untuk menetap di sebuah perusahaan.

Jadi, jalinlah hubungan baik dengan rekan kerja, atasan, atau bawahan. Buatlah kenangan karena semakin tua Anda, semakin sulit untuk membuat hubungan yang bermakna. Lakukan hal itu saat Anda masih muda.

BACA JUGA: Mengenal Teknik Pomodoro yang Bisa Diterapkan untuk Ibu Bekerja

4. Mengabaikan kesehatan

Demi bekerja keras Anda sampai melupakan kesehatan diri sendiri. Ini adalah salah satu kesalahan karier yang banyak dilakukan di usia 30-an. Tubuh Anda tidak sekuat dulu, lho. Jadilah sehat itu merupakan prioritas nomor satu. Jangan memasuki usia 30-an dengan menjadi lambat dan lelah sepanjang waktu. Anda bisa, kok, tetap sehat dan kuat di usia ini.

5. Mengabaikan tanggung jawab

Di usia 30-an ini Anda tidak bisa lagi lari dari tanggung jawab pekerjaan. Anda sudah masuk masa di mana Anda bertanggung jawab atas pekerjaan sendiri dan juga orang lain. Kalau sebelumnya Anda ingin menjadi tanggung jawab atasan, cobalah untuk tidak melakukan itu lagi di usia 30-an.

Sama seperti tidak memiliki rencana masa depan, tidak bertumbuh di tempat kerja akan menjadi kesalahan yang besar di masa depan. Menjadi orang yang bertanggung jawab bukan berarti Anda akan banyak kerjaan dan jadi tua, lho. Belajar caranya agar tetap awet muda, sambil tetap mampu menghadapi kenyataan. Itu akan sangat berharga untuk masa depan Anda.

6. Mengikuti skenario sosial

Banyak yang bilang kalau di usia 30-an sudah seharusnya punya jabatan yang bagus di kantor, sudah menikah, memiliki anak, atau sudah memiliki rumah. Jika Anda hidup mengikuti skenario sosial, tetapi dalam diri merasa belum mampu, maka hal itu akan sangat melelahkan.

Mungkin salah satunya memang benar tujuan Anda, tetapi Anda tidak perlu terlalu mengikutinya jika dirasa belum siap dari berbagai sisi. Jalani kehidupan dengan mendengarkan diri sendiri, memperhatikan peluang, mengabaikan saran yang tidak membantu atau harapan umum, dan tentu saja koreksi seperlunya.

7. Berhenti bersenang-senang

Karena dianggap sudah dewasa dan punya pekerjaan serta gelar yang keren, banyak orang di usia 30-an menganggap hal-hal yang mereka lakukan di usia 20-an dulu itu terlalu kekanak-kanakan. Hanya karena tidak lagi berusia 20-an bukan berarti Anda harus berhenti menikmati hidup. Banyak orang menghabiskan paruh awal kehidupan dewasanya untuk mengejar uang, dan itu seringkali membuat diri tidak bahagia dan lebih sinis tentang kehidupan.

Pergi berkencan dengan pasangan, ajak anak-anak jalan-jalan, nonton konser idola Anda dengan teman-teman terbaik. Selalu ingat bahwa uang yang Anda hasilkan dari kerja keras setiap hari tidak akan berguna jika Anda sengsara dan tidak menikmatinya.

BACA JUGA: Tampil Elegan dan Modern ke Kantor dengan 4 Padu Padan Busana Berikut Ini!

Cover: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top