Now Reading
MD School Tour: SD Kembang, Save Heaven untuk Para Murid dan Guru

MD School Tour: SD Kembang, Save Heaven untuk Para Murid dan Guru

Dhevita Wulandari

Menjadi “save heaven” bagi para murid dan guru, SD Kembang juga mengajarkan anak-anak bertanggungjawab atas pilihannya. Selengkapnya di MD School Tour.

Sudah berdiri sejak 1974, Sekolah Kembang awalnya hanya berupa sebuah kelas kecil. Sekolah Dasar Kembang terus tumbuh dan berkembang dengan menjaga visi dan nilai-nilai yang dipercayai untuk menghadirkan perubahan bagi diri dan lingkungan sekelilingnya.

Berlokasi di Kemang, Jakarta Selatan, SD Kembang yakin bahwa setiap anak memiliki suara untuk didengar, untuk memilih, dan bertanggungjawab atas setiap pilihan yang mereka buat dalam hidupnya.

Sekolah dasar yang satu ini juga memiliki suasana sekolah yang berbeda dengan sekolah lainnya. Jika Mommies mampir dan masuk ke dalam lingkungan sekolah, yang pertama ada di dalam pikiran mungkin terasa seperti sedang di rumah.

Ibu Lucky Palupi, Marketing dari SD Kembang, mengatakan, biasanya orang berpikir SD Kembang adalah sekolah internasional yang menggunakan kurikulum luar negeri. Namun sebenarnya, SD Kembang merupakan sekolah nasional yang menggunakan kurikulum nasional dari pemerintah.

SD Kembang memiliki tenaga pendidik yang mengembangkan isi kurikulum menjadi tema-tema yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak dan budaya dari SD Kembang sendiri. Program belajarnya pun unik, yaitu berbasis projek, di mana anak-anak memiliki kebebasan untuk memilih apa yang ingin mereka pelajari.

Selain menjadi “save heaven” atau sekolah yang nyaman dan aman dan bagi anak-anak, anak-anak juga bisa belajar sesuai cara mereka. Tentunya, anak-anak juga harus bertanggungjawab dalam melaksanakan pilihan mereka tersebut.

Selain itu, SD Kembang juga menerapkan budaya literasi pada anak-anak. Hal ini didukung dengan adanya fasilitas perpustakaan yang sangat nyaman dan buku-buku yang beragam.

Dalam sehari-hari, kegiatan dan percakapan yang digunakan di SD Kembang adalah dengan Bahasa Indonesia. Tidak hanya kegiatan dan percakapan saja, namun buku-buku yang digunakan juga menggunakan Bahasa Indonesia.

Untuk jam masuk sekolahnya, SD Kembang menerapkan masuk kelas pada jam 8 pagi. Lumayan lebih siang daripada sekolah lainnya bukan? Namun jangan tergiur dengan hal ini, karena jika murid telat, murid tidak boleh dan tidak diperkenankan untuk masuk sekolah dan harus pulang. Sehingga, semua murid harus datang tepat waktu dan sebelum jam 8 pagi.

Untuk mengetahui detail selengkapnya mengenai SD Kembang, tonton video MD School Tour berikut ini yuk, Mommies!

BACA JUGA:

SD Kembang: Ajarkan Anak Menjadi Diri Sendiri dan Berani Berpendapat

Persiapan Pengajuan Beasiswa untuk Mendukung Studi Anak

Cover image: Mommies Daily

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top