Now Reading
Mengenal Teknik Pomodoro yang Bisa Diterapkan untuk Ibu Bekerja

Mengenal Teknik Pomodoro yang Bisa Diterapkan untuk Ibu Bekerja

Ternyata para ibu bekerja bisa menerapkan teknik Pomodoro untuk menyelesaikan tugasnya di kantor dengan lebih efektif. Yuk, kenali teknik yang satu ini!

Di zaman sekarang, untuk bisa bekerja efektif serta nyaman dibutuhkan pola kerja yang tepat, dan salah satu cara yang bisa dicoba oleh para ibu bekerja adalah teknik Pomodoro. Siapa yang belum mengenal teknik yang satu ini? Yuk, kenalan dulu!

BACA JUGA: Mengenal Si Energy Vampire yang Membuat Kita Lelah Secara Mental

Apa Itu Teknik Pomodoro?

Teknik Pomodoro adalah salah satu teknik manajemen waktu saat bekerja yang membantu orang lebih fokus dalam waktu tertentu. Teknik ini dikembangkan pada tahun 1980-an oleh mahasiswa perguruan tinggi bernama Francesco Cirillo.

Dalam penerapannya, teknik Pomodoro dulu memanfaatkan timer dapur sebagai alat bantu. Uniknya, timer tersebut berbentuk tomat, yang dalam bahasa Italia disebut Pomodoro. Hal itulah yang kemudian mencetuskan Francesco Cirillo untuk memberi nama teknik ini sebagai teknik Pomodoro.

Berbeda dengan zaman dulu, sekarang Anda bisa memanfaatkan aneka timer, termasuk timer di ponsel untuk menerapkan teknik tersebut.

Teknik Pomodoro menggunakan sistem yang mengharuskan Anda membagi pekerjaan dalam kurun waktu 25 menit per kegiatan. Dalam rentnag waktu itu Anda harus bekerja secara fokus terhadap satu tugas. Setelah 25 menit habis, maka ambil waktu selama 5 menit untuk istirahat total.

Proses Inti Teknik Pomodoro

Tentu saja teknik yang satu ini memiliki struktur dasar yang harus diikuti supaya Anda bisa mengiplementasikannya dengan baik dan mendapatkan hasil maksimal dan jadi lebih produktif. Dikutip dari website resmi Francesco Cirillo, berikut enam proses inti teknik pomodoro!

1. Pilih pekerjaan yang ingin diselesaikan

Apakah pekerjaan itu bebannya besar, kecil, atau pekerjaan yang tertunda, itu bukan masalah. Hal yang terpenting adalah pekerjaan tersebut merupakan sesuatu yang layak mendapatkan perhatian penuh dan tak terbagi dari Anda.

2. Pasang timer pomodoro selama 25 menit

Buat sumpah kecil untuk diri sendiri untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut selama 25 menit dan tidak akan mengganggu diri sendiri dengan perintilan hal lainnya.

3. Selesaikan hingga timer berbunyi

Sibukkan diri Anda dalam tugas tersebut selama 25 menit. Jika Anda tiba-tiba menyadari bahwa Anda punya hal lain yang harus dikerjakan, maka tulislah hal itu di selembar kertas sebagai pengingat setelah tugas yang sekarang diselesaikan.

BACA JUGA: Semakin Nyaman, Ini Daftar Perusahaan yang Menerapkan Kebijakan Work from Anywhere

4. Saat timer berbunyi, tandai pekerjaan

Selesai tidak selesai, ketika timer sudah berbunyi, maka tandai pekerjaan dan saatnya untuk melakukan hal lain. Namun sebelumnya selamat karena Anda sudah berhasil menerapkan metode ini tanpa adanya gangguan.

5. Istirahat singkat

Anda bisa beristirahat usai menyelesaikan satu tugas. Anda bisa bermeditasi, minum secangkir kopi, berjalan-jalan sebentar atau melakukan hal lain yang menenangkan, yang tentunya tidak terkait dengan pekerjaan.

6. Setiap 4 pomodoro selesai, ambil istirahat panjang

Setelah Anda menyelesaikan empat pomodoro, Anda bisa mengambil istirahat lebih lama, misalnya 20-30 menit. Otak Anda akan menggunakan waktu ini untuk mengasimilasi informasi baru dan beristirahat sebelum putaran Pomodoro berikutnya.

Penerapan Teknik Pomodoro untuk Ibu Bekerja

Ibu bekerja

Dengan menggunakan teknik ini, Anda dan para ibu bekerja lainnya dijamin bisa bekerja dengan lebih efektif, menghemat waktu, dan menjaga pikiran tetap tenang. Ini dia cara penerapan teknik Pomodoro yang tepat untuk para ibu bekerja.

1. Memanfaatkan timer

Untuk menghindari gangguan dalam bentuk email dan chat gosip dari teman-teman, nyalakan airplane mode di ponsel Anda. Setelah itu nyalakan timer dan nyalan setiap 25 menit untuk bekerja dan 5 menit saat istirahat.

2. Modifikasi sesuai kebutuhan

Ketika Anda menyadari bahwa satu pekerjaan tidak bisa diselesaikan dalam 25 menit, maka modifikasi waktunya. Jika sekiranya butuh 1-1,5 jam, maka nyalakan timer dalam tentang waktu tersebut dan ambil istirahat kira-kira 10-15 menit. Ingat untuk tetap fokus menyelesaikan pekerjaan dan jangan terganggu, ya.

Sisanya Anda bisa memodifikasi sendiri proses inti teknik Pomodoro di atas sesuai dengan pekerjaan Anda.

BACA JUGA: Kenali 8 Ciri Rekan Kerja yang Manipulatif

Cover: Freepik

View Comments (0)

Leave a Reply

© 2020 MOMMIES DAILY ALL RIGHTS RESERVED.

Scroll To Top