banner-detik
EDUCATION

Rekomendasi Sekolah Bidan Area Jabodetabek dan Jawa

author

RachelKaloh24 Jun 2022

Rekomendasi Sekolah Bidan Area Jabodetabek dan Jawa

Buat yang ingin mencoba menuntut ilmu di jurusan kebidanan, simak rekomendasi sekolah bidan berikut ini.

Setiap tahun ada sekitar 4,8 juta anak lahir di Indonesia. Dari angka tersebut, tentu tidak semuanya melahirkan di rumah sakit. Sebagian besar bayi ada yang lahir di fasilitas kesehatan umum seperti klinik, puskesmas, maupun tempat praktik bidan mandiri. Di sinilah peran bidan menjadi sangat penting dan hal inilah yang membuat profesi bidan kian menjanjikan. Tempo hari, saya membahas tentang profesi yang kelak bakal tergantikan oleh robot, dan tenaga kesehatan tidak masuk di dalamnya. Artinya, kesempatan untuk mencari pekerjaan dalam bidang kesehatan masih sangat menjanjikan. 

Jadi, buat Mommies yang ingin menilik jurusan kebidanan, karena keahlian ini pula dibutuhkan untuk mendukung kesejahteraan ibu dan anak, sekolah berikut ini bisa jadi pilihan.

Akademi Kebidanan Kartini Jakarta

Sebagai lembaga pendidikan tinggi swasta yang terakreditasi B, Akademi Kebidanan Kartini Jakarta bisa menjadi pilihan. Kampus ini didirikan oleh Ibu Haji Kartini S.SiT.,M.Kes sejak 17 Juni 2009 dan menyediakan program studi D3 Kebidanan, yang mempelajari berbagai macam bidang, seperti asuhan kebidanan komunitas, biologi dasar dan biologi perkembangan, kesehatan masyarakat, asuhan kebidanan nifas dan menyusui, mutu layanan kebidanan dan kebijakan kesehatan, dan lain sebagainya. 

Alamat: Jl. Ciledug Raya No.94-96, RT.9/RW.6, Cipulir, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12230

Website: https://akbidkartinijkt.ac.id/

Baca juga: Antara Dokter Kandungan, Bidan dan Doula, Apa Bedanya?

Akademi Kebidanan Sismadi

Merupakan perguruan tinggi swasta yang merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi tenaga kesehatan bidan pertama di Jakarta dan terakreditasi B. Kampus ini bervisi menciptakan tenaga bidan profesional dan berdaya saing tinggi sehingga bisa memberikan pelayanan kebidanan secara benar baik dan pantas sesuai dengan perkembangan IPTEK. Program studi Kebidanan di kampus ini tersedia untuk jenjang pendidikan D3 (Diploma 3). Kampus ini juga menyediakan beragam fasilitas demi kelangsungan pendidikan yang akan ditempuh.

Alamat: Komplek RS. Sukmul Sisma Medika, Jl. Cumi No.37A, RT.4/RW.8, Tj. Priok, Kec. Tj. Priok, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14330

Website: http://www.akbidsismadi.ac.id/ 

Universitas Binawan

Berlokasi di Jakarta TImur, Universitas Binawan merupakan salah satu pusat pendidikan tinggi di Indonesia yang berada di bawah badan penyelenggara pendidikan yayasan Binawan. Di sini tersedia Fakultas Keperawatan dan Kebidanan untuk jenjang pendidikan D3, dengan mata kuliah, seperti asuhan kebidanan persalinan, asuhan kebidanan kehamilan, hypnobirthing, dan lain sebagainya. 

Alamat:  Jl. Dewi Sartika No.25-30, Kalibata, Kec. Kramat jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630

Website: https://binawan.ac.id/ 

Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Merupakan Politeknik Negeri dengan akreditasi B, yang bernaung di bawah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sehingga para lulusannya berkesempatan untuk bekerja di berbagai macam instansi kesehatan pemerintah. Dengan visi menghasilkan tenaga bidan profesional yang mampu melaksanakan tugas kebidanan dengan baik, lulusan Poltekkes ini bisa langsung terjun ke masyarakat untuk mengabdikan diri. 

Alamat:  Jl. Melati 2 No.15, RT.001/RW.009, Jatiwarna, Kec. Pd. Melati, Kota Bks, Jawa Barat 17415

Website: https://www.poltekkesjakarta3.ac.id/jakarta3/ 

Akademi Kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta

Sekolah Kebidanan Jakarta ini sempat vakum sementara, tetapi pada tahun 2007 dihidupkan kembali dengan nama akademi kebidanan Yayasan Rumah Sakit Jakarta. Di sini tersedia program studi D3 Kebidanan dengan akreditasi C. 

Alamat: Komplek Taman Pondok Kelapa, Jalan Pondok Kelapa Raya Blok G No. 6, RT. 1 / RW. 1, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jl. Pd. Kelapa Raya 1 No.1, RT.1/RW.1, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Website: http://yayasanrsjakarta.org/ 

Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya yang berlokasi di Kota Malang membuka Program Studi Kebidanan untuk jenjang S1, tepatnya di bawah Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.

Alamat: Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya JL. Veteran Malang

Website: http://bidan.fk.ub.ac.id/

Universitas Airlangga

Kampus negeri lain di Jawa Timur ini juga membuka Program Studi S1 Pendidikan Bidan yang terakdreditasi A. 

Alamat: Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47 Surabaya – 60131

Website: https://bidan.fk.unair.ac.id/

Photo created by pch.vector – www.freepik.com

Share Article

author

RachelKaloh

Ibu 2 anak yang hari-harinya disibukkan dengan menulis artikel dan content di media digital dan selalu rindu menjalani hobinya, menjahit.


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan