Now Reading
Supaya Awet Muda, Ini Tips Perawatan Kulit Wajah Terbaik Untuk Usia 30-an

Supaya Awet Muda, Ini Tips Perawatan Kulit Wajah Terbaik Untuk Usia 30-an

Penting melakukan perawatan kulit wajah dengan benar di usia 30-an supaya penampilan Anda tetap segar dan terlihat awet muda.

Memasuki usia 30-an artinya Anda perlu mulai memperhatikan langkah perawatan kulit wajah yang diterapkan setiap hari. Kalau di usia 20-an Anda fokus mencoba dan mencari banyak produk kecantikan yang tepat untuk kulit wajah, maka di usia 30-an sedikit berbeda. Anda tetap bisa mencoba banyak hal baru tapi harus mulai dengan rutin.

Renée Rouleau, pakar kecantikan selebriti Hollywood, mengatakan bahwa di usia 30-an akan ada banyak stres dan perubahan hormonal yang bisa mendatangkan masalah pada kulit wajah. “Hormon pertumbuhan mulai melambat sehingga kulit tidak akan memperbaiki dirinya sendiri seperti yang terjadi pada usia 20-an. Jerawat juga akan sering muncul dalam bentuk jerawat kistik,” tambahnya dikutip dari Byrdie.

Selain itu, di usia 30-an ini akan banyak muncul bintik hitam, bekas jerawat yang sulit hilang, hingga garis halus yang sebelumnya tidak pernah ada. Jadi, penting sekali untuk mulai rutin melakukan perawatan kulit wajah terbaik di usia 30-an ini. Semua demi penampilan yang tetap sehat dan awet muda.

BACA JUGA: 4 Gaya Berpakaian di Usia 30-an Agar Tetap Stylish dan Awet Muda

Perawatan Kulit Wajah di Usia 30-an

1. Bedakan perawatan siang dan malam

Masih banyak orang yang menyangka bahwa perawatan kulit wajah siang dan malam itu hampir serupa. Padahal sebenarnya keduanya itu berbeda, lho. Di siang hari, kulit terpapar sinar UV dan polusi lingkungan yang bisa membuat kulit menua, sedangkan saat malam hari, kulit masuki mode perbaikan untuk pulih dari masalah yang terjadi sepanjang siang.

Jadi, langkah perawatan kulit wajah di usia 30an saat pagi hari yang tepat adalah menggunakan serum antioksidan dan sunscreen. Lalu untuk rutinitas malam hari, fokuslah pada peremajaan dengan menggabungkan beberapa produk, seperti retinol, peptida, eksfoliasi kimia, dan ditutup dengan krim malam.

2. Gunakan produk anti-aging

Dengan memulai memakai prosuk anti-aging di usia 30-an, Anda bisa mencegah tanda-tanda penuaan sehingga membuat penampilan terlihat lebih muda di masa depan. Anda bisa mulai dengan menggunakan retinol 1-2 kali seminggu, yang secara bertahap ditingkatkan hingga 3-4 kali penggunaannya.

“Setelah menggunakan retinol selama 6-9 bulan, Anda bisa beralih ke resep retinoid,” saran Renée. Mungkin diperlukan waktu sekitar enam minggu untuk melihat hasil dari penggunaan retinol itu. Jadi bersabarlah dan jangan buru-buru mengganti produk, ya!

3. Hindari pemakaian facial wipes

Kalau selama ini Anda memakai facial wipes untuk membersihkan sisa makeup, maka di usia 30-an ini kurangi atau hentkan penggunaannya. Kulit wajah Anda tidak sekuat di usia 20-an dulu, dan tisu wajah terlalu abrasif untuk kulit dan mungkin juga mengandung alkohol, yang bantu hapus makeup dengan cepat, tapi ternyata itu bisa mengganggu fungsi skin barries alami Anda, yang membuat kulit jadi sensitif dan kering.

4. Jangan berlebihan memakai bahan aktif dan asam

Menurut sebuah studi dari La Roche Posay, 62% wanita mengatakan kulitnya reaktif, mudah iritasi, dan tidak toleran, sehingga memilih produk skincare yang tepat itu sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Hal ini kemudian membuat banyak wanita mudah terobsesi dengan skincare yang kaya akan bahan aktif dan asam. Bukan tidak boleh, tetapi ketika memilih produk usahakan tidak terlalu terobsesi karena kulit wajah Anda juga perlu dirawat dan istirahat.

5. Jangan takut ke dokter kulit

Akan ada banyak perubahan kulit yang terjadi di usia 30-an. Kebanyakan orang, terutama wanita, mengalami kondisi tersebut dan merasa bisa mengatasi semua masalah itu dengan mencoba-coba aneka produk. Harapannya semua masalah bisa hilang dengan sendirinya. Padahal ada beberapa kondisi yang butuh bantuan ahli. Jadi, jika merasa ada perubahan yang membuat penampilan jadi terlihat tua atau mengganggu, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter kulit.

6. Micellar water bukanlah pembersih wajah utama

Micellar water bisa jadi pembersih wajah andalan ketika Anda berada di tempat yang tidak memiliki banyak air tapi ingin membuat wajah kembali bersih. Namun, micellar water bukan pengganti pembersih muka, lho. Di usia 30-an ini Anda harus cermat kala menghapus makeup dan membersihkan wajah usai beraktivitas.

Anda boleh hapus makeup dengan micellar water, tetapi setelah itu lanjutkan dengan pembersih wajah atau face wash untuk hasil yang lebih maksimal.

BACA JUGA: Kenali Perubahan Bentuk Vagina di Usia 20, 30, dan 40-an, Wajib Tahu!

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top