Now Reading
6 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara Remote Working

6 Pertanyaan yang Paling Sering Ditanyakan Saat Wawancara Remote Working

Ingin melamar untuk pekerjaan yang remote working? Siapkan diri untuk pertanyaan-pertanyaan yang mungkin diberikan.

Saat ini pekerjaan untuk remote working semakin banyak, terlebih ketika pandemi datang. Terbukti banyak jenis pekerjaan yang bisa banget dilakukan dengan konsep remote working. Jika Mommies berencana untuk pindah karier dan menjalani remote working, persiapkan diri Anda dengan pertanyaan-pertanyaan yang sedikit berbeda dengan wawancara pekerjaan non remote. Seperti apa pertanyaannya?

Photo by LinkedIn Sales Solutions on Unsplash

Baca juga: Semakin Nyaman, Ini Daftar Perusahaan yang Memiliki Kebijakan Work form Anywehere

Berikut adalah beberapa contoh pertanyaan untuk posisi remote working

 Apa yang bisa Anda ceritakan tentang diri Anda?

Saat menjawab, fokuslah pada pengalaman profesional dan upayakan tidak lebih dari 90 detik. Awali dengan bagaimana Anda memulai di bidang pekerjaan saat ini.
Lalu, ceritakan secara singkat poin-poin ini:

  • Pergantian pekerjaan dan alasannya
  • Pencapaian dan keberhasilan
  • Keterampilan yang dipelajari dan miliki
  • Dan terakhir, apa yang ingin Anda lakukan di pekerjaan berikutnya.

Apa pun level Anda, Anda bisa menyebutkan alasan mengapa Anda ingin remote working. Atau, jika Anda sudah menjalaninya sebutkan itu dalam jawaban. Ini akan menjadi pertimbangan untuk pemberi kerja.

Apa pendapat Anda tentang menjalani remote working ini?

Tidak semua kandidat bisa menjadi pekerja jarak jauh yang hebat, jadi orang yang mewawancarai Anda akan memperhatikan dengan cermat bagaimana Anda merespon. Jangan bikin kesalahan dengan bersikap seolah-olah pekerjaan ini nggak penting hanya karena Anda tidak bekerja di kantor. Apalagi jika ini kali pertama.

Apakah Anda pernah remote working sebelumnya?

Sebagian besar pemberi kerja tidak mengharuskan Anda untuk punya pengalaman bekerja dari jarak jauh sebelumnya. Jadi jujur ​​dan terbuka  Jangan berbohong saat menjawab pertanyaan ini.

Jika Anda belum pernah melakukan pekerjaan jarak jauh, katakan, “Tidak, tapi …” dan kemudian jelaskan secara singkat mengapa Anda merasa jenis pekerjaan ini cocok untuk Anda dan mengapa Anda sangat menginginkannya.

Misalnya, Anda bisa bilang, “Belum. Tetapi pekerjaan ini sangat ingin saya lakukan setelah dengar cerita dari beberapa teman yang sudah menjalaninya. Mereka bilang bekerja jarak jauh meningkatkan produktivitas dan kreativitas mereka.”

Jika Anda pernah melakukan pekerjaan jarak jauh, ini adalah nilai tambah.

Mengapa Anda melamar posisi ini?

Anda harus siap menjelaskan bagaimana pekerjaan itu sesuai dengan keterampilan Anda dan mengapa Anda melamar posisi ini. Tak ada salahnya menyebutkan bahwa Anda melamar pekerjaan ini karena senang dengan ide bekerja dari jarak jauh dan:

  • Pekerjaan ini akan memajukan karier serta memberikan tantangan baru
  • Pekerjaan ini sangat cocok dengan pengalaman kerja sebelumnya
  • Pekerjaan ini sesuai dengan minat karier atau hal yang Anda sukai
  • Seorang teman atau kolega merekomendasikan perusahaan ini sebagai tempat kerja yang hebat dan pekerjaannya akan sesuai dengan keahlian Anda

Bagaimana Anda memprioritaskan hari kerja?

Atasan harus diyakinkan bahwa Anda dapat bekerja dengan efektif dan memprioritaskan hari kerja Anda. Karena pewawancara tidak akan dapat mengamati kebiasaan kerja Anda setiap hari dan mengoreksi, mereka perlu memastikan bahwa Anda akan memprioritaskan pekerjaan secara efektif sejak hari pertama.

Untuk menjawab, yang terbaik adalah terdengar seperti Anda memiliki sistem kerja yang sudah terbukti. Jelaskan langkah-langkah yang Anda lakukan. Jangan ragu untuk berbicara tentang apa yang paling berhasil bagi Anda dalam pekerjaan sebelumnya, bahkan jika posisi sebelumnya bukan pekerjaan jarak jauh.

Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Momen ini bukanlah waktunya untuk bersikap malu-malu. Ini justru tempat Anda harus ‘menyombongkan diri’ dan bercerita tentang kekuatan terbesar Anda, terutama yang berhubungan langsung dan dibutuhkan untuk pekerjaan.

Anda dapat menjawab pertanyaan dengan cara yang sama:

  1. Tunjukkan Anda memahami deskripsi pekerjaan, peran, dan tugas.
  2. Tunjukkan kekuatan terbesar dan keberhasilan Anda yang sesuai dengan pekerjaan itu.
  3. Sebutkan keunikan yang Anda miliki yang membuat Anda lebih unggul dibandingkan kandidat lain.

Photo by Helena Lopes on Unsplash

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top