banner-detik
PARENTING & KIDS

4 Artis Indonesia Ini Memilih Childfree, Alias Tidak Ingin Punya Anak

author

Dhevita Wulandari12 Jun 2022

4 Artis Indonesia Ini Memilih Childfree, Alias Tidak Ingin Punya Anak

Menuai pro dan kontra, beberapa artis Indonesia ini ternyata memilih childfree dengan alasannya masing-masing. Siapa sajakah mereka?

Sempat mencuat dan ramai diperbincangkan, childfree di Indonesia banyak menuai baik kritik maupun dukungan. Namun apa sebenarnya makna dari childfree ini?

Dikutip dari Fertility Smart, Childfree adalah istilah yang digunakan dan ditujukan pada orang dewasa yang tidak memiliki anak, baik dalam keadaan biologis, adopsi, atau lainnya. Istilah childfree sendiri biasanya digunakan untuk menggambarkan orang dewasa yang telah memilih untuk tidak memiliki anak.

Namun, istilah ini juga digunakan untuk mereka yang tidak dapat memiliki anak, seperti orang-orang yang berjuang dengan tidak ketidaksuburan atau yang telah menyelesaikan ketidaksuburan yang dialami dengan keputusan untuk tidak memiliki anak. Childfree juga dikenal sebagai childfree by choice atau tanpa anak karena pilihan.

Penulis buku Childfree & Happy, Victoria Tunggono, mengatakan menjadi orang tua itu tidak hanya siap dari materi dan fisik saja, namun juga harus disertai dengan adanya kesiapan mental untuk melayani anaknya di kemudian hari.

Ada beberapa alasan mengapa seseorang memilih untuk childfree. Di antaranya karena fisik yang tidak mampu (mempunyai penyakit atau secara fisik tidak bisa memiliki anak), psikologis, ekonomi, lingkungan, hingga alasan personal.

BACA JUGA: Saat Childfree Menjadi Pilihan Hidup, Ini Alasan Mereka!

Di Indonesia, persentase childfree hanya sekitar satu hingga dua persen dari total populasi Indonesia. Dari angka persentase yang sangat kecil ini, ada beberapa artis atau selebriti Indonesia yang memilih childfree lho, Mommies. Siapa sajakah mereka?

Anya Dwinov

memilih childfree

Foto: Instagram anyadwinov

Anya Dwinov memiliki alasan tersendiri dengan memutuskan untuk childfree. Alasannya yaitu karena ia tidak ingin menambah populasi manusia di dunia yang sudah semakin sesak. Keputusan Anya Dwinov ini pun didukung oleh ibu dan kekasihnya. Anya dan kekasihnya, Hadi, sudah menjalin hubungan selama lebih dari 10 tahun. 

Cinta Laura

Foto: Instagram claurakiehl

Mengambil pendidikan tinggi di luar negeri, Cinta Laura merupakan selebriti yang dikenal dengan citranya yang positif. Ia juga kerap diundang ke acara-acara seminar dan debat untuk menyuarakan empowering women dan anti kekerasan. Ada alasan mengapa Cinta memilih untuk childfree. Ia lebih memilih untuk mengadopsi anak. Keputusan tersebut merupakan pengalaman pribadinya dan merasa prihatin melihat masih banyak anak yang tidak mendapatkan kasih sayang orangtuanya.

Chef Juna

Foto: Instagram junarorimpandeyofficial

Chef yang dikenal cuek dan dingin ini juga menjadi salah satu selebriti Indonesia yang memilih untuk childfree. Chef Juna mengatakan bahwa menikah dan punya anak bukan menjadi prioritas utamanya. Namun, ia juga menyerahkan keputusan ingin memiliki anak atau tidak kepada istrinya. Apabila sang istri tidak ingin punya anak, maka ia juga akan mendukung keputusan istrinya tersebut.

Gita Savitri

Foto: Instagram gitasav

Influencer dan penulis buku, Gita Savitri sempat viral di media sosial karena keputusannya untuk childfree. Gita dan suami mengungkapkan bahwa memiliki anak merupakan sebuah tanggungjawab yang besar. Ia juga mengatakan lebih mudah untuk tidak punya anak dibanding punya anak dan banyak hal preventif yang bisa dilakukan untuk tidak punya anak. Pernyataannya ini tentu membuat banyak orang pro dan kontra karena terdengat sangat ekstrem. Hingga saat ini ia dan suaminya memutuskan untuk tidak memiliki anak dan hidup berdua dengan bahagia bersama sang suami. 

BACA JUGA: Ini Dunia Kerja dari Sudut Pandang Pasangan Childfree!

Cover: Freepik

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS