banner-detik
EDUCATION

5 Rekomendasi Tempat Kursus Art and Craft untuk Anak dan Kisaran Biayanya

author

Katharina Menge27 May 2022

5 Rekomendasi Tempat Kursus Art and Craft untuk Anak dan Kisaran Biayanya

Yuk, gali dan kembangkan bakat seni anak dengan mendaftarkan mereka ikut kursus art and craft! Cek beberapa rekomendasinya berikut ini!

Melakukan kegiatan art and craft tidak hanya untuk hiburan serta kesenangan anak-anak semata. Sebab di dalam kegiatan tersebut ada banyak pelajaran dan ilmu yang bisa dipelajari oleh mereka, lho! Seni secara alami terkait dengan kreativitas, hal penting yang menjadi salah satu faktor bagi keberhasilan seseorang.

Menurut beberapa penelitian, jika anak-anak terlibat dalam kegiatan seni secara langsung, maka mereka bisa belajar jauh lebih baik dalam semua disiplin ilmu.

Bahkan menurut International Child Art Foundation, penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang terpapar seni memperoleh kemampuan khusus untuk berpikir kreatif, menjadi orisinal, menemukan, berinovasi, dan menciptakan banyak hal baru.

BACA JUGA: Rekomendasi Lembaga Homeschooling di Indonesia

Manfaat Anak Belajar Seni

kursus art and craft anak

Selain itu, ada sederet manfaat lainnya yang bisa diperoleh anak jika belajar tentang seni dan kerajinan.

1. Meningkatkan kreativitas

Kreativitas adalah kemampuan untuk berpikir out of the box, untuk merangkai dua ide yang tidak berhubungan menjadi satu dengan cara baru. Lewat seni, anak akan dilatih untuk menciptakan banyak hal baru yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya oleh mereka. Sering memaparkan mereka dengan seni dan kerajinan akan mengasah otaknya untuk terus kreatif.

2. Melatih sarafnya bekerja sama

Seni adalah kegiatan yang dapat menggunakan semua indera, mulai dari penglihatan, suara, sentuhan, penciuman, dan rasa, yang masing-masing tergantung pada aktivitasnya. Kegiatan ini akan mendorong koneksi saraf-saraf yang ada dalam diri anak dan menciptakan hal baru yang mungkin akan berguna di masa depannya.

3. Membangun keterampilan motorik halus

Mencengkeram kuas, menggambar titik dan garis, mencampur warna, memotong dengan gunting, mengendalikan tongkat lem atau meremas botol lem, sampai merobek kertas membutuhkan ketangkasan dan koordinasi motorik halus anak. Meski begitu anak merasakan kesenangan dan akan mengulanginya. Dari sinilah keterampilan motorik halusnya terasah.

4. Kembangkan problem solving

Seni yang berorientasi proses dan terbuka merupakan wadah anak untuk untuk membuat pilihan, melihat kesimpulan, menebak-nebak keputusan, dan mengevaluasi hasil, dan tidak akan pernah berakhir. Anak jadi lebih nyaman dengan ketidakpastian dan tetap menjadi pemikir yang fleksibel, yang merupakan kunci kreativitas dan rasa percaya diri.

Semakin banyak juga pengalaman yang dimiliki dengan berbagai bahan dan teknik, sehingga semakin besar kemungkinan mereka untuk mencoba kombinasi dan ide baru.

5. Belajar memahami dirinya

Seni membantu anak-anak memahami dirinya sendiri dan dunia mereka. Anak menyerap banyak sekali informasi baru, dan mereka perlu memproses apa yang telah dipelajari dengan cara yang aman dan reflektif. Seni memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi perasaan dan menyalurkannya lewat aneka bentuk.

BACA JUGA: 5 Rekomendasi Les Bahasa Korea Untuk Anak dan Dewasa

Rekomendasi Tempat Kursus Art and Craft Anak

Berikut beberapa rekomendasi tempat kursus art and craft untuk anak-anak yang bisa dipilih sesuai dengan minat mereka!

1. Ganara Art Studio

Tempat kursus art and craft ini membuka kelas untuk anak, mulai dari usia batita hingga remaja. Ada kelas Early Art Sensory Class, Art Playdate dengan gabungan kegiatan memasak, Advanced Figure Painting Class, hingga melukis dan membuat kerajinan tangan.

Biayanya mulai Rp150 ribu per dua jam

2. Marvellous Little Maestro

Di tempat kursus art and craft ini, anak-anak bisa menggambar, melukis, dan melakukan aneka kerajinan tangan. Tidak ada bentuk khusus yang harus dibuat anak karena mereka dibebaskan membuat apapun untuk mengekspresikan diri. Ada dinding wall of fame untuk memajang karya anak untuk semakin meningkatkan rasa percaya diri mereka.

Biayanya mulai Rp250 ribu – Rp350 ribu per bulan

3. OHAYO Drawing School

Kalau untuk anak-anak yang suka melukis sangat disarankan untuk langsung kursus di OHAYO Drawing School. Sekolah lukis yang berdiri sejak tahun 2005 ini adalah yang pertama di Indonesia yang mempunyai standart International. Kualitas para gurunya tentu tak perlu lagi dipertanyakan.

Biayanya mulai Rp600 ribu per bulan

4. Kutakatik Art & Craft Class

Didirikan oleh kakak beradik yang merupakan lulusan desain, Kutakatik Art & Craft Class terbuka untuk semua orang dari berbagai usia, mulai dari 2-19 tahun. Waktu kursusnya dibuat 60-90 menit dengan beragam barang, bahkan ada yang merupakan daur ulang. Anak akan diajak untuk menggambar, memanggang, melukis, menjahit, dan banyak kegiatan lainnya.

Biayanya mulai Rp195 ribu untuk 1x pertemuan

5. KidzArt Indonesia

KidzArt adalah kursus menggambar dari Amerika yang diperuntukan bagi segala usia, dari anak-anak prasekolah hingga manula. Kegiatannya dikemas menyenangkan, unik, dan bertujuan untuk membangun kepercayaan diri para pesertanya. Ala-alat seni yang digunakan semuanya premium dan didampingi oleh instruktur bersertifikat. ADa berbagai program yang bisa dipilih anak sesuai dengan minat mereka.

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Game Edukasi untuk Anak yang Aman dan Menambah Ilmu

Cover: Pexels

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan