Now Reading
MD Social Experiment: Fakta dan Cara Pakai Menstrual Cup

MD Social Experiment: Fakta dan Cara Pakai Menstrual Cup

Dhevita Wulandari

Mommies Daily melakukan social experiment pada 8 orang mengenai menstrual cup. Simak tanggapan, fakta, dan cara pakai menstrual cup selengkapnya di video berikut ini.

Beberapa tahun belakangan, menstrual cup mulai banyak digunakan para perempuan sebagai pengganti pembalut sekali pakai. Menstrual cup adalah sebuah wadah yang terbuat dari silikon elastis dan berbentuk corong. Tentunya menstrual cup memiliki fungsi yang sama dengan pembalut, yaitu untuk menampung darah yang keluar selama menstruasi.

Meskipun memiliki fungsi yang sama dengan pembalut sekali pakai, menggunakan menstrual cup cukup lebih ramah kantong alias hemat dan lebih ramah lingkungan. Sebab, barang yang satu ini bisa digunakan berkali-kali dalam rentan waktu 5 tahun.

Menurut data yang dirangkum oleh Sustaination, dalam sehari, sampah pembalut saja bisa mencapai 26 ton di Indonesia. Dalam sehari juga, rata-rata perempuan bisa mengganti pembalut sebanyak 3 sampai 5 kali. Satu perempuan diperkirakan akan menghasilkan 10.000-15.000 pembalut sekali pakai seumur hidupnya. 

Waduh, bayangkan berapa banyak sampah pembalut sekali pakai yang menumpuk dan menjadi salah satu penyebab tercemarnya lingkungan. Pembalut sekali pakai ternyata menggunakan material yang mengandung zat kimia berbahaya bagi tubuh dan lingkungan hidup, seperti pewangi, pemutih, dioxin, hingga campuran plastik.

Sehingga untuk mencegah terjadinya risiko kesehatan dan juga mencegah tercemarnya lingkungan hidup, menstrual cup bisa dijadikan alternatif pengganti pembalut sekali pakai. Menstual cup umumnya dapat digunakan 3-5 jam, tergantung seberapa derasa darah menstruasi yang keluar pada setiap orang. Selain itu, menggunakan menstrual cup juga tidak akan menimbulkan bau karena terpapar udara seperti saat menggunakan pembalut sekali pakai.

Perlu dicatat, Mommies harus rileks saat akan menggunakan menstrual cup. Sebab jika Mommies merasa tegang, dinding vagina juga akan menyempit dan tidak akan membolehkan menstrual cup masuk. Hal inilah yang sering membuat sejumlah orang merasa kesulitan menggunakan menstrual cup.

Cara menggunakannya juga ada beberapa jenis, tergantung preferensi masing-masing. Beberapa di antaranya adalah dengan c-fold, punch down fold, 7 fold, dan diamond fold. Untuk lebih jelasnya, Mommies bisa tonton di video YouTube Mommies Daily berikut ini, ya!

BACA JUGA:

Rekomendasi Menstrual Cup untuk Ibu Bekerja

9 Alasan Penting untuk Mengganti Pembalut dengan Menstrual Cup

Cover image: Mommies Daily

 

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top