banner-detik
PARENTING & KIDS

MD 911: Psikolog Anak Menjawab Pertanyaan Anak di Hari Anak Internasional, Berhasilkah?

author

Dhevita Wulandari01 Jun 2022

MD 911: Psikolog Anak Menjawab Pertanyaan Anak di Hari Anak Internasional, Berhasilkah?

Di MD 911 edisi Hari Anak Internasional kali ini, apakah para psikolog anak berhasil menjawab 11 pertanyaan anak yang unik dalam waktu 9 menit? Tonton selengkapnya di sini.

Sejak 1950, tanggal 1 Juni ditetapkan dan disepakati banyak negara sebagai Hari Anak Internasional, lebih tepatnya sebagai Hari Internasional untuk Perlindungan Anak-anak (The International Day of Protection of Children).

Penetapan tersebut resmi ditetapkan pada 4 November 1949 sesuai hasil Kongres Federasi Demokrasi Internasional Wanita (Women’s International Democratic Federation) di Moskow. Peringatan ini biasanya dirayakan di beberapa negara Asia, Eropa, Afrika, hingga Amerika Latin.

Pada saat itu, komitmen konferensi dunia dalam memperingati Hari Anak Internasional setiap tahunnya adalah untuk menghormati anak-anak dan mengakui atau meningkatkan kesadaran atas hak-hak setiap anak tanpa memandang warna kulit, ras, jenis kelamin, agama, kebangsaan, hingga kondisi ekonomi sosialnya.

Faktanya, ada beberapa hari anak yang sering kali membuat bingung dan tertukar. Di Indonesia sendiri, ada juga peringatan Hari Anak Nasional setiap 23 Juli berdasarkan keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984 pada 19 Juli 1984.

Selain itu, ada juga Hari Anak Sedunia atau Hari Anak Universal (Universal Children’s Day) yang diperingati setiap 20 November. Peringatan ini dimulai sejak 1946, ketika Majelis Umum PBB membentuk UNICEF (United Nations Children’s Fund). Pada saat itu, tujuannya adalah untuk menyediakan bantuan darurat yang berbentuk makanan dan perawatan kesehatan bagi anak-anak yang menjadi korban Perang Dunia II.

Namun, seiring berjalannya waktu, tugas UNICEF menjadi lebih luas. Beberapa di antaranya adalah untuk menyelamatkan kehidupan anak-anak, membela hak anak-anak, hingga memberikan pendidikan bagi mereka.

Kali ini, Mommies Daily turut memperingati Hari Anak Internasional dengan mengundang 3 psikolog anak yaitu Margareta Triastuti, M. Psi., Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi., dan Irma Gustiana Andriani S, Psi, M.Psi, Psi, PGCertPT, di segmen MD 911 untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan anak yang unik, ajaib, dan sering membuat bingung.

Untuk melihat apakah ketiga psikolog anak hebat ini berhasil menjawab 11 pertanyaan dalam total waktu 9 menit yang dibagikan secara merata, tonton selengkapnya di channel YouTube Mommies Daily berikut ini, yuk!

BACA JUGA:

Aneka Fakta Penting di Balik Hari Anak Internasional yang Perlu Diketahui

3 Pilihan Investasi untuk Dana Pendidikan Anak

Cover image: Mommies Daily

Share Article

author

Dhevita Wulandari

-


COMMENTS