Now Reading
Fakta Bilqis Prasista, Pemain Bulu Tangkis Muda Indonesia yang Kalahkan Nomor 1 Dunia

Fakta Bilqis Prasista, Pemain Bulu Tangkis Muda Indonesia yang Kalahkan Nomor 1 Dunia

Nama Bilqis Prasista sedang ramai jadi perbicangan karena prestasinya yang berhasil mengalahkan pebulutangkis nomor 1 di dunia. Ini faktanya!

Pada Rabu (11/5) lalu, sosok Bilqis Prasista menggemparkan satu Indonesia. Dalam laga Uber Cup 2022, dirinya berhasil menumbangkan Akane Yamaguchi, tunggal nomor 1 dunia, di laga terakhir untuk penyisihan grup A antara Indonesia versus Jepang.

BACA JUGA: 8 Atlet Indonesia Peraih Medali Paralimpiade Tokyo

Yuk, kenalan lebih jauh dengan sosok Bilqis Prasista lewat faktanya berikut ini!

1. Berada di posisi 333 dunia

Bilqis Prasista seperti mengalahkan persepsi banyak orang ketika berhasil mengalahkan tunggal nomor 1 dunia. Pasalnya Bilqis sendiri berada pada posisi 333 di dunia. Namun ketika melawan Akane dirinya tidak menciut, melainkan memberikan performa terbaik dengan ekspresi yang cukup datar.

Bilqis pun membuktikan kemampuan dengan maksimal dan berhasil mengalahkan atlet asal Jepang itu dengan skor 21-19 dan 21-19. “Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak,” ujar Bilqis usai memenangkan pertandingan, dikuti dari dirilis PBSI.

2. Anak Joko Suprianto dan Zelin Resiana

bilqis prasista

Bilqis Prasista adalah anak dari pasangan Joko Suprianto dan Zelin Resiana. Para pecinta bulu tangkis tahun 90an pasti tidak asing dengan dua nama tersebut. Ya, mereka adalah legenda bulu tangkis pada zamannya.

Joko Suprianto adalah juara dunia IBF 1993, sedangkan Zelin Resiana merupakan spesialis ganda yang berhasil menjuarai AS Terbuka, Indonesia Terbuka, SEA Games, Taiwan Terbuka hingga Kejuaraan Asia. Wah, ternyata buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, ya!

3. Punya Kembaran

Bilqis Prasista ternyata punya kembaran, lho. Pasangan pebulutangkis Joko Suprianto dan Zelin Resiana dikaruniai anak perempuan kembar yang lahir di Magelang, 24 Mei 2003, dan nama keduanya bahkan hampir mirip. Mereka adalah Bilqis Pratista dan Bilqis Prasista.

Tidak hanya Bilqis Prasista yang terjun ke dunia bulu tangkis, saudara kembarnya pun juga menggeluti dunia olahraga yang sama. Mereka berdua sama-sama masuk klub PB Djarum tahun 2018, tetapi baru Bilqis Prasista saja yang menembus pelatnas PBSI. Semoga nanti saudara kembarnya menyusul mengharumkan nama Indonesia juga, ya!

BACA JUGA: Berkenalan dengan 6 Atlet Muda Berprestasi Peraih Medali di Olimpiade Tokyo 2020

4. Sempat Gagal Audisi PB Djarum

Ternyata tak mudah jalan Bilqis Prasista untuk bisa sampai di posisi ini. Sang ibu, Zelin Resiana, berbagi cerita kalau Bilqis sejak SD sering mengikuti ayahnya latihan di Jakarta. Dia pun dilatih intens oleh kedua orang tuanya untuk mengikuti audisi umum PB Djarum.

Sayangnya saat audisi pertama, Bilqis tidak lolos. Diakui Manajer PB Djarum, Fung Permadi, kala itu kemampuan Bilqis belum menonjol. “Baru empat tahun kemudiam ada turnamen di Surabaya, kami lihat Bilqis mulai menunjukkan kebolehannya,” ujar Fung, dikutip dari Detik Sport.

5. Bantu Indonesia Juarai Badminton Asia Team Championship 2022

Ternyata ada banyak prestasi gemilang Bilqis Prasista sebelum mengukir sejarah di Uber Cup 2022. Dirinya menjadi salah satu pemain yang memperkuat tim beregu putri Indonesia meraih gelar juara Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022.

Berkat performanya di ajang tersebut, dirinya pun dikirim untuk mewakili Indonesia di ajang Uber Cup 2022 dan sukses mengukir prestasi baru.

Sayangnya, langkah Indonesia di Uber Cup 2022 harus terhenti di perempatfinal. Hal itu karena Bilqis Prasista, kalah dari wakil China, He Bing Jiao. Meski bermain cukup baik, tetapi itu belum cukup mengalahkan perwakilan China. Hasil pertandingan Bilqis itu pun memastikan kekalahan Indonesia dan menghentikan laju negara kita.

Apa pun yang terjadi, perjuangan Bilqis Prasista dan tim Indonesia sangat diapresiasi dan mendapat dukungan dari masyarakat. Bilqis pun sudah berhasil menorehkan sejarah baru dalam kariernya yang masih panjang. Di masa depan pasti akan banyak lagi prestasi yang dia ukir.

BACA JUGA: Raih Emas dan Cetak Sejarah, Berikut Fakta Tentang Greysia Polii dan Apriyani Rahayu Termasuk Pengorbanan Orang tua

Foto: Detik Sport

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top