Now Reading
5 Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Kualitas Udara

5 Rekomendasi Aplikasi Pendeteksi Kualitas Udara

dewdew
Aplikasi pendeteksi kualitas udara

Aplikasi pendeteksi kualitas udara bukan buat gaya-gayaan. Tapi justru penting buat kita, terutama yang punya kondisi khusus seperti alergi, untuk lebih tahu dan lebih paham dengan kualitas udara di sekitar kita. Dengan demikian, kita bisa antisipasi. Misalnya saja, menyiapkan masker khusus. Kalau perlu nggak usah keluar rumah sekalian. Kan sekarang kerja bisa dari mana saja. Hehehe…

IQAir AirVisual

aplikasi pendeteksi kualitas udara

Aplikasi ini bisa memetakan polusi udara di dunia, lho, termasuk di negara kita tercinta ini. Selain itu, aplikasi yang tersedia baik di Playstore maupun App Store ini mampu  menunjukkan kota mana yang memiliki tingkat polusi udara terburuk di dunia. Ada sekitar 10.000 lebih lokasi di dunia yang mampu dipantau oleh aplikasi ini. Selain realtime, terdapat informasi history-nya juga. Bahkan bisa forecasting segala. Tampilannya tersedia dalam 2D atau 3D. Plus dilengkapi pula dengan Air Quality Index (AQI) yang memperlihatkan seberapa parah tingkat polusi udara yang ditunjukkan. Konon, AQI pada aplikasi AirVisual ditentukan dari 6 macam polutan seperti PM 2,5, PM 10, karbon monoksida, asam belerang, nitrogen dioksida, serta ozon permukaan tanah.

Info BMKG

aplikasi pendeteksi kualitas udara

Nggak usah jauh-jauh, BMKG ternyata juga punya, lho, aplikasi pendeteksi kualitas udara. Aplikasi asal tanah air ini bahkan pernah menang di WMO International Weather Apps Award tahun 2020. Dalam mendeteksi kualitas udara, Info BMKG menggunakan Particulate Matter (PM 10) concentration, serta PM2.5 concentration. Selain pendeteksi udara, juga tersedia perkiraan gempa, cuaca, serta informasi iklim. 

UdaraKita

Meski baru bisa dioperasikan di area tertentu seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Bali dan Pekanbaru, aplikasi yang ada di Playstore ini sudah didownload lebih dari 10.000 orang, lho. Melalui aplikasi ini kita bisa mengetahui kualitas udara real time, jadi bisa mengantisipasi apa yang harus kita lakukan. Aplikasi UdaraKita menyediakan informasi harian, mingguan hingga tahunan. 

Plume Labs

Aplikasi yang punya rate bintang 5 di App Store ini juga merupakan aplikasi pendeteksi udara global. Mommies bisa cek secara live kondisi polusi udara street-by-street, terutama di area-area urban di seluruh dunia. Jadi mungkin saja tuh, kondisi polusi berbeda-beda setiap jalannya, meski berdekatan. Sama seperti IQAIR, Plume Labs juga memberikan data history di samping data real-time. Aplikasi ini juga bahkan memberikan kita tips mencari udara bersih di sekitar kita melalui fitur Clean-Air Coaching.

Breezo Meter

Aplikasi pendeteksi udara BreezoMeter ini bekerja menggunakan AI dan machine learning untuk mengumpulkan dan memahami data dari berbagai sumber, termasuk pada lebih dari 47.000 sensor di seluruh dunia. Sehingga menghasilkan informasi dan resolusi kualitas udara (dalam jarak 16,5 kaki). Bahkan aplikasi ini juga bisa mendeteksi data serbuk sari (salah satu penyebab alergi), polutan, dan kebakaran, di lebih dari 100 negara.

Baca juga: 10 Aplikasi Buat Anak Bikin Konten

Photo by Photoholgic on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top