banner-detik
PARENTS

Tarif Bulanan Panti Jompo dan Rusun Khusus Lansia dari yang Biasa Hingga Ekslusif Tahun 2022

author

Katharina Menge29 May 2022

Tarif Bulanan Panti Jompo dan Rusun Khusus Lansia dari yang Biasa Hingga Ekslusif Tahun 2022

Untuk Anda yang sedang mencari rekomendasi panti jompo dan rusun lansia terbaru di tahun 2022, berikut ini Mommies Daily rangkum informasi terbarunya.

Meski rasanya ingin terus tinggal bersama orang tua, tetapi ada banyak orang tua yang sudah lanjut usia lebih memilih tinggal di panti jompo atau rusun khusus lansia. Salah satu alasannya karena mereka lebih nyaman tinggal dengan orang-orang yang sudah seusia mereka. Rasanya jadi memiliki teman untuk mengobrol ketimbang di rumah sendirian ditinggal kerja oleh anak-anaknya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh banyak komunitas Mommies Daily yang memilih untuk tinggal di panti jompo di masa tuanya nanti. Mommies Daily pun mempersiapkan data-data dan informasi yang mungkin dibutuhkan untuk persiapan Anda semua, termasuk tarif bulanan dan biaya lainnya.

BACA JUGA: Negara Ramah Lansia, Negara yang Seperti Apa?

Tarif Panti Jompo dan Rusun Lansia Sekaligus Tarifnya

Ini beberapa update untuk tarif bulanan panti jompo dan rusun lansia di tahun 2022!

1. Panti Wredha Salam Sejahtera

Salah satu yang menarik dari panti ini adalah Anda bisa memilih tinggal di kamar sendiri dan tidak berbagi, jika merasa tidak nyaman bersama orang lain. Dilengkapi dengan fasilitas terbaik, seoerti ruang serbaguna, perpustakaan, ruang ibadah, dan taman untuk bersantai di sore hari.

Tersedia juga klinik yang bekerja sama dengan panti yang bisa dikunjungi jika lansia memiliki masalah kesehatan mendadak. Pemeriksaan kesehatan rutin tetap dilakukan sesuai jadwal. Untuk hiburan, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seperti karaoke, senam, kelas menjahit, melukis, dan yang lainnya.

Alamat: Jalan Raya Pajajaran No. 38B, Bantarjati, Bogor Utara, RT 03/RW 005, Bantarjati, Jawa Barat 16153
Telepon: (0251) 8385929
Biaya per bulan: Rp3,5-Rp5 juta sesuai kamar yang dipilih

2. Panti Jompo Karya Kasih

Tidak banyak yang berubah dari apa yang ditawarkan Panti Jompo Karya Kasih di tahun 2021 lalu. Biaya yang diberikan tetap terjangkau dengan fasilitas yang nyaman untuk para lansia. Satu kamar diisi oleh 2-3 orang dengan kebutuhan dasar dan makan yang terpenuhi.

Kebersihan areanya selalu dijaga dengan maksimal sehingga memudahkan kegiatan yang dilakukan oleh para lansia setiap harinya. Kegiatannya antara lain aneka aktivitas olahraga dan juga kegiatan spiritual.

Alamat: Jl. Kramat Kwitang I A No.10, RT05/RW 004, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat 10420
Telepon: (021) 3901705
Uang pangkal: 3,5 juta
Biaya per bulan: 2 juta

3. Sasana Tresna Wredha (STW) RIA Pembangunan

Sudah berdiri tahun 1984, STW RIA Pembangunan memiliki kamar yang cukup banyak dan fasilitas yang lengkap. Setiap kamarnya, yang terdiri dari kamar reguler dan VIP, dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, pakaian, dan kamar mandi.

Tak hanya untuk lansia yang sehat, bagi yang memiliki masalah kesehatan dan butuh bantuan juga disediakan layanan khusus. Meski berbeda jenis kamar, tetapi fasilitas dan kegiatan yang diberikan tidak berbeda, seperti kegiatan olahraga, pemeriksaan kesehatan, kegiatan keagamaan, hingga hiburan lainnya.

Alamat: Jl. Pusdika, RT 08/RW 007, Cibubur, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur 13720
Telepon: (021) 87753203
Biaya per hari: Rp400.000 untuk semua kelas

BACA JUGA: 3 Vaksinasi Penting Untuk Lansia Tersayang

4. 247 Wulan Healthcare

tarif panti jompo

Untuk masuk di 247 Wulan Healthcare pertama-tama para lansia harus melalui screening kesehatan untuk melihat kondisi dan pelayanan yang akan diberikan nantinya. Jika lansia memiliki penyakit menular dan sedang dalam kondisi dirawat di rumah sakit maka belum memenuhi standar untuk bisa tinggal di sini.

Ada perawat yang siap membantu para lansia 24 jam dengan dilengkapi perlengkapan medis yang memenuhi standar. Fasilitasnya juga lengkap, seperti nursing home reguler, CCTV, dokter, makanan lengkap (3 makan, 2 kali snack), dan laundry.

Alamat: Komplek Perumahan Taman Bougenville. Jalan Aster 3, Blok B1, No.7, Caman Raya, Jatibening.Bekasi 17412
Telepon: 081210909002
Biaya administrasi: 2 juta
Deposito: 7-14 juta (tergantung jenis kamar)
Biaya per bulan: 7-14 juta (tergantung jenis kamar)

5. Panti Wredha Wisma Mulia

Panti yang berada di bawah Kongres Wanita Indonesia (Kowani) ini memiliki banyak fasilitas lengkap. Mulai dari aula, ruang makan, dan taman di lantai satu untuk tempat khusus para tamu berbincang dengan lansia. Setiap kamarnya juga dilengkapi dengan kasur, lemari pakaian, dan kamar mandi.

Ada juga kegiatan yang bisa diikuti oleh para lansia, seperti kegiatan menggambar, merajut, dan lainnya. Karena sudah berdiri sejak 58 tahun yang lalu, tentu kualitas Panti Wredha Wisma Mulia tak perlu lagi diragukan. Kini sudah tersedia gedung baru yang bisa menampung lebih banyak lansia.

Telepon: (021) 5683603
Biaya administrasi (uang pangkal): 4 juta
Biaya per bulan: 2 juta

6. Graha Wredha AUSSI

Ada tiga jenis kamar yang bisa dipilih para lansia di sini. Antara lain adalah kamar Standar, VIP, hingga VVIP. Masing-masing dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, meja rias, kamar mandi dengan air panas, dan dingin. Perbedaannya hanya pada penggunaan AC yang hanya ada di kamar VIP dan VVIP. Kamar standar masih menggunakan exhaust fan.

Terletak di area yang asri, tentu suasananya nyaman untuk menghabiskan waktu santai. Ditambah lagi ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh para lansia, mulai dari senam, yoga, melukis, bermain musik, hingga bernyanyi.

Alamat: Jalan Bandung No 25, Bukit Cinere Indah
Telepon: (021) 754 0864, 754 1017, 754 0579
Biaya per bulan: 5,5 juta-20 juta (tergantung jenis kamar)

7. Rukun Senior Living (RSL)

Jika mencari hunian eksklusif untuk lansia maka salah satu yang bisa dipertimbangkan adalah Rukung Senior Living (RSL). Terdaoat tiga tipe apartemen yang disediakan, mulai dari Ideal Suite, Deluxe Suite, dan Supreme Suite. Tentu saja masing-masing punya biaya yang berbeda. Untuk lansia yang tidak independent atau membutuhkan bantuan akan ada biaya tambahan yang dikenakan untuk memaksimalkan pelayanan yang diberikan.

Terletak di area Sentul. kondisi lingkungan RSL ini sejuk dan masih alami karena dikelilingi oleh pepohonan dan danau buatan. Membuat para penghuninya dijamin betah menikmati waktu mereka. Tarif panti jompo yang satu ini belum berubah dari tahun 2021 lalu.

Alamat: Kawasan Darmawan Park, Jalan Babakan Madang 99, Sentul Selatan, Bogor 16810
Telepon: (021) 87951525
Biaya per bulan: 19.5-32,4 juta (single), 27-45 juta (couple)

BACA JUGA: Merawat Orangtua: Di Rumah Atau Rumah Jompo?

Foto: Freepik, Pexels 

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan