banner-detik
SEX & RELATIONSHIP

Agar Rukun dan Bebas Drama, Ini 9 Tips Tinggal Bersama Mertua yang Wajib Dicoba!

author

Katharina Menge17 May 2022

Agar Rukun dan Bebas Drama, Ini 9 Tips Tinggal Bersama Mertua yang Wajib Dicoba!

Tips tinggal bersama mertua sangat dibutuhkan karena itu jadi satu tantangan yang cukup besar ketika sudah menikah, apalagi saat punya anak. Ini tipsnya supaya bisa rukun dan bebas drama.

Salah satu ketakutan semua orang, terutama para wanita, setelah menikah adalah tinggal bersama mertua mereka. Banyak pengalaman buruk yang dibagikan dari sekitar tentang kerasnya tinggal satu atap dengan orang tua pasangan dan membuat rasa takut bermunculan.

Padahal semua itu tidak perlu ditakuti. Anda bisa, kok, hidup aman, rukun, dan bebas drama dalam satu atap. Caranya adalah dengan menerapkan beberapa tips yang sudah sukses diterapkan para komunitas Mommies Daily dalam keseharian mereka. Ternyata kuncinya ada pada diri Anda sendiri, lho.

BACA JUGA: 5 Tindakan Mertua yang Membuat Pernikahan Anda Berantakan (Tanpa disadarinya)

Tips Tinggal Bersama Mertua

Ini dia tips tinggal bersama mertua yang wajib Anda terapkan sekarang juga!

1. Beri pemahaman

Pastikan mertua mengerti kalau anaknya sudah menikah sehingga dia kini memiliki keluarga, kebutuhan, dan pertimbangan masing-masing, meski tinggal dalam satu atap. Orang tua yang baik seharusnya paham akan hal ini, tetapi pada kenyataannya masih banyak yang tidak. Akhirnya banyak pasangan yang harus menjelaskan lagi tentang hal ini kepada mertuanya.

2. Temukan cara komunikasi yang tepat

Jika terjadi cekcok atau perbedaan pendapat saat tinggal bersama dengan mertua, maka bicarakan dengan suami untuk memilih cara yang baik dan tepat untuk menyampaikan hal tersebut kepada mereka. Untuk jenis komunikasi yang sifatnya sensitif seperti ini, lebih baik andalkan pasangan yang lebih memahami karakter orang tuanya sehingga bisa ditemukan cara komunikasi yang lebih tepat.

3. Jangan lupa perhatian ekstra

Namanya tinggal bersama dengan mertua, Anda tidak boleh lupa memberikan perhatian ekstra untuk mertua. Caranya beragam, mulai dari mengajak mereka jalan-jalan, makan bersama di luar, hingga memberikan barang yang mungkin dibutuhkan atau sekadar hadiah kecil, hingga. Ingat, semua ini demi kerukunan dan terbebas dari drama.

4. Kontribusi pada kebutuhan bulanan di rumah

Jika kasusnya Anda ikut tinggal di rumah mertua, jangan sampai tidak turut berkontribusi terhadap kebutuhan bulanan di rumah. Mungkin saja mertua butuh tambahan dana untuk bayar listrik, air, dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Namun, sebelumnya tanyakan dulu, ya. Sebab dalam beberapa kasus ada orang tua yang tidak mau diberikan uang oleh anak atau menantunya.

BACA JUGA: Memberi Uang Bulanan Untuk Orang Tua atau Mertua, Seperti Apa Aturannya?

5. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung

menantu dan mertua

Saat tinggal bersama di rumah mertua, maka berusaha untuk beradaptasi dengan kebiasaan yang sudah ada di rumah mertua. Contohnya semua keluarga bangun pagi, sarapan harus bareng-bareng, hingga kebiasaan setelah makan harus mencuci peralatan sendiri.

Jangan malah Anda marah dan kekeuh dengan kebiasaan diri Anda sebelum menikah lalu menganggap kebiasaan di rumah mertua itu menyebalkan. Hayo, setelah menikah ada banyak tanggung jawab yang harus dipikul serta kebiasaan baru yang harus dilakukan, lho. Ikuti saja dulu kebiasaan di rumah mertua sambil pelan-pelan mungkin bisa di sesuaikan dengan kebiasaan Anda sebelumnya.

6. Pastikan satu suara dengan pasangan

Satu tips yang wajib diterapkan adalah, Anda dan pasangan harus seiya sekata. Banyak pasangan yang tidak mau tahu dan tidak peduli dengan cerita atau hal yang dihadapi pasangannya, yang berkaitan dengan mertua. Jadi dia tidak mau diajak bekerja sama untuk menjembatani atau jadi penengah di antara masalah dengan mertua. Hal itulah yang justru malah membuat hubungan jadi tidak akur dengan semua pihak, mulai dari suami hingga mertua.

Pokoknya, pasangan harus bisa diajak ngobrol atau bertukar cerita tentang uneg-uneg Anda ke mertua dan bisa jadi penengan.

7. Memilih tidak peduli

Jika pada kasus yang lebih parah, misalnya Anda terpaksa tinggal bersama mertua dan dapat perlakukan tidak menyenangkan, ada satu tips dari komunitas MD, nih. Caranya dengan menjadi pribadi yang tidak peduli atau bodo amat. Ketika mertua mengatakan hal-hal yang menyakiti hati dan tidak enak di telinga, maka anggap saja angin lalu dan jangan dipedulikan, apalagi dimasukin ke hati.

8. Pasang batasan

Tips tinggal bersama mertua ini ada baiknya diterapkan sejak awal pernikahan dan tinggal satu atap. Pasangan batasan tentang hal-hal apa saja yang bisa dicampuri oleh mertua dan mana yang tidak. Hal ini akan membantu mencegah cekcok di masa depan sehingga membuat hati lebih lapang.

9. Sering diskusi

Zaman sekarang bukan lagi membalas marah dengan marah atau diam dengan diam. Itu tidak akan menyelesaikan masalah, dan yang ada malah memperbesarnya di masa depan. Hal yang harus mulai Anda terapkan saat tinggal bersama mertua adalah diskusi.

Sering lakukan diskusi dengan mertua dan suami ketika ada hal yang tidak disetujui oleh salah satu pihak. Awalnya mungkin akan sulit, tetapi bisa berhasil jika dilakukan rutin dan tidak menyerah. Salah satu saran tambahan lainnya adalah Anda harus bisa menurunkan ego ketika tinggal bersama mertua. Jangan malu untuk mengajak mertua bicara duluan dan menyelesaikan masalah.

BACA JUGA: Bagaimana Menantu Idaman Para Mertua? Ini Jawabannya

COVER: Freepik

Share Article

author

Katharina Menge

-


COMMENTS


SISTER SITES SPOTLIGHT

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan

synergy-error

Terjadi Kesalahan

Halaman tidak dapat ditampilkan