Now Reading
Pekerjaan Ini Mungkin Akan Digantikan oleh Robot di Masa Depan

Pekerjaan Ini Mungkin Akan Digantikan oleh Robot di Masa Depan

RachelKaloh

Yang jadi saingan saat mengincar pekerjaan di masa depan bukan lagi sesama yang berpengalaman, tapi juga robot.

Bahkan dari sebelum pandemi pun, banyak pekerja yang sudah merasakan dampak negatif dari perkembangan teknologi, terutama robot, yang oleh manusia sendiri dimampukan untuk menggantikan posisinya dalam sebuah pekerjaan. Mungkin sekilas kita melihat peran robot itu sebagai sesuatu yang memudahkan kehidupan. Namun, kita tidak bisa mengelak dari kenyataan bahwa suatu saat, robot akan mengambil alih pekerjaan kita. Bila selama ini kita bersaing dengan sesama manusia dan pengalaman menjadi nilai penentu siapa yang bisa menduduki suatu jabatan, di masa depan, kita bersaing dengan robot. 

Masih ingat, kan, dulu setiap masuk dan keluar tol, ada penjaga gerbang yang berwujud manusia, sekarang kita hanya tinggal tap e-money saja. Demikian juga dengan self service saat mengisi bensin. Bagaimana di masa depan, pekerjaan apa lagi yang bisa digantikan robot?

Kasir

Self checkout kini sudah makin sering kita temukan, dari restoran, toko peralatan olahraga, bahkan mini market. Di negara berkembang seperti Jepang, hal ini sudah menjadi bagian dari keseharian mereka. 

Petugas kebersihan

Pada beberapa food court mall kini sudah diterapkan sistem kebersihan yang dijalani oleh robot, baik untuk mengantar makanan maupun untuk mengembalikan tray sehabis pakai. Kita sendiri sudah merasakan manfaat dari vacuum cleaner robot, kan, di rumah? 

Pegawai bank

Pekerjaan ini kerap menjadi incaran para fresh graduate. Namun di masa depan, posisi teller atau pegawai bank sangat mungkin digantikan oleh robot, mengingat kini proses pembuatan akun di banyak bank digital juga bisa dilakukan sendiri tanpa perlu mendatangi kantor cabang, dengan bekal selfie sambil pegang KTP.

Baca juga: 4 Profesi Unik di Drakor untuk Inspirasi Karier Anak di Masa Depan

Operator dan customer service

Ketika kita menghubungi layanan pelanggan, hampir dapat dipastikan kita akan terhubung dengan operator. Sama halnya ketika kita menghubungi layanan pelanggan via Whatsapp, biasanya pesan kita akan dibalas oleh chatbot dengan kata lain layanan robot. Teknologi ini memanfaatkan kalimat pertanyaan maupun kalimat perintah yang umumnya datang dari customer. 

Sama halnya ketika kita menerapkan smart living di rumah. Asal suara kita sudah terekam dalam voice recognition, lampu bisa dimatikan, tirai bisa dibuka. 

Bartender dan barista

Kedai kopi lokal masih menjamur di Indonesia. Namun, kita pasti tidak jarang menjumpai mesin pembuat kopi otomatis, kan? Di masa depan, bisa saja perusahaan besar yang menjual kopi menerapkan sistem robot dalam pelayanannya. Standarisasi produk, tentu bisa lebih terjamin karena takaran minuman dilakukan oleh mesin. 

Analisis dan peneliti

Mommies yang pekerjaan sehari-harinya membutuhkan insights, pasti sudah biasa mencari dokumen penyerta setiap kali menyajikan data. Dapatnya dari mana? Bisa dari Google atau dari situs-situs yang memang khusus menyajikan riset. Tentu tidak mengherankan bila di masa depan nanti, pekerjaan analisis dan peneliti bukan lagi dilakukan oleh manusia, melainkan robot.

Supir bahkan pilot

Mobil dan motor listrik bukanlah hal baru buat kita. Bulan Mei lalu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meresmikan uji coba kendaraan listrik otonom pertama di Indonesia. Mobil listrik berkapasitas 15 orang tanpa sopir ini akan bisa digunakan oleh masyarakat di area Qbig BSD, Tangerang. MRT yang sudah sering kita gunakan pun berjalan tanpa pengemudi. Kalau mobil dan kereta saja bisa, bisa-bisa dua tahun ke depan kita bakalan naik pesawat tanpa pilot. 

Apakah pekerjaan Mommies salah satunya? Kalau ya, mungkin saat pertimbangkan untuk karir shift!

Baca juga: Ingin Career Shift? Siapkan 7 Hal Ini

Robot hand photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top