Now Reading
Cuaca Panas, Ini Tips Pakai AC yang Tetap Hemat Listrik dan Antiboros

Cuaca Panas, Ini Tips Pakai AC yang Tetap Hemat Listrik dan Antiboros

Anda pasti butuh tips pakai AC di rumah yang tetap hemat di tengah cuaca yang super panas dan tidak menentuk ini. Mommies Daily punya tipsnya!

Salah satu cara menjaga kondisi udara di rumah tetap sejuk dan segar adalah dengan menggunakan AC. Sayangnya, meski mampu membantu menyebarkan kesegaran di seluruh ruangan, tetapi penggunaannya yang berlebihan bisa membuat tagihan listrik membengkak di akhir bulan.

Apalagi jika digunakan dengan asal-asalan, maka tak hanya listrik yang membengkak tapi AC juga jadi cepat rusak dan kesejukan ruangan yang diinginkan bisa jadi tak maksimal. Lalu bagaimana caranya membuat AC bekerja maksimal, ruangan sejuk, dan listrik antiboros? Mommies Daily punya jawabannya!

BACA JUGA: Ingin Hemat Listrik Selama Pandemi, Coba 6 Cara Ini

Tips Hemat Pakai AC Saat Cuaca Panas

Ini dia beberapa tips hemat listrik saat pakai AC demi kesejukan di hari yang panas!

1. Jangan keseringan mematikan dan menyalakan AC

Jika ingin menggunakan AC, maka nyalakan. Jangan malah menyalakan lalu mematikannya, kemudian Anda menyalakannya lagi. Hal itu justru membuat konsumsi daya listrik jadi semakin meningkat karena harus mengangkat beban kompreson AC saat dinyalakan lagi. Jika Anda berencana pergi ke luar rumah, daripada mematikan AC lebih baik dinaikkan saja suhunya.

2. Matikan perangkat listrik lainnya

Demi kesejukan di tengah cuaca yang panas maka harus ada yang dikorbankan. Nah, Anda bisa mematikan beberapa perangkat listrik di rumah yang sedang tidak digunakan, seperti magic jar, mesin air, atau lampu ruangan. Hal ini akan mengurangi penggunaan listri Anda di rumah selama Ac dinyalakan. Serta menghindari listrik turun yang bisa mengakibatkan mati lampu dan AC harus dinyalakan ulang.

3. Rutin bersihkan AC

Tips paling mudah untuk hemat listrik saat memakai AC adalah dengan rutin membersihkan alat elektronik tersebut. Sebab Ac yang kotor karena jarang dibersihkan justru membuat kompresor bekerja lebih keras dan memakan daya listrik yang lebih banyak. Hayo, kapan terakhir kali Anda membersihkan AC?

BACA JUGA: Ingin Menghemat Tagihan Listrik? Segera Lakukan 3 Langkah Ini, Yuk!

4. Hindari membuka ruangan ber-AC

Saat dinyalakan, AC bekerja menstabilkan suhu di dalam ruangan. Ketika Anda membuka pintu ruangan, artinya akan ada udara dari luar yang masuk ke dalam dan suhunya sudah pasti lebih tinggi. Alhasil, AC akan bekerja lebih keras dan maksimal untuk kembali menstabilkan suhu ruangan. Daya yang digunakan tentu saja semakin besar.

5. Halangi sinar matahari

Gunakan gorden atau tirai untuk menutupi ruangan dari sinar matahari dan membuatnya jadi lebih sejuk. Sinar matahari yang masuk bisa membuat suhu jadi meningkat sehingga AC harus bekerja lebih keras. Jika dibiasakan maka dapat merusak mesinnya.

Gorden atau tirai juga bisa menghalangi terjadinya kebocoran udara dingin sehingga Anda tidak perlu mengatur suhu AC jadi lebih rendah dan menghemat penggunaan listrik sepanjang hari.

6. Jaga kebersihan ruangan

Tips hemat pakai AC berikutnya adalah dengan menjaga kebersihan ruangan Anda. Kalau ruangan kotor dan berdebu maka itu bisa memengaruhi kondisi filter AC jadi cepat kotor. Akhirnya kompresornya bekerja semakin keras dan memakan daya listrik semakin banyak. Jadi, pastikan ruangan atau area rumah Anda bersih juga, ya!

7. Sesuaikan suhu secara bertahap

Setiap tingkat suhu akan membuat AC bekerja lebih keras dan meningkatkan konsumsi daya listriknya. Supaya ruangan sejuk Anda tidak perlu langsung menyetel suhu hingga beku. Pasang suhu beberapa derajat lebih tinggi dari suhu udara dan biarkan suhu Ac menyesuaikan dan menyebar merata ke seluruh ruangan.

Cara paling mudah menghemat konsumsi listrik AC adalah dengan meminimalkan perbedaan suhu di dalam ruangan dengan di luar. Itu bahkan bisa menghemat hingga 3%, lho! Lumayan, bukan?

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Air Purifier Untuk Udara yang Lebih Sehat di Rumah

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top