Now Reading
15 Aturan Yang Wajib Dipatuhi Agar Bisa Berteman Dengan Mantan

15 Aturan Yang Wajib Dipatuhi Agar Bisa Berteman Dengan Mantan

Ingin punya hubungan baik dan berteman dengan mantan? Bisa saja. Syaratnya, Anda wajib terapkan aneka aturan ini. Non-negotiable!

Karena satu dan lain hal, seseorang bisa putus hubungan saat berpacaran, atau bercerai bagi yang sudah menikah. Sedikit sekali kisah perpisahan yang tidak meninggalkan luka dan air mata. Rasa sakit harus dilalui dan Anda harus bangkit kembali karena hidup terus berjalan.

Ini klise tapi benar adanya: waktu bisa mengobati luka. Suatu ketika nanti, Anda dan mantan mungkin akan berjumpa lagi, atau untuk pasangan yang bercerai, akan ada masa ketika mereka harus menelan ego karena harus kompak bekerjasama demi kebaikan anak-anak.

BACA JUGA: Pesan Untuk Para Mantan Pasangan

Aturan Berteman dengan Mantan

Pertanyaannya, mungkinkah Anda menjalin hubungan baik dan berteman dengan mantan tanpa merusak hubungan yang sedang dijalani saat ini? Sebenarnya bisa, asal 15 syarat ini Anda lakukan:

1. Jangan posting apa pun tentang mantan Anda

Salah satu batasan untuk berteman dengan mantan adalah Anda tidak boleh mengunggah tentang mereka di akun media sosial. Orang lain bisa salah menafsirkan hal tersebut. Mantan juga bisa salah paham karena mengira Anda belum move on dan bisa mengancam hubungan yang saat ini sedang ia jalani. Sampaikan secara langsung apa yang ingin Anda katakan daripada mengunggahnya di media sosial.

2. Stop stalking mantan

Demi ketenangan hati sendiri, please, jangan menguntit media sosialnya. Ini bisa membuat Anda baperan, cemburu, bahkan membencinya ketika tahu dia melakukan hal-hal yang tidak pernah ia lakukan saat bersama Anda.

3. Saling menghormati privasi

Anda tidak punya hak untuk mengetahui apa yang terjadi dalam kehidupannya setelah kalian berpisah. Baik Anda atau mantan tak punya kewajiban untuk saling menceritakan kehidupan masing-masing saat ini.

4. Jangan bandingkan hubungan yang dulu dengan sekarang

Apa yang terjadi antara Anda dan mantan adalah masa lalu. Itu artinya sekarang sudah selesai. Selain tidak menunjukkan rasa hormat kepada mantan, pasangannya, dan pasangan Anda saat ini, Anda juga bisa kecewa saat membandingkan hubungan di masa lalu dengan yang sekarang.

5. Hormati pasangan baru mantan

Pertimbangkan pasangan barunya. Ini bisa menjadi tantangan, terutama jika Anda masih punya rasa terhadap mantan. Hadapi kenyataan dengan lapang dada bahwa mantan sudah move on. Anda juga harus begitu.

6. Masa lalu biar jadi masa lalu

Jangan mengungkit masa lalu. Anda akan kehilangan kesempatan berteman dengan mantan jika coba-coba mengungkit kisah lama, bahkan jika itu sangat indah. Jika dia meragukan niat Anda berteman dengannya, mantan bisa menjauh bahkan membenci Anda.

7. Hanya bicara tentang topik yang positif dan ringan

Persahabatan yang baik dengan mantan berarti Anda harus menjaga percakapan tetap positif dan ringan. Jangan membicarakan penyebab kalian berpisah atau apa pun tentang masa lalu. Anda tetap boleh membicarakan hal-hal yang serius tapi harus berhati-hati agar tidak membuat mantan merasa tidak nyaman atau menyakiti perasaannya.

8. Hindari bicara tentang hubungan masa lalu Anda dengan pasangan baru si mantan

Jangan tergoda untuk membicarakan tentang mantan kepada pasangannya saat ini. Anda dan mantan kini hanya berteman, jadi biarkan hubungan baru mantan berkembang. Anda harus membiarkan mereka menemukan sendiri apa yang berhasil dan tidak untuk hubungan mereka.

BACA JUGA: Berhubungan Baik dengan Mantan Pacar, Yay or Nay?

9. Hanya memberi saran jika diminta

pasangan

Kebanyakan orang tidak akan suka menerima saran yang tidak diminta. Jadi, miliki batasan yang sehat dengan mantan. Anda hanya boleh memberi saran jika dia bertanya. Inisiatif salah tempat bisa membawa masalah.

10. Detail pribadi tentang kehidupan Anda hanya milik Anda

Meskipun Anda sekarang berteman, tidak perlu membagikan detail pribadi kehidupan Anda. Apalagi curhat tentang masalah Anda dengan pasangan saat ini.

11. Jangan kontak mantan kecuali sangat darurat

Anda sudah berteman dengan mantan, tapi bukan berarti Anda boleh mengontak dia kapan aja tanpa alasan penting. Ketika ngobrol hal-hal random dengan mantan, Anda bisa saja melewati batas dan malah mencederai pertemanan kalian. Plus, dia bisa mengira Anda ingin bersamanya lagi.

12. Bertemu ramai-ramai

Cara terbaik untuk bertemu dengan mantan adalah tidak berduaan saja. Apalagi ketika hubungan pertemanan baru dimulai. Lebih aman jika ada beberapa teman lain yang menemani. Ini juga akan menghindarkan Anda dari fitnah.

13. Buang barang-barang milik mantan

Ingat cerita kala Jeninifer Aniston membuang semua barang milik Brad Pitt setelah mereka bercerai? Ternyata itu keputusan tepat. Jika Anda masih menyimpan beberapa barang mantan, kami sarankan untuk membuangnya agar tidak perlu terkenang masa lalu dan bisa menjalin pertemanan murni dengannya.

14. Jangan bergenit-genit atau menyentuhnya

Menyentuh atau menggoda mantan adalah ide yang buruk karena ini bisa disalahartikan. Mantan mungkin berpikir Anda belum move on. Tambahan lagi, ini bisa melukai perasaan pasangan baru Anda dan pasangan barunya.

15. Membahas tentang pasangan baru Anda pada saat yang tepat

Anda berdua boleh membahas tentang hubungan baru kalian setelah pertemanan menjadi lebih nyaman dan terbukti murni. Ini menunjukkan Anda berdua sudah sama-sama melupakan masa lalu dan bahagia dengan hubungan masing-masing saat ini.

BACA JUGA: Bercerai dan Tetap Menjalin Hubungan Baik dengan Mantan, Bisa Kok!

Cover: Pexels

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top