banner-detik
SELF

Kenali Arti Simbol di Dashboard Mobil Saat Menyala

author

dewdew13 Jun 2022

Kenali Arti Simbol di Dashboard Mobil Saat Menyala

Daripada kenapa-napa di jalan pas lagi nyetir sendirian, perhatikan simbol di dashboard sebelum berangkat. Jika menyala merah atau kuning, hati-hati, ya!

Siapa di sini yang menyerahkan servis mobil secara penuh sama suami? Ehem, saya ngaku, deh. Kalau sudah urusan mobil, saya maunya tinggal pakai aja. Apalagi kalau kita sendiri lebih suka ‘setir kiri’ alias disupirin. Tapi, supaya nggak buta-buta amat urusan mobil dan seketika lagi sering nyetir sendiri, berikut beberapa simbol di dashboard yang harus kita perhatikan. Simbol-simbol di dashboard yang menyala baiknya kita waspadai daripada kenapa-napa di tengah jalan pas kita lagi nyetir sendirian. 

Berikut ini arti dari tanda-tanda di dashboard yang paling umum ada di setiap mobil keluaran tahun-tahun terakhir. Yang mesti mommies ketahui bila lampu pada tanda di dashboard tersebut menyala dan berwarna merah, artinya itu adalah peringatan bahaya dan harus segera diperiksa. Sementara untuk lampu kuning atau oranye, mobil harus diperiksa sesegera mungkin. 

Umumnya sebagian besar lampu dan simbol peringatan pada dashboard mobil harus menyala selama 3-5 detik setelah Anda menyalakan kunci kontak, tetapi jika tetap menyala saat mesin hidup, mungkin ada sesuatu yang salah dan perlu diperbaiki. Jika mommis tidak dapat menemukan simbol tanda hubung yang  dicari, bisa cek buku manual kendaraan, ya.

1. Check Engine Light

Kalau simbol Check Engine Light menyala, hal ini menunjukkan ada yang salah dengan sistem kelistrikan mesin mobil. Bisa jadi karena sensor mesin yang rusak atau ada bagian lain yang rusak pada mesin. Sebagian besar terjadi karena ada yang salah dengan sistem kontrol emisi.

2. Anti-lock Braking System

Jika simbol ABS sampai menyala pada dasbor ini bisa berarti ada masalah dengan sistem pengereman anti-lock. ABS diperlukan untuk menjaga roda kendaraan agar tidak selip saat traksi hilang atau saat pengemudi perlu menginjak rem. Peringatan tersebut berusaha memberi mommies info kalau sistem tersebut sedang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

3. Airbag Indicator

Saat lampu indikator airbag menyala itu artinya ada masalah dengan sistem airbag.  Airbag tidak akan mengembang jika nanti terjadi kecelakaan. Segera periksakan ke bengkel langganan, ya. 

Baca juga: Hati-Hati Jangan Tinggalkan 7 Barang Ini Di Dalam Mobil

4. Oil Level Warning Light

Saat lampu peringatan level oli menyala dalam warna kuning, ini menunjukkan level oli mesin rendah. Level oli harus diperiksa sesegera mungkin. Kemungkinan besar terjadi karena kebocoran oli.

5. Oil Pressure Warning

Sementara bila lampu peringatan tekanan oli berwarna merah, hal ini menunjukkan tekanan oli rendah di mesin. Mesin harus segera dimatikan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

6. Battery Charge Warning

Mommies harus hati-hati bila simbol peringatan pengisian daya baterai menyala. Ini berarti generator tidak mengisi daya baterai dengan benar dan mesin mobil berisiko mati karena kapasitas baterai rendah.

7. Coolant Temperature Warning Light

Perhatikan jika lampu peringatan suhu mesin menyala, karena ini berarti suhu cairan pendingin mesin tinggi dan mesin harus segera dimatikan untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

8. Tire Pressure Warning Light

Segera laporkan ke bengkel langganan bila lampu peringatan tekanan ban menyala. Karena ini menunjukkan kalau tekanan udara rendah di salah satu ban, atau bahkan lebih dari 1 ban. Hal ini juga dapat disebabkan oleh sensor tekanan ban yang rusak atau tidak dikalibrasi.

9. Traction Control/ESP Light

Jika lampu kontrol ESP atau Traksi menyala merah, ini menunjukkan adanya masalah dengan sistem kontrol traksi. Sistem kontrol traksi  tidak akan berfungsi saat lampu menyala. Hal ini dapat berbahaya. Segera hubungi bengkel, ya, mommies.

10. Service Engine Soon

Ada masalah kecil pada mesin atau level cairan rendah jika lampu simbol Service Engine Soon menyala. 

11. Low Washer Fluid Light

Level cairan washer kaca depan rendah atau terjadi error system jika mommies menemukan simbol tersebut menyala pada dashboard. 

12. Automatic Shift Lock 

Jika simbol kunci pemindah gigi otomatis menyala, hal ini menunjukkan pedal rem tidak ditekan dan mobil tidak mau nyala, serta pemindah gigi tidak mau pindah dari posisi Parkir.

Baca Juga: Dunia Kerja Dari Sudut Pandang Pasangan Childfree

Masih ada lagi simbol di dashboard yang perlu mommies ketahui. Jika buku manual masih ‘ngilang’ dari peredaran, mungkin mommies bisa cek dulu di sini buat jaga-jaga.

Photo by Dennis Eusebio on Unsplash

Share Article

author

dewdew

Mother of Two. Blogger. Make-Up Lover. Skin Care Amateur. Beginner Baker. Entrepreneur Wannabe. And Everything in Between. www.therusamsis.wordpress.com


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan