banner-detik
SELF

MD Review Head to Head: Menstrual Cup Organicup VS Perfecup

author

retinaputri12 Jun 2022

MD Review Head to Head: Menstrual Cup Organicup VS Perfecup

Berencana beralih ke menstrual cup? Baca dulu review kami tentang dua menstrual cup untuk membantu Mommies memilih.

Pasti mommies sudah sering dengar mengenai menstrual cup. Lihat-lihat di market place ternyata sekarang menstrual cup hadir dengan banyak pilihan merek dan harga. Nah, setelah lebih dari 3 tahun mengganti penggunaan pembalut sekali pakai menjadi menstrual cup, berikut adalah dua merek yang pernah dan masih saya gunakan.

Baca juga: Rekomendasi Menstrual Cup Untuk Ibu Bekerja

Photo by Oana Cristina on Unsplash

Menstrual Cup: PerfeCup

Waktu pemakaian: 3 bulan

Harga: Rp 149,500

Size: S

Detail produk:

Perfecup adalah menstrual cup yang terbuat dari 100% silicon grade A. Hadir dengan 5 pilihan warna yaitu Snow White, Tiffany blue, Baby Pink, Lavender purple dan Rose Red. Pada setiap pembelian menstrual cup Perfecup akan dilengkapi dengan cotton bag dan juga storage cup dengan warna yang senada.

Perfecup tersedia dalam 3 pilihan size, yaitu

  • Size XS (diameter 3.8cm x tinggi 5.5cm), direkomendasikan untuk wanita yang belum menikah / belum sexually active.
  • Size S (diameter 4cm x tinggi 7cm), direkomendasikan untuk wanita yang belum pernah melahirkan pervaginam.
  • Size L (diameter 4.5cm x tinggi 8cm), direkomendasikan untuk wanita yang sudah pernah melahirkan pervaginam atau berusia di atas 30 tahun.

Review:

Perfecup memiliki tekstur silicon yang cukup tebal. Gagang menstrual cup-nya berbentuk pipih dan relatif panjang sehingga untuk saya lebih nyaman setelah gagangnya ini digunting satu ruas. Perfecup juga memiliki cawan yang cukup besar dan walaupun berwarna muda tetapi mudah dibersihkan setelah digunakan.

Baca juga: Benarkah Menstrual Cup Bisa Bikin IUD Jebol?

Menstrual Cup: Organicup

Waktu pemakaian: 3 tahun

Harga: Rp 370,000

Size S

Detail produk:

Organicup merupakan salah satu brand yang sudah cukup lama mengeluarkan produk menstrual cup. Hadir dengan warna natural (tanpa ada tambahan zat pewarna), organicup terbuat dari 100% medical grade silicon. Pada setiap pembaliannya, mommies juga akan mendapatkan pouch untuk menyimpan menstrual cup.

Organicup tersedia dalam 3 pilihan size, yaitu:

  • mini (diameter 3.7cm x tinggi 5.8cm), direkomendasikan untuk wanita yang belum menikah / belum sexually active.
  • Size S (diameter 4cm x tinggi 6.5cm), direkomendasikan untuk wanita yang belum pernah melahirkan pervaginam.
  • Size L (diameter 4.5cm x tinggi 7cm), direkomendasikan untuk wanita yang sudah pernah melahirkan pervaginam atau membutuhkan daya tamping yang besar

Review:

Pertama kali pegang menstrual cup dari Organicup terasa memang produk ini cukup kuat, silicon-nya transparan serta firm bukan yang meleyot-meleyot. Gagangnya berbentuk bulat sehingga ketika akan mengeluarkan menstrual cup dari vagina, gagangnya nyaman saat ditariknya. Panjang dari gagangnya pun cukup ideal jadi saya tidak perlu digunting lagi.

Head to Head

Kedua produk memiliki kualitas yang baik. Tekstur silicon keduanya juga hampir sama. Ketika digunakan Perfecup masih cukup berasa mengganjal di awal, mengingat size cup yang lebih besar dan gagangnya juga lebih panjang. Namun seiring berjalannya waktu rasa mengganjalnya juga akan hilang, sedangkan untuk Organicup memang langsung nyaman ketika digunakan.

Karena perbedaan size ini pula menyebabkan Perfecup memiliki daya tampung yang lebih banyak, sehingga jeda pembersihannya juga bisa lebih panjang ketika digunakan. Untuk proses pembersihannya kedua produk sama-sama mudah dibersihkan.

My Choice

Berdasarkan perbandingan di atas, jika saya harus pilih satu saya akan memilih organicup, karena memang sedari awal sudah lebih nyaman digunakan tanpa perlu di-adjust. Walaupun harganya lebih mahal, tetapi dengan silicon yang medical grade membuat saya lebih berani untuk penggunaan jangka panjang.

Bagaimana dengan Mommies? Kalau sudah pakai dan ingin menuliskan review juga. bisa langsung tulis review-nya di MD Reviews ya.

Share Article

author

retinaputri

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan